Cara Ubah Kecerahan Layar Smartphone Jadi Sangat Gelap


Tingkat kecerahan atau brightness dalam sebuah layar smartphone memang menjadi salah satu faktor kenyamanan kita dalam menggunakan perangkat pintar tersebut.

Dengan mengatur tingkat kecerahan layar yang pas maka kita pun dijamin akan betah untuk berlama-lama memainkan sebuah gadget maupun perangkat mobile lainnya.

Saat ini cara yang paling mudah untuk menyesuaikan kontras layar pada smartphone yaitu dengan mengaturnya ke mode otomatis sehingga layar akan menyesuaikan sendiri dengan kondisi pencahayaan yang ada disekelilingnya.

Jika kondisi sekitar terang maka smartphone pun akan menaikkan tingkat pencahayaan layar, dan sebaliknya jika dalam kondisi gelap atau minim cahaya maka smartphone pun akan meredupkan tingkat pencahayaan dengan sendirinya.

Namun dalam kondisi tertentu seperti di kondisi gelap yang sangat ekstrim, terkadang tingkat kecerahan default layar yang ada pada perangkat smartphone dirasa masih kurang redup.

Saat brightness diatur ke tingkat paling rendah sekalipun, cahaya dari layar terkadang masih sangat menyilaukan bagi mata. Hal ini tentu jika digunakan terlalu lama akan membuat pandangan mata menjadi tidak nyaman dan yang paling parah bahkan bisa sampai merusak mata.

Nah jika mengalami hal demikian, maka kita tidak usah khawatir karena ada cara yang bisa kita gunakan untuk meredupkan kecerahan layar menjadi lebih gelap lagi. Salah satu solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama Night Screen.

Tenang saja, penggunaan aplikasi ini pun tergolong sangat praktis serta tidak menghabiskan banyak space memori. Dan untuk mengetahui cara menggunakan aplikasinya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Aplikasi untuk membuat Layar Smartphone Menjadi Sangat Gelap

1. Langkah pertama kita download dan install aplikasi bernama night screen terlebih dahulu di layanan playsore.



2. Jika sudah lalu buka aplikasi tersebut, dan saat menggunakan pertama kali biasanya akan ada notifikasi perizinan yang muncul. Maka kita hanya perlu izinkan aplikasinya.



3. Dan untuk meredupkan layar kita hanya perlu menggeser panel tingkat kecerahannya ke arah kiri, dan sebaliknya jika ingin menambah tingkat pencahayaan bisa langsung menggsernya ke arah kanan.

Sangat mudah dan simpel bukan? Lalu untuk pengaturan lebih lanjut kita bisa memilih icon roda bergerigi yang berada di sebelah kanan panel.

Beberapa pengaturan yang bisa kita sesuaikan yaitu seperti filter cahaya biru, layar tetap terjaga, kecerahan minimum dan fitur night screen+ untuk layanan yang jauh lebih lengkap.



Sebenarnya ada solusi lain juga yang dapat dilakukan untuk meredupkan layar smartphone agar tidak terlalu menyilaukan mata yaitu dengan mengubah tampilan layar smartphone kedalam menu mode gelap atau dark mode.

Namun sayangnya cara ini tidak dapat digunakan oleh setiap smartphone, karena kita tahu bahwa tidak semua perangkat mobile tersebut selalu dibenamkan fitur dark mode.

Fitur ini umumnya hanya terdapat di ponsel-ponsel generasi terbaru saja atau di ponsel lama dengan sistem operasi yang bisanya sudah dilakukan upgrade.




Demikianlah artikel tentang Cara Membuat Kecerahan Layar Smartphone Menjadi sangat Gelap. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close