Cara Mudah Mengetahui Earphone Xiaomi Asli atau Palsu


Saat kita Mendengarkan lagu di smartphone memang yang paling menyenangkan tentu saja jika kita mendengarkannya dengan menggunakan perangkat tambahan seperti earphone.

Baik itu earphone dengan jenis yang memiliki kabel maupun yang wireless, yang jelas jika kita mendengarkan musik dengan perangkat tersebut maka suara yang dihasilkan pun akan menjadi lebih maksimal.

Ditambah jika produk earphone yang kita gunakan itu merupakan produk original, tentu durabilitas dan kualitas yang dihasilkan pun tidak usah diragukan lagi.

Namun sayangnya di luar sana masih banyak pihak-pihak yang menjual perangkat earphone tersebut dengan kualitas yang tidak original alias barang kw. Salah satunya produk yang sering dibuat barang palsu atau tiruan yaitu produk dari produsen terkenal Xiaomi.

Kita tahu bahwa Xiaomi merupakan produsen yang terkenal dengan harga yang sangat miringnya. Meskipun earphone merk xiaomi sudah terbilang sangat murah, namun nyatanya masih saja ada oknum-oknum yang membuat barang replika atau tiruannya.

Nah untuk itu bagi kita yang ingin membeli produk earphone xiaomi, maka tidak ada salahnya jika kita menerapkan cara-cara berikut ini agar kita tidak salah lagi dalam membeli produk tiruan tersebut.

Dan untuk mengetahuinya langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Tips Membedakan Earphone Xiaomi Original dan Replika/KW

Sebenarnya ada dua cara dasar yang bisa kita lakukan untuk mendeteksi bahwa earphone xiaomi itu terindaksi original atau tidak.

Cara yang pertama yaitu bisa kita lakukan tepatnya sebelum kita memutuskan untuk membeli perangkat earphone tersebut. Cara ini sebenarnya lebih efektif jika kita ingin membeli barangnya secara langsung di konter atau toko resmi xiaomi (bukan melalui toko online). Adapun beberapa hal yang bisa kita lihat dari tahapan ini yaitu:


1. Kemasan

Produk earphone original xiaomi meskipun memiliki harga yang relatif murah namun biasanya bungkus kemasan yang ada cenderung kokoh dan tidak asal-asalan. Ini bisa dilihat dari cetakan gambar produk pada kemasan memiliki gambar yang jelas, tajam dan tidak pudar.

Selain itu usahakan produk yang akan kita beli pun haruslah masih dalam keadaan tersegel.


2. Garansi

Meskipun terkadang tidak ada garansi dari pihak xiaomi sendiri, namun umumnya produk original selalu ada garansi dari distributor resmi. Dalam hal ini produk original xiaomi biasanya memiliki garansi dari TAM selaku distributor resmi, dengan masa garansi untuk perangkat earphone biasanya sekitar 6 bulan.

Ciri yang bisa kita lihat yaitu biasanya terdapat stiker yang ada dibagian kiri atas kemasan produk. 


3. Importir

Sebagai produk yang resmi dijual di Indonesia tentunya importir yang ditunjuk pun harusnya sudah resmi dan legal. Importir umum yang biasa digunakan oleh xiaomi yaitu PT. Sinar Eka Selaras.

Stiker importir biasanya bisa dilihat dibagian belakang kemasan produk.

Baca Juga : Cara Menukar Tombol Back dan Recent App di Xiaomi

Cara yang kedua yaitu bisa kita lihat jika produk tersebut memang sudah benar-benar kita beli dan dapatkan barangnya. Ada beberapa yang bisa jadi patokan jika produk tersebut original yaitu:


1. Kondisi Fisik

Earphone xiaomi original umumnya memiliki bentuk yang cukup baik dengan finishing produk yang halus dan juga tidak ringkih. Detail seperti tulisan R dan L pada pada earphone terlihat dicetak rapih dan jelas.

Serta untuk bagian kabel umumnya sedikit lebih tebal dari yang replika dengan kualitas kabbel cenderung elastis dan lebih kuat.


2. Keluaran Suara

Suara yang dihasilkan pun tergolong jernih dengan tipikal suara yang seperti efek keluar tidak berada di dalam (namun untuk kualitas lebih mendalam seperti efek bas dan treble tentu tergantung dari tipe earphone).


3. Kode Barcode

Terakhir yaitu kode barkode yang selalu ada pada produk earphone xiaomi. Jika produk yang kita beli tersebut benar-benar original, maka biasanya pada saat kode barkode tersebut di scan, kita akan di arahkan langsung ke halaman website xiaomi yang memberitahukan bahwa produk kita itu original dengan hadirnya gambar seperti berikut.


Demikianlah tips tentang cara membedakan dan mengetahui produk dari earphone xiaomi yang original. Semoga dengan artikel ini dapat membantu menambah wawasan kita, sehingga kita tidak mudah lagi untuk tertipu pada saat kita membeli produk dari brand xiaomi. Akhir kata terima kasih telah berkungjung ke blog ini dan sampai jumpa.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close