Cara Ubah Teks Tulisan menjadi File Suara untuk Video


Menjadi seorang content creator memang tidaklah sulit. Apalagi di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, membuat apapun yang kita inginkan dapat dilakukan menjadi lebih mudah, meski sebelumnya kita tidak memiliki suatu keahlian sama sekali di bidang tersebut.

Nah salah satunya yaitu jika kita ingin menjadi seorang video maker yang profesional. Dimana saat ini sudah banyak sekali tools maupun aplikasi pendukung yang dapat kita gunakan dalam membuat video dengan lebih mudah.

Hanya dengan memanfaatkan beberapa program software saja, kita sudah bisa langsung mengunggah hasil karya kita di platform media sosial seperti youtube maupun instagram.

Adapun salah satu tools yang mungkin berguna dan cukup diperlukan saat kita menjadi seorang creator video, yaitu berupa software voice over. Apa itu?

Jadi intinya dengan menggunakan tools ini, kita bisa mengubah sebuah tulisan menjadi suara, layaknya kita sedang membaca sebuah naskah tertentu.

Software seperti ini tentu akan sangat membantu sekali, terlebih jika kita memang tidak PD jika harus berbicara langsung dengan suara sendiri. Sehingga cara ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif yang patut untuk dicoba.

Nah jika kita ingin mengetahui cara menggunakannya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Membuat Suara Narator seperti Google dengan Aplikasi

Untuk bisa menggunakan suara seperti layanan speech google, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita gunakan. Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membuat cara yang paling simpel saja, yaitu dengan memanfaatkan tools dari gadget smartphone android.

1. Langkah pertama buka aplikasi PlayStore terlebih dahulu, lalu kita pasang aplikasi bernama AudioLab.

AudioLab app for android


2. Setelah proses instalasi telah selesai, kemudian buka aplikasi tersebut > lalu pilih menu Text to Speech.


Catatan: Saat pertama kali menggunakan aplikasi ini, mungkin kita akan disuruh untuk menyetujui beberapa perizinan sebelumnya. Kita cukup pilih izinkan saja.


3. Selanjutnya kita langsung tulis saja naskah yang ingin dibacakan, dengan cara mengetik pada kolom kotak yang sudah disediakan di bagian paling atas.



4. Jika sudah, lalu kita atur bahasa ke Indonesia. Kemudian untuk memilih gender suara laki-laki atau perempuan, kita bisa mengubah pada bagian menu Suara.



5. Selanjutnya jika ingin mengubah tinggi atau rendah nada suara, kita bisa mengatur pada bagian menu Pitch. Sementara untuk menaikkan atau menurunkan kecepatan dalam membaca, kita bisa atur pada bagian menu Kecepatan.



6. Setelah itu, lalu kita cek terlebih dahulu suara yang dihasilkan apakah sudah sesuai atau belum, dengan cara memilih icon play untuk mendengarkan hasilnya.

7. Langkah terakhir, jika semuanya sudah dirasa baik dan sesuai dengan apa yang diinginkan, langsung saja kita pilih download dengan memilih icon gambar nada > lalu pilih membuat.



Hingga langkah diatas, proses untuk membuat teks tulisan menjadi voice over pun telas selesai dilakukan.

Jika kita ingin menggabungkan dengan file video, maka kita bisa langsung menambahkannya melalui program software editing video seperti capcut, kinemaster, filmora, maupun adobe premiere pro.

Dengan menggunakan tutorial simpel ini, kita dapat lebih mudah membuat voice over untuk hasil karya kita di media sosial, meski tanpa belajar menjadi seorang narator profesional sekalipun.




Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara membuat voice over dari teks tulisan atau mengubah naskah tulisan menjadi suara seperti layanan Google.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Dan jika ada yang ingin ditanyakan, atau jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkah diatas, maka bisa langsung saja disampaikan di kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close