Cara Mirroring Tampilan Layar Handphone di PC Komputer

screen mirroring smartphone

Screen Mirroring atau biasa juga disebut sebagai proyeksi layar adalah sebuah fitur yang dapat membantu kita untuk menayangkan tampilan device gadget dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Sehingga tampilan screen yang sama akan ter-duplikat menjadi dua pada device yang berbeda, yaitu satu tampilan dari layar asli dan satu lagi dari layar yang diproyeksi.

Cara ini seringkali dilakukan pada gadget yang memiliki ukuran lebih kecil untuk bisa ditampilkan pada layar gadget yang lebih besar.

Adapun tujuan mirroring yaitu untuk berbagi tampilan kepada orang lain agar dapat dilihat lebih mudah, seperti untuk presentasi. Bisa juga untuk mendapatkan pengalaman yang jauh lebih baik dengan menggunakan layar yang lebih lebar seperti saat menonton film.

Nah contoh dari mirroring layar ini yaitu seperti proyeksi dari perangkat smartphone ke monitor komputer atau ke layar TV yang memiliki ukuran jauh lebih lebar.

Lalu bagaimana cara untuk melakukan proyeksi dari layar handphone ke monitor eksternal? Sebenarnya banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk melakukan screen mirroring. Namun pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas cara yang paling mudah saja, tanpa memasang aplikasi lain dan tanpa menggunakan kabel tambahan alias wireless.

Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Menampilkan Proyeksi Layar Smartphone di Komputer/Laptop

1. Langkah pertama kita pasang terlebih dahulu sebuah fitur bawaan dari Windows bernama Projecting PC. Caranya klik menu Start (icon Windows) > lalu pilih menu Settings > pilih menu System > kemudian pilih opsi Projecting to This PC.

Catatan : Jika kita sudah pernah memasang fitur ini sebelumnya, maka kita bisa langsung masuk ke langkah nomor 4.



2. Setelah itu lalu kita pilih menu Optional Features > kemudian pilih View Features.



3. Langkah selanjutnya kita pasang fitur bernama Wireless Display dengan cara memberikan tanda centang/ceklis pada kotak yang ada disebelah kanan > lalu pilih Next > kemudian pilih Install. Tunggu beberapa menit hingga proses pemasangan selesai.



4. Jika sudah, lalu kita kembali lagi ke menu System > pilih Projecting to This PC > kemudian pada tulisan Some Windows and Android device can Project to This PC when you say it's OK kita ubah menjadi Available Everywhere.



5. Selanjutnya buka program tersebut dengan memilih Lauch the Wireless Display app to Project to This PC. Bisa juga dengan cara klik menu Start > lalu cari menu Wireless Display.


6. Setelah itu kita beralih pada perangkat smartphone, lalu buka fitur Proyeksi. Tiap merk HP biasanya akan berbeda-beda, namun umumnya bisa kita temukan di menu pengaturan swap atas > lalu cari menu Proyeksi.


Bisa juga dengan masuk ke menu Pengaturan/Setelan telepon > pilih menu Koneksi Nirkabel/Koneksi & Berbagi > kemudian aktifkan fitur Proyeksi.


7. Jika sudah, lalu pilih nama PC Komputer tujuan yang ingin dihubungkan > lalu jika muncul notifikasi pada komputer kita cukup pilih OK.



Hingga langkah diatas maka proses mirroring layar HP ke monitor pun telah selesai dilakukan.

Catatan : Dalam menjalankan tutorial diatas kita menggunakan OS Windows versi 11. Bagi user yang masih menggunakan OS Windows versi 10, mungkin akan terdapat sedikit perbedaan pada tahapannya, meskipun tentu tidak akan terlalu jauh perbedaannya.

Namun jika ingin mengetahui penjelasan lebih detail mengenai tutorial khusus untuk Windows 10, maka kita bisa langsung akses pada halaman berikut tentang Cara Mirroring Layar di Windows 10.

Selain itu, cara screen mirroring ini hanya bisa dilakukan pada sistem operasi windows versi 10 dan 11 saja. Sehingga untuk versi yang ada dibawahnya seperti windows 7, windows XP, dll, jika ingin melakukan cara ini maka harus menggunakan program software atau aplikasi tambahan dari pihak ketiga.




Selain lebih mudah karena tidak perlu menginstall aplikasi lagi, tips inipun tergolong sangat hemat karena tidak memakan kuota dari data seluler sama sekali.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara praktis membuat tampilan HP smartphone android bisa ditampilkan di layar PC Desktop maupun Laptop. 

Terima kasih telah berkunjung, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam, No Link Aktif !

Previous Post Next Post

Contact Form

close
close