Cara Efektif Mengatasi Rayap agar Tidak Merusak Rumah


Siapa sih yang tidak kesal jika barang-barang furniture maupun kusen di rumah kita habis akibat di makan oleh rayap. Ya, hewan satu ini memang seringkali merusak berbagai macam perabotan di dalam rumah, terutama benda-benda yang terbuat dari bahan kayu.

Rayap atau biasa juga dikenal sebagai anai-anai, memang merupakan bagian dari hama perusak bagi manusia, karena rayap akan menjadikan properti yang terbuat dari material kayu sebagai tempat tinggal mereka sekaligus sebagai sumber makanannya.

Adapun ciri-ciri dari furniture yang sudah dimakan oleh rayap, yaitu umumnya akan muncul tanah halus dan butiran kecil seperti pakan ikan, dimana butiran kecil tersebut sebenarnya merupakan bagian dari kotoran rayap.

Sehingga jika ada rayap yang sudah bersarang di salah satu jenis perabotan misalnya lemari, maka bisa dibilang lemari tersebut akan mudah rusak dan keropos, serta tidak akan bertahan lama.

Lalu bagaimana cara yang ampuh dan efektif untuk membasmi rayap agar tidak bersarang di rumah kita?

Nah sebenarnya ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dan untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak pada penjelasan berikut ini.


Tips Mencegah dan Menghilangkan Rayap agar Tidak Merusak Perabotan Rumah

Pada dasarnya banyak sekali opsi yang bisa dilakukan untuk mencegah agar rayap tidak mudah berkembang biak pada perabotan furniture di dalam rumah, salah satunya yaitu dengan menggunakan obat berbahan kimia.

Hanya saja, zat buatan seperti ini tentu saja tidak terlalu aman, karena selain dapat merusak lingkungan juga tidak baik bagi penghuni rumah. Oleh karena itu, pada tips kali ini kita hanya akan membahas bagaimana cara membasmi anai-anai secara alami agar lebih ramah terhadap lingkungan.


1. Posisi Penempatan Barang

Perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa salah satu penyebab dari munculnya anai-anai ini, yaitu bisa diakibatkan karena kondisi yang lembab pada ruangan.

Dimana ruangan lembab, bisa terjadi karena peletakan barang-barang yang diposisikan terlalu berdekatan satu sama lain tanpa adanya jarak samasekali. Sehingga dibeberapa bagian, seperti area yang dempet itu akan menjadi sangat lembab.

Oleh karena itu, sebaiknya berikan sedikit jarak antara perabotan yang terbuat dari kayu agar tidak terlalu berdempetan. Selain itu, beri juga jarak dengan bagian belakang agar tidak menempel tembok. Sebab kondisi seperti itulah yang memang disukai rayap untuk dijadikan sebagai tempat tinggal karena lebih nyaman.


2. Bukaan Ventilasi Udara

Selain tempat yang lembab, rayap juga sebenarnya lebih menyukai untuk tinggal di kondisi yang cenderung gelap tanpa tersinari matahari. Ditambah kondisi suhu ruangan yang tidak terlalu panas, merupakan tempat yang nyaman untuk mereka berkembangbiak.

Nah untuk mengatasi hal ini, maka bisa diatasi dengan cara membuat lubang ventilasi yang cukup memadai.

Jadi saat ingin membangun sebuah rumah, sangat direkomendasikan untuk mendesain ventilasi seperti jendela agar dibuat lebih lebar. Sehingga intensitas sirkulasi udara dan cahaya matahari yang masuk kedalam interior ruangan dapat lebih lancar.

Lalu jika ada bagian sudut rumah yang tidak tersinari matahari, maka sebaiknya jangan pernah menyimpan perabotan kayu di area tersebut.

Selain itu, saat ada furniture yang memang sudah terlanjur lembab, maka sangat disarankan untuk segera menjemurnya di bawah terik matahari hingga benar-benar kering. Bertujuan agar perabotan tersebut tidak dihinggapi rayap.


3. Bersihkan Daun Kering dan Genangan Air

Ranting pohon termasuk dahan dan juga dedaunan kering, seringkali menjadi sumber awal dari datangnya koloni rayap kedalam rumah.

Selain itu, genangan air yang berada disekitar pekarangan rumah, bisajuga menjadi faktor lain kenapa rayap bisa berkembang biak dengan lebih cepat.

Oleh sebab itu, selalu bersihkanlah bagian halaman rumah secara rutin, dari sampah-sampah yang memang berpotensi menjadi sarang dari berbagai jenis hewan. Termasuk juga jenis sampah dedaunan dan juga ranting pohon yang sudah jatuh. 


4. Memperbaiki Retakan pada Dinding Maupun Kusen

Mungkin kita pernah mengalami momen ketika bagian dinding maupun kusen di rumah kita mengalami keretakan. Dimana hal tersebut bisa terjadi karena berbagai macam alasan, seperti karena suhu ruangan yang terlalu panas, atau bisa juga karena saat membeli kusen tersebut memang sudah dalam kondisi yang retak.

Nah jika hal ini terjadi, maka segeralah untuk memperbaiki lubang atau bagian yang retak itu dengan cara menambalnya.

Sebab jika hanya dibiarkan saja, retakan itu biasanya akan dijadikan sebagai tempat awal dari koloni rayap untuk menetap. Dan lama kelamaan, akan menyebar ke berbagai barang lainnya yang ada di dalam rumah.

Jadi selalu pastikan agar menutup atau memperbaiki lubang sekecil apapun, yang sekiranya bisa dijadikan sebagai sarang dari anai-anai ini.


5. Meminimalisir Penggunaan Perabotan Kayu

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa rayap umumnya akan hinggap pada jenis perabotan rumah yang terbuat dari elemen kayu dan turunannya.

Dan tidak hanya pada bagian kusen dan furnitur saja, melainkan juga bisa menyerang pada bagian rangka dari atap plafon rumah yang seringkali terbuat dari kayu.

Apalagi saat memasuki musim hujan, segala jenis hewan termasuk rayap biasanya akan masuk kedalam rumah untuk mencari tempat tinggal yang jauh lebih hangat.

Nah oleh karena itu sebagai antisipasi, memang sebaiknya kita mengurangi penggunaan berbagai macam kebutuhan rumah yang terbuat atau berbahan dasar dari elemen kayu.

Contohnya saja seperti bagian dari rangka atap yang bisa diganti dengan baja ringan, lalu kusen atau jendela bisa diganti dengan bahan yang terbuat dari logam, dan untuk furniture bisa juga diganti dengan menggunakan bahan lain seperti plastik, kaca, logam, atau bahan kayu yang memang sudah anti rayap.


6. Hilangkan dengan Bahan Alami

Tips terakhir, jika hewan pemakan kayu ini sudah menyebar di dalam rumah. Maka cara satu-satunya yang bisa dilakukan yaitu tentu saja dengan membasmi rayap ini.

Terdapat dua cara alami yang mudah namun ampuh untuk mengusir rayap dari perabotan rumah kita. Pertama yaitu bisa dengan menggunakan sisa dari cucian air beras.

Caranya pun sangat simpel, cukup air bekas mencuci air beras kita ambil lalu masukkan kedalam wadah spray. Setelah itu, baru semprotkan air cucian beras itu ke area yang terdapat rayap. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali, hingga rayap benar-benar menghilang dari barang perabotan.

Kedua yaitu dengan menggunakan daun kemangi maupun daun salam. Bau yang khas dari kedua daun tersebut memang sangat tidak disukai oleh rayap. Caranya lebih sederhana, yaitu kita hanya perlu menyimpan daun tersebut disekitar furniture yang terdapat sarang rayap di dalamnya.

Setelah melakukan cara diatas, dijamin anai-anai atau rayap akan hilang dan berkurang dengan sendirinya, tanpa perlu kita basmi menggunakan obat berbahan zat kimia yang mungkin berbahaya dan tidak ramah lingkungan.


Nah demikianlah artikel kali ini tentang tips efektif untuk mencegah dan mengusir hewan rayap dari tempat tinggal kita.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close