4 Tips Aman dalam Menggunakan Plugin Wordpress

plugin wordpress terbaik

Sebagai CMS yang paling populer di dunia saat ini, wordpress memang selalu menghadirkan beragam kemudahan bagi para penggunanya.

Hal tersebut tidak terlepas karena pada platform satu ini, kita dapat menggunakan berbagai macam program tambahan yang bisa dipasang serta dicopot dengan mudah, dan biasa dikenal dengan sebutan Plugin.

Yap, tools inilah yang bisa dibilang menjadi salah satu kelebihan dari platform wordpress jika dibandingkan dengan platform kompetitor seperti blogger alias blogspot.

Sebab dengan memanfaatkan tools satu ini, kita dapat lebih praktis pada saat melakukan customisasi terhadap halaman website kita. Sehingga dengan hal tersebut pula, dapat membuat situs kita menjadi lebih optimal dan bisa bersaing di halaman pencarian search engine (SERP) seperti Google.

Namun terlepas dari kelebihannya itu, satu hal yang pasti dan tidak boleh dilakukan yaitu janganlah sekali-kali kita menggunakan jenis plugin wordpress dengan sembarangan. Sebab jika dilakukan, hal itu dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi perkembangan blog kita baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Oleh karena itu, pastikanlah agar kita selalu menggunakan plugin wordpress terbaik, salah satunya yaitu dengan berusaha untuk memasangkan jenis tools yang original dari pihak developer resmi.

Tidak hanya itu saja, sebenarnya ada beberapa tips lain juga yang dapat kita terapkan saat ingin menggunakan jenis tools tambahan ini agar blog kita tetap aman.

Nah untuk penjelasan lebih detail mengenai hal tersebut, maka bisa langsung kita simak pada ulasan berikut ini.


Inilah Tips dalam Memilih Plugin Wordpress yang Baik dan Benar

Setidaknya ada 4 cara yang dapat dilakukan agar kita dapat terhindar dari penggunaan jenis plugin yang buruk ini. 


1. Memastikan Rating

Langkah yang paling pertama sebelum kita benar-benar memutuskan untuk menginstal plugin wordpress yaitu mengecek terlebih dahulu mengenai rating yang ada.

Yap, meskipun terlihat sangat simpel, namun cara ini bisa dibilang cukup efektif. Hal ini karena dengan kita melihat rating, maka kita bisa mengetahui secara langsung mengenai seberapa jauh dari performa suatu plugin.

Logikanya saat kita melihat banyak review yang buruk dari orang yang sudah menggunakan sebelumnya, hal tersebut tentu bisa menjadi indikasi awal jika terdapat suatu masalah dari plug-in yang ingin dipakai.

Oleh karena itu, selalu hindarilah menggunakan jenis plugin yang memiliki peringkat nilai rating rendah maupun review yang condong kearah negatif.


2. Hindari Menggunakan Versi Nulled

Secara singkat nulled merupakan sebuah varian dari plugin yang sudah dibajak atau dimodifikasi ulang, kemudian dirilis kembali dan disebarkan kepada khalayak ramai biasanya dalam bentuk gratisan.

Nah banyak blogger mungkin menyukai akan hal ini, padahal saat kita menggunakan versi yang katanya gratis, tentu tidak ada yang bisa memastikan jika software yang dipakai itu benar-benar aman.

Iya jika orang yang menyebarkan itu tidak mengubah suatu apapun. Namun bagaimana jika mereka justru memasukkan program-program jahat seperti malware. Jika tetap digunakan, bukan tidak mungkin hal itu justru akan berdampak buruk bagi halaman website kita.

Disisi lain, dengan kita membeli produk plugin yang merupakan versi asli dari pihak pengembang langsung, itu artinya kita juga secara tidak langsung sudah menghargai hasil karya mereka.


3. Lakukan Pindai WPScan

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu usahakan agar kita selalu melakukan pemindaian wpscan untuk melihat potensi ancaman keamanan yang mungkin bisa terjadi.

Langkah ini bisa menjadi tahap selanjutnya dalam memastikan apakah suatu program tools itu benar-benar sudah aman atau tidak.

Jika dari hasil pemindaian tersebut terdapat list plugin yang memang terindikasi berbahaya atau berpotensi dapat mengancam keamanan. Maka alangkah baiknya jika kita tidak usah lagi memakai atau bila perlu menghapus sekalian plugin tersebut.


4. Periksa Pembaruan Terakhir

Tips pamungkas, yaitu mengenai status update paling terakhir dari plugin bersangkutan yang bisa dilihat secara langsung.

Developer yang baik, biasanya dia akan memberikan perbaikan maupun update bug minor secara berkala setidaknya beberapa kali dalam setahun.

Nah bila kita melihat suatu plugin yang sudah lama tidak mendapatkan update atau pembaruan (lebih daru satu tahun), maka secara tidak langsung kita bisa mengatakan bahwa program tools tersebut sudah tidak terurus oleh pembuatnya.

Jika hal itu terjadi, sebaiknya kita tidak usah meng-install plugin tersebut sama sekali. Hal ini tentu bertujuan agar bisa menghindarkan situs web kita dari serangan cyber yang tidak diinginkan dikemudian hari, akibat dari munculnya celah bug yang bisa datang kapan saja.




Demikianlah tips kali ini tentang tips mudah dan aman dalam memilih jenis plugin untuk CMS wordpress.

Terakhir saya berpesan bagi para blogger yang memang ingin memasangkan program tools pada halaman situsnya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan plugin wordpress terbaik dan original agar kita selalu terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin bisa menimpa siapa saja.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close