Cara Membuat Tabel untuk Postingan Blog (Praktis)


Tabel merupakan salah satu komponen yang biasa digunakan dalam menyajikan suatu data terpadu. Baik itu berupa data analisis, penelitian, laporan, survei, dan lain sebagainya.

Secara umum, tabel ini dibuat dalam bentuk kotak persegi serta terdiri dari beberapa bagian lain seperti baris dan juga kolom yang dipisahkan oleh garis vertikal dan horizontal.

Dimana jumlah baris dan kolom tersebut tentu akan tergantung dari banyaknya sumber informasi yang dimasukkan. Semakin banyak, maka bentuknya pun akan semakin panjang.

Nah ternyata tidak hanya bisa digunakan dalam laporan perusahaan atau penelitian yang bersifat ilmiah saja. Melainkan format tabel inipun, dapat juga dipakai untuk kebutuhan yang lebih sederhana, seperti contoh yaitu dapat dimanfaatkan pada saat kita sedang menulis artikel pada platform blog.

Adapun tujuan pembuatannya tersebut, yaitu agar dapat memudahkan kita ketika ingin menyampaikan informasi yang ditulis. Sebab dengan format table, informasi dari tulisan dapat terlihat lebih rapih, simpel, dan juga terstruktur.

Sehingga khusus bagi para pembaca atau pengunjung blogpun dapat menjadi lebih mudah untuk memahami semua maksud dari artikel yang di posting.

Disisi lain, penggunaan dari format inipun dianggap dapat membantu dalam memperbaiki SEO blog. Hal ini karena mesin pencari seperti Google, biasanya akan merekomendasikan web dengan tulisan yang memiliki informasi penyajian data yang lengkap seperti contoh penggunaan tabel ini.

Lalu bagaimana cara membuat format tabel di halaman blog/website?

Banyak orang mungkin berfikir bahwa untuk membuatnya itu sangat sulit dan merepotkan. Sebab kita harus mengerti dulu tentang html atau JavaScript. Namun sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan sangat simpel yang bisa kita lakukan untuk membuat bagan tabulasi ini.

Nah untuk mengetahui penjelasan yang lebih detail, maka langsung saja kita simak ulasan berikut.


Cara Praktis Membuat Daftar Tabel pada Blog

1. Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu ke halaman website tablesgenerator. Lalu setelah itu langsung saja kita pilih mode penulisan HTML.


2. Nah untuk mulai membuat tabel baru kita pilih menu "File" > lalu pilih "New table" > setelah itu masukkan jumlah Rows (jumlah kotak kebawah) dan Columns (jumlah kotak kesamping) yang diperlukan > jika sudah lalu pilih "Create".


3. Selanjutnya tinggal masukkan saja informasi data yang kita miliki di kotak baris/kolom yang tersedia dengan cara mengkliknya.


4. Jika sudah selesai, lalu selanjutnya kita bisa melakukan proses edit agar tampilannya dapat terlihat lebih menarik dan juga dinamis.

  • Untuk memberikan warna dan tampilan yang lebih baik kita bisa pilih menu Theme yang ada dibagian sebelah kanan atas.
  • Untuk menggabung dan memisahkan antar kolom atau baris, bisa menggunakan menu merge cell dan split cell.
  • Sementara untuk memberikan jarak antar huruf bisa masuk ke menu "Table" > "Cell spacing" > lalu tinggal geser dan atur pada bagian horizontal & vertical spacing.

Nah untuk fitur lainnya bisa anda coba sendiri sesuai dengan kebutuhan. Sementara untuk melihat hasilnya yang sudah jadi kita bisa melakukan klik pada menu "Preview".

5. Lalu agar hasilnya di blog dapat tampil dengan baik dan responsif di semua jenis gadget (PC, tablet maupun smartphone), maka kita bisa pilih menu "Make table responsive" yang terletak dibagian sebelah bawah.


6. Selanjutnya jika sudah selesai semuanya, lalu kita buat tabel dengan cara memilih menu "Generate" > lalu pilih "Copy to clipboard".


7. Nah agar tabel yang telah dibuat tadi ada di postingan blog, maka caranya yaitu kita masuk ke postingan baru > lalu pada tab menu yang ada dibagian kiri atas kita pilih "Tampilan HTML" > lalu langsung saja pastekan kode html yang telah di copy sebelumnya.


Hingga langkah diatas maka proses penerapan table di blog pun telah selesai dipasang. Selanjutnya kita hanya tinggal mempublikasikan artikel kita yang sudah jadi itu.

Baca Juga : Cara Mengetahui Artikel Blog sudah Terindeks atau Belum

Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara gampang dan praktis membuat menu tabel di halaman website tanpa perlu coding.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkahnya, maka bisa langsung saja disampaikan di kolom komentar yang telah tersedia di bagian bawah.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close