Sejarah dan Perkembangan Games dari Masa ke Masa


Berbicara mengenai sebuah game, kita sepakat bahwa kemajuan game sekarang ini sudah sangat berkembang pesat. Setiap harinya banyak game-game baru yang diproduksi dan siap dirilis ke masyarakat luas untuk dapat segera dimainkan.

Dunia game saat ini juga sudah bertransformasi menjadi suatu industri modern yang berskala besar. Bagaimana tidak, game yang awalnya dibuat hanya untuk melepas stres dan kesenangan semata, kini keberadaannya sudah berganti dan sudah menjadi suatu profesi baru yang sangat menggiurkan.

Ini bisa terlihat dari banyaknya orang-orang yang mulai bermain game hanya karena ingin mendapatkan bayaran semata.

Disisi lain banyak orang yang mengartikan bahwa game merupakan sebuah permainan yang hanya bisa dijalankan dan dioperasikan dengan sebuah perangkat game, baik itu berupa perangkat console game maupun perangkat lain seperti komputer atau smartphone.

Hal itu tidaklah sepenuhnya salah, namun lebih dari itu game memiliki pengertian yang lebih luas dan sejarahnya pun cukup panjang untuk diceritakan.

Lalu apa sebenarnya pengertian dari game? Jika kita melihatnya dari pengertian KBBI maka kita akan mendapatkan kesimpulan bahwa game atau permainan merupakan suatu perbuatan yang dilakukan untuk bersenang-senang dalam rangka menyenangkan hati.

Sementara dalam kamus bahasa Inggris game memiliki arti yang jika diterjemahkan yaitu sebuah aktivitas baik berupa fisik, mental atau kontes yang memiliki aturan dan dilakukan untuk mendapatkan kesenangan.

Inti dari kedua pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa tujuan dari adanya game yaitu untuk melepaskan rasa lelah dan penat setelah seharian melakukan aktivitas kita yang rutin agar hati menjadi senang kembali. Dimana dalam memainkan game itu bisa dilakukan dengan cara sendirian atau secara bersama-sama.

Nah dari pengertian tersebut maka kita dapat membagi perkembangan game ke dalam beberapa garis besar waktu seperti yang akan dibahas berikut ini.


Sejarah dan Perkembangan Game Hingga Sekarang


1. Game Tradisional

Jauh sebelum adanya perangkat atau alat untuk memainkan game seperti sekarang ini, sebenarnya sejak dulu manusia sudah banyak membuat jenis-jenis game yang sudah mereka kembangkan dengan tujuan untuk mencari kesenangan atau untuk mendapatkan materi dan yang lainnya.

Di negara barat, pada awalnya game selalu dikaitkan dengan permainan-permainan yang berhubungan dengan perjudian seperti misalnya permainan kartu remi, poker dan berbagai jenis permainan judi lainnya.

Bahkan di negara tertentu terdapat permainan yang sangat ekstrim dimana dalam melakukan permainan tersebut harus ada yang sampai mempertaruhkan nyawa, contoh saja seperti permainan russian roulette yang terkenal itu.

Di sisi lain terdapat juga game-game sederhana yang sering dimainkan sehari-hari sejak zaman dahulu seperti permainan puzzle, permainan dadu, hingga permainan fisik seperti tarik tambang.

Jadi secara tidak langsung kita dapat mengatakan bahwa permainan-permainan tradisional merupakan salah satu atau bagian dari jenis game yang pertama kali dimainkan oleh manusia.


Di Indonesia sendiri jenis dari permainan tradisional seperti itu sudah banyak sekali macamnya dan dengan nama permainan yang berbeda-beda di setiap daerah, seperti misalnya permainan petak umpet, lompat tali, congklak, gobak sodor, gundu dan lain sebagainya.


2. Video Game

Pada perkembangan selanjutnya manusia mulai memikirkan cara untuk membuat permainan yang lebih menarik dengan mencoba membuat permainan yang berada di dalam sebuah layar yang bisa dilihat.

Permainan jenis ini pertama kali dikembangkan pada pertengahan abad 20 atau sekitar tahun 1940-an dengan ditemukannya teknologi tabung sinar katoda.

Barulah pada tahun 1970-an ketika itu jenis game pertama yang berada pada sebuah perangkat game diciptakan. Game pertama itu diberi nama game "Pong" yaitu sebuah game yang sangat sederhana yang mengambil konsep dari permainan bola tenis.

Game pong tersebut dirilis oleh perusahaan Atari dengan memiliki bentuk berupa mesin ding dong yang harus dimasukkan koin untuk bisa mengoperasikan game tersebut.

Video game mulai mengalami masa keemasannya ketika perusahaan-perusahaan penyedia game mulai menciptakan alat khusus untuk memainkan game yang disebut dengan console game.

Pada generasi pertama dari pembuatan console game yaitu salah satunya yang menjadi pionir adalah perusahan Jepang bernama Famicom yang berhasil meluncurkan sebuah console game yang berbasis 8-bit.

Peluncuran Console game tersebut ternyata mendapat sambutan yang sangat baik hingga akhirnya console game tersebut di pasarkan juga di Amerika dan dikenal dengan nama Nintendo Entertainment System (NES).


Keberhasilan dari hadirnya game NES tersebut kemudian coba diganggu oleh perusahaan lain yaitu SEGA yang berusaha untuk menyaingi keberadaan game NES.

Ini terbukti dengan diluncurkannya console game yang diberi nama SEGA Mega Drive atau Genesis dengan berusaha menyajikan gambar yang lebih bagus dari game NES. Dan semenjak saat itulah persaingan diantara kedua perusahaan itu dimulai dengan merilis beberapa console game yang mumpuni setelah itu.

Rivalitas kedua perusahaan tersebut yang sudah ada selama bertahun-tahun akhirnya mulai goyah setelah hadirnya pemain baru yaitu Sony. Di tahun 1994 Sony mengeluarkan sebuah terobosan baru dengan menghadirkan console game yang berbasis kepada CD player.

Console game tersebut ternyata sangat digemari oleh banyak orang dan sudah terjual sebanyak ratusan juta di seluruh dunia. Menjadi salah satu yang fenomenal console game tersebut dikenal oleh orang-orang dengan nama Playstation 1.

Di era milenium baru permainan yang dihadirkan dari sebuah console game terus semakin berkembang. Tidak hanya game ringan saja, grafik dan jalan cerita yang dihadirkan pun semakin berkembang dan sangat beragam.

Terbukti Sony sebagai salah satu raja dari console game telah beberapa kali mengeluarkan produk penerusnya seperti Plyastation 2, 3, dan 4. Sementara itu lahir pula pesaing baru yaitu Microsoft yang menelurkan console game bernama X-box.

Pada akhirnya SEGA sebagai salah satu perusahaan yang menjadi pionir dalam membuat console game harus mengibarkan bendera putih karena merasa sudah tidak dapat bersaing lagi. Dan saat ini penguasa console game besar yang tersisa yaitu Sony, Microsoft, dan Nintendo.


3. Game Online

Seiring berkembangnya teknologi internet, produsen game saat ini sudah banyak yang menerapkan sistem permainan yang dapat dijalankan dengan cara daring (online).

Adanya sistem online ini membuat kita dapat bermain game mode multiplayer dengan orang-orang yang ada di seluruh dunia dalam waktu yang sama secara realtime. Asalkan tentu saja perangkat yang kita gunakan sepenuhnya sudah terhubung dengan jaringan internet.

Lalu bagaimana sejarah dan perkembangan dari game online itu sendiri? Jika kita melihat kembali kebelakang, sebenarnya game online mulai muncul seiring bersamaan dengan menjamurnya teknologi jaringan internet yang semakin mudah untuk bisa diakses oleh masyarakat luas.

Kita tahu bahwa internet sudah diciptakan sebelum tahun 2000-an, namun kehadiran game online sendiri di Indonesia baru mulai digemari dan banyak digunakan sekitar tahun 2000-an awal.

Ini bisa terlihat dari beberapa judul game online yang mulai hadir pada waktu itu seperti game Nexia (2001), RedMoon (2002), Laghaim (2003), dan Ragnarok Online (2003).

Kepopuleran di Indonesia mencapai puncaknya dimulai sekitar tahun 2009 seiring dengan hadirnya media sosial yang memberikan fitur untuk bisa memainkan beragam game online yang ringan secara langsung di akun tersebut seperti ninja saga, farmville, criminal case, dragon city, dan lain sebagainya.

Sejak saat itu pula game online mulai berkembang sangat pesat, baik dilihat dari segi grafis dan gameplay maupun dari perangkat yang dapat digunakan untuk memainkan game online tersebut.


Tidak hanya dengan menggunakan perangkat komputer saja untuk bermain game online, melainkan saat ini bisa juga dijalankan pada perangkat-perangkat mobile yang lebih kecil dan ringkas seperti gadget smartphone maupun tablet. Bahkan untuk perangkat khusus console game seperti Playstation4 pun sekarang sudah bisa dijalankan secara online.

Baca Juga : Simulasi Membangun Kota dengan Game Online Megapolis

Demikianlah ulasan tentang asal-usul dan sejarah dari game yang biasa kita mainkan sekarang ini. Ternyata kita tahu bahwa game ini memiliki akar sejarah yang sangat panjang.

Oleh karena itu semoga dengan adanya artikel ini dapat sedikit membantu dan memberikan pengetahuan yang cukup bagi anda tentang perkembangan game dari masa ke masa. Semoga artikel ini bermanfaat dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close