Simulasi Membangun Kota dengan Game Online Megapolis


Genre dalam game belakangan ini semakin bertambah banyak saja. Salah satunya game dengan genre yang sedang hits dan banyak dimainkan oleh orang saat ini yaitu game dengan genre simulasi.

Jenis game simulasi ini sebenarnya terbagi lagi kedalam beberapa sub seperti game simulasi transportasi, game simulasi kehidupan aktivitas sehari-hari dan game simulasi dalam membuat suatu konstruksi bangunan atau juga disebut dengan construction and manajement simulation games (CMSs) yang salah satu contohnya yaitu game untuk membangun sebuah kota.

Banyak sekali game dengan genre membangun kota seperti ini, namun salah satu game yang saya rekomendasikan pada kesempatan kali ini yaitu game bernama Megapolis.  

Game ini pada dasarnya merupakan game online yang bisa kita mainkan menggunakan gadget smartphone, namun bisa juga dimainkan di PC melalui fasilitas dari media sosial facebook.

Seperti kebanyakan game dengan jenis yang sama, dalam game Megapolis ini kita memiliki misi utama yaitu untuk membangun sebuah kota dan mempercantiknya yang tentu saja dapat disesuaikan dengan keinginan kita.

Beberapa fitur utama dalam membangun infrastruktur perkotaan pada game ini yaitu seperti membangun rumah, membangun gedung-gedung pencakar langit, membangun jalan hingga taman untuk mempercantik keindahan kota.

Terdapat juga beberapa kota yang memiliki latar kondisi wilayah yang unik seperti misalnya wilayah di utara yang memiliki cuaca musim dingin, kota dibagian selatan yang cenderung panas dan memiliki gurun pasir. Serta kota malam yang memiliki set seperti di Las Vegas, Amerika.


Namun tak cukup sampai disana saja, dalam game megapolis ini terdapat beberapa fitur-fitur unik dan menarik yang tentu membuat kita tidak akan pernah merasa bosan untuk memainkannya.


Bangunan dan Monumen Ikonik di Dunia Nyata

Selain dapat membuat bangunan-bangunan biasa yang sudah disediakan, dalam game Megapolis ini juga kita diberi kesempatan untuk membangun sejumlah besar bangunan-bangunan dan monumen terkenal yang menjadi bangunan ikonik di dunia nyata seperti Burj Kalifa, Menara Eiffel, Taj Mahal hingga bangunan ikonik dari Indonesia yaitu candi Borobudur.



Tentunya bangunan ikonik tersebut dibuat agar terlihat realistis dengan bangunan yang aslinya. Bangunan-bangunan tersebut biasanya dapat dimiliki dengan mengikuti event-event khusus yang hadir setiap minggu atau setip bulan.


Jaringan Transportasi untuk Menghubungkan Kota

Dalam mengakomodasi populasi yang semakin bertambah dengan seiring banyaknya bangunan yang didirikan dan juga sekaligus untuk menambah penghasilan, kita dapat membangun jaringan transportasi yang dapat menghubungkan antara kota yang satu dengan yang lainnya.

Kita dapat memulai membangun infrastruktur transportasi seperti jaringan kereta komuter, subway, kereta antar negara yang akan menghubungkan dengan tetangga kita, serta infrastruktur Ring road yang merupakan jalan tol yang akan saling terhubung dan mengelilingi seluruh kota.


Selain itu kita juga dapat membuat bandara yang dapat menampung banyak armada pesawat, cargo pelabuhan, bahkan kita juga dapat membagun terminal bus, dan tentunya masih banyak lagi.


Membangun Kompleks Industri

Hal yang cukup menarik lainnya dalam game megapolis ini yaitu adanya kegiatan untuk mengeksploitasi sumber daya alam yang dapat dilakukan dengan cara membangun kompleks industri.

Beberapa bangunan industri yang dapat dibangun yaitu seperti pabrik penyulingan minyak, pertambangan, hingga pabrik penebangan kayu yang dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan kertas.



Hasil penambangan yang bisa didapatkan yaitu berupa emas, batubara, permata, uranium, dll. Sedangkan hasil dari proses penyulingan minyak dapat dijadikan sebagai bahan untuk pembuat bensin, karbon fiber, plastik, dll.


Fasilitas Ilmu Pengetahuan dan Militer

Sebagai seorang walikota, kita akan dihadapkan untuk memajukan ilmu pengetahuan dan penelitian. Dalam mengakomodir hal tersebut kita akan diberikan fasilitas untuk membuat berbagai macam misi yang berkaitan dengan penelitian dan ilmu pengetahuan.  

Kita dapat membangun beberapa fasilitas seperti fasilitas kapal survei untuk meneliti samudera, alat suar atmosfer untuk meneliti cuaca, kendaraan bor untuk meneliti geologi bumi, roket untuk meneliti ruang angkasa, serta fasilitas penelitian yang lain yang berkaitan dengan teknologi nuklir.


Selain mengembangkan ilmu pengetahuan untuk penelitian yang bersifat alamiah. Kita juga dapat mengembangkan penelitian untuk memajukan perlengkapan persenjataan militer. Sehingga dengan membangun fasilitas ini kita dapat membuat kapal perang, pesawat tempur, mobil tank, hingga berbagai jenis senjata lainnya.


Fitur Lainnya

Agar permainan menjadi semakin menarik kita dapat mengikuti event-event tertentu yang berbeda-beda setiap minggunya. Dimana dalam mengikuti event tersebut kita akan bersaing dengan pemain yang lainnya (real-time) untuk mendapatkan hadiah dan berbagai macam reward yang sangat menarik. 

Kita dapat juga bekerjasama dengan Walikota lain (teman kita) untuk mendapatkan hadiah dan naik peringkat untuk kemajuan poin Liga.

Poin liga ini berfungsi untuk menaikkan poin negara bagian agar menjadi yang terbaik, sehingga nantinya kita akan mendapatkan lambang negara bagian yang unik dan tentunya hadiah lainnya yang dapat meningkatkan dan mempercantik kota.

Baca Juga : Cara Bermain Game Nintendo NES di Komputer

Seperti kebanyakan game online sekarang ini kita dapat membeli beberapa item game baik itu bangunan maupun megabuck (uang game megapolis) dengan menukarkannya menggunakan uang asli, yang tentu dengan hal itu akan membantu dalam mempercepat pembangunan kota.


Spesifikasi Game Megapolis

Game ini pada dasarnya merupakan game mobile yang khusus dibuat untuk bisa dimainkan pada gadget smartphone, baik itu di android maupun ios. Oleh karena itu ukuran space yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar yaitu kurang dari 100Mb saja.

Selain untuk versi mobile, game ini sebenarnya juga bisa dimainkan melalui PC dengan menggunakan fasilitas di dalam media sosial Facebook.

Jika melihat gameplay game ini memiliki grafis yang cenderung baik dan cukup mendekati realistik untuk sekelas game yang bisa dimainkan secara mobile pada gadget smartphone.

Jadi jika anda sudah bosan dengan game membangun kota seperti Simcity, mungkin game ini bisa menjadi salah satu alternatif lain dengan genre game yang sama yang bisa anda mainkan.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close