Cara Membuat Halaman Contact Us pada Blog


Halaman Contact Us atau biasa juga disebut dengan halaman hubungan kami merupakan salah satu elemen dari navigasi blog yang bisa dikatakan cukup penting keberadaannya dalam membantu memaksimalkan sebuah blog agar lebih SEO friendly.

Halaman tersebut penting karena dengan hal itu maka para pembaca atau pengunjung blog dapat dengan mudah untuk menghubungi pemilik blog jika suatu saat pengunjung tersebut ingin menanyakan atau melaporkan sesuatu jika terjadi masalah dalam blog kita.

Umumnya navigasi yang berupa halaman kontak ini bisa di buat dibagian navigasi atas blog, dengan tujuan agar mudah dijangkau oleh para pengunjung.

Sementara itu untuk isi format dari halaman contact tersebut bisa sangat beraneka ragam bentuknya, tergantung dari pemilik blog sendiri ingin dibuat seperti apa.

Dari mulai format sederhana seperti hanya berupa nomor telepon yang bisa dihubungi, maupun format yang sangat lengkap seperti terdiri dari nomor kontak, alamat email, media sosial hingga sampai alamat kantor/rumah pun ikut ditulis.

Hal itu sah-sah saja selagi halaman tersebut tidak membuat kenyamanan pengunjung menjadi terganggu.

Dan dari sekian banyaknya jenis form contact us, terdapat salah satu format halaman kontak yang biasanya banyak digunakan oleh para blogger. Salah satunya yaitu dengan membuatnya menjadi halaman kontak berbentuk formulir isian.

Formulir tersebut nantinya akan dihubungkan ke email kita, sehingga jika ada pesan yang dikirim pengunjung blog maka akan secara otomatis masuk ke alamat email kita.

Meskipun terlihat sederhana, tetapi nyatanya format seperti ini lebih terkesan profesional dan sangat mudah digunakan bagi para pengunjung blog.

Nah untuk itu pada kesempatan kali kita akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat formulir contact us page tersebut. Dan untuk mengetahui caranya, maka langsung saja kita simak langkah-langkah berikut ini.


Langkah-Langkah Membuat Halaman Hubungi Kami untuk Blogspot

Sebelum melakukan cara ini alangkah baiknya jika kita melakukan backup template terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Langkah pertama kita buat halaman statis baru. Caranya masuk ke halaman dashboard blogger lalu pilih menu "halaman" > "halaman baru"Lalu pilih ke mode penulisan "HTML", dan copy-pastekan kode berikut ini script contact us.



Sementara untuk judul halaman boleh disesuaikan dengan keinginan kita contohnya saja Contact Us.

2. Selanjutnya ganti nomor Var blog id pada kode script tersebut dengan blog id milik kita. Nomor blog id bisa dilihat di bagian url halaman (lihat gambar dibawah). Jika sudah lalu pilih publikasikan.



3. Selanjutnya di dashboard blogger kita pilih menu "tata letak/layout" > "tambahkan gadget" > pilih menu "formulir kontak" > lalu "simpan".



4. Karena formulir kontak tersebut berada dibagian widget blog maka kita sembunyikan terlebih dahulu. Caranya masuk ke menu "Tema" > pilih "edit HTML" > lalu cari kode berikut ]]></b:skin>



Agar cepat kita bisa melakukan CTRL+F di dalam kode HTML tersebut lalu masukkan kode ]]></b:skin> dan tekan enter untuk mencarinya.


5. Copy kode berikut :

#ContactForm1,#ContactForm1 br{display:none;visibility:hidden}

Lalu pastekan tepat diatas kode ]]></b:skin>. Jika sudah lalu save template.


6. Selanjutnya kita tautkan halaman formulir kontak tersebut ditempat yang kita inginkan pada blog kita. Dalam contoh kali ini akan ditempatkan dibagian navigasi atas.

Cara menautkannya yaitu masuk ke menu "halaman" > di halaman contact us yang tadi telah dibuat kita klik kanan dibagian "lihat" > lalu "salin alamat link" dan pastekan di notepad terlebih dahulu.



7. Buat label blog baru dengan cara masuk ke halaman "tema" > "edit html" > tekan ctrl+f lalu cari salah satu kata yang ada di label navigasi blog kita.

Sebagai contoh di dalam navigasi blog ini terdapat label "tips dan tutorial" maka saya ketikkan kata tips dan tutorial lalu tekan enter (lihat gambar dibawah).



8. Lalu copy kode berikut :

<li><a href='#'>Contact Us</a></li>

Pastekan tepat dibagian bawah label blog yang kita cari tadi (dalam hal ini saya menempatkannya di bawah kode tips dan tutorial).

Setelah itu ganti tanda pagar dengan url link yang telah kita pastekan di notepad pada langkah nomer 6 tadi. Jika sudah lalu save template dan halaman formulir kontak pun telah selesai dibuat.

Catatan: Setiap template blog memiliki struktur navigasi yang berbeda. Contohnya jika di template seperti viomagz biasanya halaman kontak sudah ada secara otomatis dibagian bawah blog.

Sehingga kita tidak perlu repot lagi untuk membuat label blog yang baru. Jadi jika sebelumnya di template blog kita sudah ada halaman contact, maka kita cukup menautkannya link url di label halaman contact yang sudah ada tersebut.

Baca Juga : Cara Memasang Google Analytics di Blogspot Terbaru

Demikianlah tutorial tentang Cara Membuat Halaman Contact Us untuk Blogspot. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai berjumpa di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close