Tips Memilih Furniture yang Tepat agar Hunian Nyaman

lemari warna putih

Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk membuat hunian agar semakin terlihat indah dan juga nyaman.

Nah dari sekian banyak cara yang ada tersebut, salah satunya yaitu dengan mengisi bagian interior rumah menggunakan berbagai macam perabotan furniture yang tepat guna dan juga sesuai.

Seperti terlihat mudah memang, namun pada praktiknya hal itu justru kadang membuat kita sebagai penghuni rumah menjadi bingung sendiri untuk memasangkan item yang pas.

Bahkan tidak jarang juga, kita malah menyesal dengan barang yang sudah dibeli tersebut. Entah barangnya yang memang kekecilan, warnanya yang tidak cocok, atau karena alasan lainnya.

Nah untuk menghindari masalah-masalah tersebut agar tidak terjadi lagi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita selalu merencanakan terlebih dahulu secara matang, sebelum benar-benar memutuskan untuk membeli jenis perabotan tertentu. Hal tersebut tentu bertujuan agar kita tidak menyesal di kemudian hari.

Adapun jika kalian memang merasa masih bingung dengan kriteria jenis furniture yang ingin dipakai. Maka tidak ada salahnya jika kita membaca penjelasan berikut mengenai tips dalam memilih perabotan rumah yang benar.


Tips Menggunakan Furniture yang Baik dan Benar untuk Rumah yang Lebih Nyaman


1. Bentuk dan Ukuran

Saat kita ingin membeli furniture yang baru, hal paling utama yang harus menjadi pertimbangan yaitu mengenai ukuran dari barang tersebut.

Belilah jenis barang properti yang sesuai dengan kebutuhan ruangan yang ada di rumah kita. Jangan sampai barang tersebut terlalu besar, sehingga dapat menutupi semua area space yang ada.

Jadi usahakan selalu sisakan beberapa space ruang kosong, agar tempat tidak terkesan penuh dan terasa sumpek.

Jika kita memang tinggal di hunian yang cenderung berada di lahan terbatas, maka bisa disiasati dengan memasang barang yang minimalis namun serbaguna atau satu barang bisa digunakan untuk banyak fungsi.

Selain itu bisa juga dengan memakai peralatan furniture yang sifatnya floating atau menggantung, seperti rak floating, kitchen set floating, dsb.


2. Warna Interior

Hal lain yang juga perlu diperhatikan yaitu mengenai keselarasan antara warna antara interior ruangan dengan furniture yang digunakan.

Meskipun terlihat sepele, namun pemilihan warna yang pas dan tepat akan menimbulkan kesan serasi serta suasana yang terasa lebih harmonis di dalam rumah.

Tips paling mudah dalam menentukan hal tersebut yaitu dengan mengusung konsep mix and match seperti pada saat memilih pakaian. Tidak semua jenis warna bisa "ditabrakan" dengan warna lain yang berbeda. Jika salah memadukan, bukan tidak mungkin malah membuat ruangan menjadi terasa lebih sempit dan juga pengap.

Adapun beberapa varian warna yang bisa menjadi rekomendasi yaitu seperti perpaduan antara bahan kayu bisa di padukan dengan cat dinding berwarna netral seperti putih atau turquoise.

Selain itu peralatan furniture yang cerah dapat dipadukan dengan cat ruangan berwarna seperti aqua atau hijau sage. Sementara untuk jenis perabotan yang lebih gelap dapat dipadukan dengan warna coklat, abu gelap, maupun pink pucat.


3. Material yang Digunakan

Selain bahan perabotan yang harus disesuaikan dengan warna ruangan seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.

Faktor lain yang juga sangat menentukan dalam pemilihan furniture, yaitu mengenai kualitas dari barang-barang tersebut. Hal ini penting, agar kita tidak terlalu sering untuk mengganti perabotan di rumah karena alasan cepat rusak.

Jadi pastikanlah kualitas dari barang yang akan dibeli. Tips simpel untuk melihat kualitas dari suatu barang, yaitu bisa dengan melihat dari beberapa parameter penilaian. Pertama seperti bahan atau material yang dipakai, apakah merupakan kualitas terbaik di kategorinya atau tidak.

Selain itu barang yang anti air, anti karat untuk material logam, anti rayap untuk material kayu, serta tahan terhadap cuaca maupun suhu sesuai dengan lingkungan tempat tinggal kita.

Beberapa poin diatas sangat mutlak menjadi bahan pertimbangan, agar peralatan atau perabotan di rumah kita dapat lebih awet dan tahan lama meski sudah dipakai selama bertahun-tahun.


4. Harga

Tentu pribahasa "ada harga ada rupa" sepertinya bisa dikatakan benar juga, meski hal tersebut terkadang tidak sepenuhnya selalu tepat.

Demikian juga saat kita ingin membeli barang untuk mengisi kekosongan interior di dalam rumah. Faktor lain seperti harga alias besaran biaya yang harus dikeluarkan pun, tentu tidak luput untuk menjadi bahan pertimbangan juga.

Prinsip pertama yaitu selalu prioritaskan untuk memilih jenis barang yang berkualitas tinggi, namun tetap disesuaikan dengan budget yang kita miliki. Jangan melebihi batas dari anggaran yang sudah dipersiapkan sebelumnya, karena hal tersebut akan berdampak buruk bagi perencanaan keuangan kita kedepannya.

Tips mudah selanjutnya yaitu bisa dengan mendatangi beberapa toko sekaligus. Tujuannya agar kita dapat membandingkan harga barang yang sama di tempat yang berbeda. Sehingga kita jadi lebih tahu tentang harga standar dari suatu barang.

Selain itu jika kita merasa harganya memang masih kemahalan, maka kita bisa sedikit menurunkan kualitas dari perabotan yang ingin dibeli. Meskipun tentu jangan sampai membeli barang yang terlalu murah karena biasanya akan selalu tidak awet.

Jadi saat ingin membeli produk yang lebih murah, usahakan masih berada di grade menengah atau standar, sehingga kualitas yang didapat pun tidak terlalu buruk.




Nah itulah tadi tips tentang cara memilah barang perabotan furniture, untuk membuat hunian dapat terlihat lebih nyaman.

Semoga tips ini bisa bermanfaat, dan jika ada pertanyaan maka bisa langsung disampaikan saja pada kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close