Tips Merawat Speaker Eksternal agar Suara tetap Keras


Sebagai orang yang gemar menonton film atau mendengarkan musik, pasti kita sering atau setidaknya pernah sesekali memasangkan perangkat suara audio tambahan yang berupa speaker alias sound system eksternal.

Selain bisa menikmati suara yang jauh lebih lantang dan juga jernih, dengan menambahkan perangkat pengeras ekstra seperti itu, tentu dapat memberikan experience yang jauh berbeda dibanding jika tidak memakainya sama sekali.

Namun pada saat kita menggunakan perangkat tersebut, apakah kita pernah merasa jika audio yang dihasilkan itu mendem alias suaranya tidak keluar dengan maksimal?

Nah jika iya, maka penyebab suara yang keluar seperti itu sebenarnya bisa terjadi karena beberapa alasan. Akan tetapi, salah satu faktor yang mungkin paling sering dijumpai yaitu karena kita jarang atau bahkan tidak merawat perangkat tersebut dengan baik.

Padahal seperti kebanyakan barang elektronik lainnya, perangkat sound system baik itu jenis aktif maupun pasif tentu harus sering mendapat perawatan. Sebab jika hanya digunakan saja, lama kelamaan hal itu akan berdampak pada kualitas suara yang dihasilkan, dan salah satunya ya masalah audio yang mendem tadi.

Nah agar tidak terjadi hal demikian, maka tidak ada salahnya jika kita sesekali membersihkan perangkat pengeras speaker tersebut dan bisa juga sambil mengeceknya untuk memastikan agar tidak ada yang abnormal.

Selain dengan menggunakan cara tersebut, sebenarnya ada beberapa tips lain yang bisa kita lakukan agar perangkat sound system di rumah kita kualitasnya dapat tetap terjaga.

Dan untuk mengetahui hal tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Tips Menjaga Sound System Eksternal Tidak Mendem Suaranya


1. Penempatan yang Benar

Hal yang harus diperhatikan saat kita memiliki sebuah speaker eksternal yang paling utama tentu saja yaitu masalah posisi dalam menempatkan perangkat tersebut.

Perlu diketahui bahwa perangkat seperti pengeras suara ini tidaklah boleh diletakkan di sembarang tempat. Melainkan harus ditaruh di tempat yang benar-benar kering dan juga tidak berada di tempat yang lembap.

Sebab jika diletakkan di tempat yang seperti itu, maka hal tersebut akan berpengaruh pada kualitas suara yang akan dihasilkan. Biasanya jika dibiarkan lama akan membuat suara yang terdengar menjadi lebih kecil dan juga mendem (bunyi yang seolah seperti masuk kedalam).


2. Rutin Dibersihkan

Layaknya benda atau perabotan lain yang ada di dalam rumah. Sound sistem pun sebenarnya perlu dibersihkan secara berkala setiap waktu.

Hal ini tentu saja untuk membersihkan dari kemungkinan adanya kotoran-kotoran yang menempel, baik itu yang terlihat dengan jelas maupun yang tidak kasat mata seperti halnya debu-debu yang sangat halus.

Jika kita jarang membersihkan, maka dikhawatirkan debu dan kotoran lain akan masuk ke bagian dalam perangkat. Dan hal itu tentu saja bisa mengganggu sistem elektronik yang ada. Terutama pada bagian saringan suara yang dapat tersumbat, sehingga membuat kualitas suara bisa menurun sangat drastis.

Jadi sering-seringlah untuk membersihkan setidaknya pada bagian luar, minimal satu bulan sekali. Cara untuk membersihkan pun bisa dilakukan cukup dengan menggunakan lap kering untuk perawatan bagian luar. Direkomendasikan untuk memakai lap berbahan mikrofiber yang halus agar tidak merusak komponen dari speaker.


3. Paparan Sinar Matahari

Sebagian perangkat sound system memang dibuat lebih rigid agar dapat tahan terhadap guncangan yang berasal dari luar. Sehingga jika kita melihat sound sistem dengan ukuran yang cukup besar, mungkin kita akan melihat beberapa orang yang menyimpannya di area luar ruangan.

Meskipun hal tersebut tidak masalah, namun perlu diingat bahwa perangkat elektronik satu ini sangat rentan sekali terhadap paparan dari cahaya matahari langsung.

Seperti terdengar sepele memang, akan tetapi jika terus dibiarkan maka hal tersebut akan berdampak pada keluaran audio yang akan menurun drastis.

Jadi jika memang ingin menaruh speaker di luar ruangan, usahakan untuk selalu ditutup menggunakan penutup seperti kain, atau bisa juga dengan dimasukkan kedalam box lemari khusus untuk perangkat sound tersebut.

Sementara jika kita menaruhnya di dalam ruangan, maka posisi speaker bisa diletakkan agak sedikit jauh dari sumber cahaya seperti jendela maupun jenis bukaan cahaya lainnya seperti glassblock.


4. Jauhkan dari Cairan dan Benda Berbahaya

Seperti yang kita tahu, bahwa secara umum perangkat elektronik memang sangat rentan terhadap zat cairan seperti air dan sejenisnya. Inipun tentu berlaku pula bagi perangkat sound sistem yang juga sama-sama rentan akan hal tersebut.

Tips paling mudah yaitu saat kita sedang makan maupun minum, usahakan jangan pernah sekali-kali menyimpan di meja maupun tempat yang dekat dengan perangkat speaker.

Sebab jika tumpah dan masuk kebagian dalam, maka bukan hanya kualitas audio yang menjadi buruk, melainkan juga bisa mengalami kondisi yang lebih parah yaitu seperti membuat sound sistem menjadi rusak dan bahkan tidak bisa dipakai sama sekali.

Jika sudah terjadi demikian, tentu saja kita harus melakukan service yang pastinya tidak murah dan bahkan yang terburuk mungkin bisa sampai harus menggantinya dengan perangkat yang baru.




Nah itulah tadi tips tentang bagaimana cara untuk merawat perangkat sound system agar dapat awet dan tidak cepat rusak.

Semoga dengan adanya tips diatas, dapat membuat kita lebih berhati-hati lagi dalam menjaga barang-barang yang kita miliki terutama masalah perangkat pengeras audio seperti speaker.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih karena telah berkenan untuk mengunjungi blog ini, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close