Fungsi Novo Button Lubang Kecil pada Laptop Lenovo

laptop lenovo yoga slim

Bagi pengguna laptop dari brand Lenovo, mungkin kita sekilas pernah melihat sebuah lubang kecil yang biasanya berada di bagian pinggir sisi kanan maupun sisi kiri dari perangkat gadget tersebut.

Bahkan saking kecilnya, mungkin sebagian dari kita bisa jadi malah tidak ada yang menyadari dari keberadaan lubang tersebut. Hal ini bisa dikatakan sangat wajar, mengingat bentuknya yang memang sangat tidak kasat mata.

Lalu untuk apa sebanarnya fungsi dari lubang kecil itu? Apakah memang hanya untuk hiasan semata agar terlihat lebih keren dan estetis, atau bisa juga karena adanya kesalahan dalam proses produksi.

Jawabannya tentu saja tidak demikian, yang jelas para desainer mereka tentu sudah mengetahui akan hal itu, dan tentu tidak dibuat tanpa alasan.

Jadi bagi yang belum tahu, di perangkat laptop Lenovo memang terdapat sebuah fitur khusus yang tidak dimiliki oleh brand lain. Fitur tersebut sering dinamakan dengan Novo button yaitu sebuah tombol kecil yang memiliki ukuran seperti lubang jarum dengan terdapat sebuah icon kecil berupa panah terbalik seperti huruf U.

simbol logo novo button lenovo

Letaknya pun dari setiap tipe atau model laptop mungkin akan memiliki penampatan posisi yang berbeda-beda, yaitu ada yang disamping, di bagian atas dekat tombol keyboard, maupun di tempat lainnya.

Namun yang jelas, dari setiap perangkat laptop Lenovo terutama seri yang paling baru, seluruhnya bisa dipastikan sudah dibekali dengan fitur tersebut.


Fungsi dan Cara Menggunakan Novo Button di Perangkat Lenovo

Secara umum fungsi dari tombol ini yaitu bisa digunakan sebagai cara pintas untuk mengakses sistem BIOS komputer.

Sehingga pada saat PC gagal melakukan proses booting secara normal, seperti ketika terjadi stuck, bluescreen, blackscreen, dsb. Maka penggunaan tombol ini bisa dijadikan sebagai salah satu opsi alternatif lain untuk mengatasi hal tersebut.


Menu Pilihan yang Muncul pada Novo Button

Pada dasarnya program yang ditampilkan akan berbeda tergantug dari jenis Sistem Operasi (OS) yang sedang digunakan. Namun pada saat kita memakai OS berbasis Windows, maka setidaknya ada 4 opsi menu yang bisa digunakan ketika kita mengaktifkan mode ini.


Pertama ada mode normal startup yang bisa dipakai untuk menyalakan perangkat komputer seperti biasanya. Kemudian ada menu BIOS setup dan Boot menu untuk mengubah konfigurasi PC (manajemen listrik, storage, install ulang, dsb) serta bisa juga dimanfaatkan untuk memperbaiki beberapa masalah lain yang mungkin terjadi.

Terakhir yaitu ada menu System Recovery atau sering juga disebut sebagai Lenovo OneKey Recovery (OKR). Adapun fungsi utama dari opsi ini yaitu untuk mencadangkan dan mengembalikan beberapa pengaturan dari perangkat PC komputer kita.

Beberapa fungsi yang dimaksud, yaitu seperti untuk memulihkan partisi sistem ke settingan sebelumnya jika terjadi kegagalan pada sistem. Atau bisa juga untuk mencadangkan user system restore and recovery yang bisa dicustom sesuai keinginan.

Namun khusus untuk opsi OKR, biasanya akan muncul jika kita menggunakan OS berbasis Windows. Sedangakn jika menggunakan OS lain seperti Linux, maka fitur OKR tidak akan tersedia.


Cara untuk Bisa Mengakses Menu pada Novo Button

Agar bisa mengaktifkan sistem ini, sebenarnya bisa dengan cara menekan tombol novo cukup sekali saja. Adapun tahapannya adalah sbb:

1. Pertama kita pastikan terlebih dahulu jika perangkat laptop sudah berada dalam keadaan mati (shutdown). Hal ini dilakukan agar lebih aman dan terhidar dari konsleting listrik yang mungkin bisa terjadi.

2. Selanjutnya siapkan jenis barang yang kecil seperti jarum maupun paper clip (penjepit kertas) yang diluruskan pada bagian ujungnya. Hal ini digunakan untuk bisa menjangkau tombol novo yang memang berada pada lubang yang sangat kecil.

3. Jika sudah, kemudian langsung saja masukkan jarum atau paperclip pada lubang tersebut. Tunggu beberapa saat hingga muncul menu opsi seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya.

4. Langkah terakhir yaitu pilih menu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita, apakah akan masuk ke menu Boot, BIOS, atau pemulihan sistem.

INGAT! sangat tidak disarankan untuk menggunakan potongan sapu lidi, karena meskipun bisa namun dikhawatrikan akan patah ketika proses penekanan sedang berlangsung.




Meskipun sangat mudah dan praktis, namun perlu diingat juga bahwa fitur novo button ini tidak semuanya ada di seri laptop Lenovo, terutama di model yang sudah lama.

Jadi jika tidak ada fitur ini, maka kita masih bisa mengakses menu serupa dengan cara menekan tombol Fn + F2 ketika proses booting sedang berlangsung.

Demikianlah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close