Cara Melihat Versi Bluetooth di Perangkat PC atau Laptop


Siapa sih hari ini yang tidak kenal dengan yang namanya teknologi Bluetooth (BT). Hampir setiap orang, terutama mereka yang pernah memiliki perangkat gadget baik itu smartphone maupun PC komputer, mungkin beberapa kali pernah menggunakan konektivitas satu ini untuk saling bertukar data.

Yap, perangkat nirkabel bluetooth memang mempunyai fungsi utama yaitu sebagai media untuk share atau saling berbagi file satu sama lain dengan perangkat yang berbeda.

Disamping saat ini juga konektivitas tersebut sering dimanfaatkan untuk dihubungkan dengan perangkat nirkabel lain seperti wireless earphone (TWS) maupun perangkat elektronik lain.

Dengan hadirnya teknologi terbaru, memang memungkinkan hal tersebut dapat dilakukan. Mengingat kecepatan transfer data pada perangkat BT saat ini, dapat dilakukan jauh lebih cepat dan juga minim latency jika dibandingkan dengan versi terdahulu.

Lalu bagaimana cara kita untuk mengetahui model varian bluetooth pada perangkat PC dekstop atau laptop yang sedang digunakan.

Sebenarnya untuk memastikan tipe BT banyak sekali cara yang dapat dilakukan. Namun khusus bagi kita pengguna sistem operasi windows, ada cara paling mudah untuk mengetahui hal tersebut.

Adapun untuk mengetahui lebih detailnya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Mengecek Bluetooth Perangkat Komputer Versi Berapa

Untuk bisa melihat versi dari bluetooth yang sedang digunakan pada perangkat pc kita sebenarnya sangat mudah sekali. Bahkan untuk bisa memastikannya kita tidak perlu menggunakan aplikasi apapun, melainkan cukup dengan mengakses program bawaan yang sudah disediakan oleh pihak windows.

1. Langkah pertama kita klik menu Start atau icon windows pada tampilan utama desktop > setelah itu pilih program Windows Tools > lalu pilih Computer Management > kemudian klik pada menu Device Manager.

Atau jika ingin lebih cepat dan praktis sebenarnya kita bisa memanfaatkan menu Search lalu ketikan saja keyword Device Manager, lalu tekan tombol enter.



2. Jika sudah lalu kita klik dua kali pada opsi Bluetooth > kemudian klik kanan pada menu Generic Bluetooth Adapter atau pilihan lainnya yaitu Realtek Bluetooth Adapter > lalu pilih Properties.



3. Setelah itu akan muncul kotak menu baru, disini kita cukup pilih opsi Advanced. Lalu pada menu Firmware Version kita lihat angka dibagian tulisan LMP (Link Manager Protocol).

Digit angka paling awal sebelum titik menunjukkan versi dari bluetooth yang sedang dipakai pada perangkat kita.



4. Adapun untuk mengetahui lebih detail dan memastikan secara pasti mengenai varian model konektivitas itu, kita bisa melihatnya di kolom tabel berikut ini. Rincian tersebut diambil dari halaman situs resmi Microsoft sebagai produsen dari produk OS Windows.

Model Link
Manager Protocol
Versi Bluetooth Status
LMP 0 Spesifikasi Model Bluetooth Core 1.0b Tidak Kompatibel (withdrawn)
LMP 1 Spesifikasi Model Bluetooth Core 1.1 Tidak Kompatibel (withdrawn)
LMP 2 Spesifikasi Model Bluetooth Core 1.2 Tidak Kompatibel (withdrawn)
LMP 3 Spesifikasi Model Bluetooth Core 2.0 + EDR Tidak Kompatibel (withdrawn)
LMP 4 Spesifikasi Model Bluetooth Core 2.1 + EDR Varian lama (to be withdrawn)
LMP 5 Spesifikasi Model Bluetooth Core 3.0 + HS Varian lama (to be withdrawn)
LMP 6 Spesifikasi Model Bluetooth Core 4.0 Kompatibel
LMP 7 Spesifikasi Model Bluetooth Core 4.1 Kompatibel
LMP 8 Spesifikasi Model Bluetooth Core 4.2 Kompatibel
LMP 9 Spesifikasi Model Bluetooth Core 5.0 Kompatibel
LMP 10 Spesifikasi Model Bluetooth Core 5.1 Kompatibel
LMP 11 Spesifikasi Model Bluetooth Core 5.2 Kompatibel
LMP 12 Spesifikasi Model Bluetooth Core 5.3 Kompatibel

Keterangan :
  • Tidak Kompatibel = Varian BT tersebut sudah ditarik dan tidak bisa dipakai di OS windows lagi.
  • Varian lama = dalam waktu dekat kemungkinan besar akan segera ditarik pemakaianya pada OS windows. 
  • Kompatibel = Model terbaru dan bisa dipairing dengan lebih fleksibel di berbagai jenis perangkat gadget.
  • EDR dan HS = EDR kepanjangan dari Enhanced Data Rate, sementara HS kepanjangan dari High Speed. Keduanya merupakan fitur pada konektivitas BT yang berfungsi untuk mengirimkan data jauh lebih kencang yaitu sekitar 2 sampai 3 kali lebih cepat dari varian sebelumnya. 

Berdasarkan data tabel diatas, maka dapat disimpulkan bahwa versi BT yang terdapat pada gambar poin nomor 3 merupakan versi 5.1, termasuk salah satu model yang terbaru.

Lalu bagaimanakah dengan varian yang dimiliki oleh perangkat PC anda? Apakah masih layak atau merupakan model lama yang sudah sangat usang?




Demikianlah artikel kali ini tentang cara mudah mengecek tipe bluetooth pada perangkat komputer.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close