Perbedaan TV Berlangganan, TV Digital, dan Streaming TV

streaming tv

Salah satu media hiburan yang menjadi favorit dan juga andalan dari masyarakat Indonesia yaitu adalah media televisi. Media satu ini memang merupakan media mainstream yang paling mudah dijumpai, karena memang bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Disisi lain, kita juga harus tahu bahwa media televisi saat ini sudah jauh semakin berkembang. Bahkan dari kabar terkini, kita sudah mengetahui bahwa siaran TV berbasis analog sudah ditiadakan dan sebagai gantinya akan dimigrasikan ke siaran berbasis digital.

Namun tidak hanya siaran digital saja, melainkan ada beberapa metode lain yang dapat digunakan jika kita ingin menonton acara di media layar kaca satu ini, yaitu seperti melalui streaming tv online dan juga tv kabel berlangganan.

Lalu apa saja perbedaan diantara ketiganya? Nah untuk mengetahui hal tersebut, maka langsung saja kita simak pada ulasan dibawah ini.


Inilah Bedanya antara Layanan Streaming, Siaran Digital, dan TV Berlangganan


1. Siaran Digital

Pertama ada siaran digital yang pada dasarnya merupakan bagian dari siaran televisi konvensional, dimana kita dapat menonton berbagai macam program acara di TV secara gratis tanpa dikenakan biaya sepeserpun.

Boleh dibilang siaran digital ini sebenarnya hampir sama dengan siaran analog yang harus selalu menggunakan antena untuk dapat menangkap frekuensi sinyal TV agar bisa menghasilkan gambar visual. Hanya saja, siaran digital mampu menghasilkan kualitas visual yang jauh lebih baik dan tajam.

Hal ini bisa terjadi, karena pada siaran digital sudah dilengkapi alat tambahan berupa decoder receiver yang sering dikenal sebagai Set Top Box (STB), yang berfungsi untuk mengubah sinyal frekuensi analog menjadi format MPEG-2 yang jauh lebih baik. Sehingga tampilan dari gambar dan suara pun bisa lebih jernih dan juga berkualitas tinggi.

Adapun jika kita ingin mengetahui penjelasan lebih detail mengenai perbedaan diantara keduanya, maka sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu perbedaan serta kelebihan siaran digital dibandingkan siaran analog.


2. TV Berlangganan

Pada dasarnya mekanisme atau cara kerja pada tv berlangganan, memiliki konsep yang hampir mirip dan tidak jauh berbeda dengan siaran digital secara umum.

Dimana pada model ini, kita masih diharuskan untuk memasangkan alat tambahan berupa receiver decoder agar bisa menayangkan tampilan gambar pada televisi. Bentuk dari receiver tersebut bisa berupa parabola digital berbasis satelit maupun receiver berupa box tv kabel layaknya sebuah STB pada siaran digital.

Hanya saja, peralatan tersebut dibuat lebih eksklusif dan dijual secara khusus oleh perusahaan atau pihak operator dari penyedia jasa TV kabel berbayar tersebut. Sehingga jarang sekali ada yang menjualnya secara bebas dipasaran, meskipun terkadang kita mungkin masih bisa menemukannya juga.

Dan karena sifatnya yang ekslusif itulah, sehingga kita sebagai customer atau pelanggan diwajibkan untuk membayar iuran rutin setiap bulan agar selalu bisa menonton acara-acara favorit yang ditayangkan.

Disisi lain, kelebihan dari TV kabel berbayar yaitu kita akan akan mendapatkan tayangan dari channel eksklusif dengan jumlah jauh lebih banyak yang tidak bisa ditemukan pada siaran digital. Bahkan kita bisa menambahkan layanan add on yaitu berupa tambahan channel tertentu baik itu channel luar negeri ataupun channel lainnya, yang  bisa ditambahkan sesuai keinginan. Namun tentu saja dengan harga tarif bulanan yang akan lebih mahal juga.

Adapun contoh dari TV berlangganan/berbayar yaitu seperti TransVision, Nex Media, Orange TV, IndiHome, dan juga Indovision yang sekarang sudah diubah namanya menjadi MNC Vision.


3. TV Streaming Online (Live Streaming)

Nah bisa dibilang TV live streaming ini sudah berbeda sekali dengan kedua jenis siaran televisi yang sudah dibahas sebelumnya. Sebab pada model ini, siaran hanya bisa didapatkan sepenuhnya dengan memanfaatkan jaringan teknologi internet.

Selain itu, TV live streaming ini secara umum bisa diakses melalui dua jenis perangkat yaitu bisa menggunakan media Smart TV, atau bisa juga menggunakan perangkat mobile seperti smartphone maupun laptop.

Pada streaming online selain bisa menonton channel stasiun TV lokal seperti biasa, kitapun dapat menonton acara berdasarkan platform yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Oleh karena itu media ini sering juga disebut sebagai video on demand, yaitu video atau film yang ditonton berdasarkan hal yang disukai saja.

Beberapa platform dari streaming online yaitu seperti Netflix, Iflix, Viu, Disney+, Vidio.com, IQiy, Mola TV, GoPlay, Prime Video, HBO Go, Youtube premium, dan masih banyak lagi. Setiap platform biasanya memiliki banyak sekali genre atau niche yang bisa disesuaikan dengan penonton, seperti Olahraga, Film, Pengetahuan, Tontonan untuk anak-anak, dll.

Namun tentu selain harus menyediakan kuota internet, untuk dapat menonton tayangan pada platform tersebut, umumnya kita harus mengeluarkan biaya tambahan untuk bisa berlangganan setiap bulan layaknya pada TV Berbayar.


Nah itulah tadi penjelasan tentang perbedaan dari siaran TV digital, Televisi Berlangganan, dan juga TV Streaming online. Setiap pilihan tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, tinggal bagaimana kita sebagai user bisa menentukan mau menggunakan platform yang mana.

Demikianlah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close