Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Baik dan Benar


Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara memilih asuransi kesehatan atau Askes. Ada satu pertanyaan yang mungkin sering orang tanyakan tentang masalah tersebut.

Pertanyaan itu seperti, Apakah askes itu memang penting? Haruskah kita memiliki perlindungan dalam hal kesehatan? Toh sampai hari ini saya jarang sekali sakit dan selalu sehat.

Nah bagi kalian yang punya pertanyaan semacam itu, ada satu hal yang perlu diketahui, bahwa dalam sebuah kehidupan tentu tidak ada yang tau secara pasti bagaimana nasib maupun takdir seseorang.

Termasuk kapan kita akan sakit, kapan kita sukses, dsb. Akan tetapi yang bisa kita lakukan adalah merencanakan sesuatu itu dengan sebaik-baiknya agar memiliki hasil yang baik pula.

Di sisi lain ada juga hal-hal yang tidak bisa kita kehendaki dan kita kendalikan, salah satu contohnya yaitu sakit yang diakibatkan karena berbagai macam penyakit.

Oleh sebab itu, karena kita tidak akan pernah tahu kehidupan dimasa depan itu akan seperti apa, maka tidak ada salahnya jika kita mulai memproteksi diri kita dari hal-hal yang tidak bisa dikendalikan serta diduga itu dengan sebuah produk asuransi.

Salah satunya ya produk askes ini yang bertujuan agar kesehatan kita dapat lebih terjamin terutama untuk masalah perawatan dan pengobatannya.

Lalu bagaimana cara agar kita bisa memilih perlindungan diri berupa jasa insurance yang benar?. Nah untuk mengetahuinya lebih jauh, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Ideal

1. Kenali setiap Produk dan Jangan Salah Pilih

Jadi hal utama sebelum kita memakai produk jasa keuangan ini, sebaiknya kenali dulu jenis perlindungan kesehatan yang akan kita gunakan.

Lalu setelah itu baru pelajari apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari suatu produk tersebut. Jikapun kita belum benar-benar mengerti, maka jangan segan untuk bertanya langsung ke kantor perusahaan terdekat.

Sebab banyak sekali jenis produk insurance di dalam satu perusahaan penyedia jasa. Contohnya saja seperti asuransi jiwa dan askes, dimana banyak orang yang beranggapan bahwa hal tersebut itu sama, padahal diantara keduanya itu tentu sangat berbeda.

Nah saat kita sudah merasa faham secara detail, barulah kita bisa langsung untuk mulai mendaftarkan program perlindungan yang sesuai dengan yang apa kita butuhkan.


2. Sesuaikan dengan Kebutuhan.

Layaknya membeli barang kebutuhan pokok, saat kita mulai memakai jasa insurance, pilihlah kategori atau plans yang sesuai dengan daya beli kemampuan kita. Dimana di setiap kategori biasanya memiliki nilai yang berbeda.

Jangan sampai premi atau biaya yang kita setorkan pada perusahaan asuransi tiap bulannya, dikemudian hari justru malah menjadi beban pengeluaran yang berlebih karena kita salah memilih paket.

Disamping itu perlu diingat juga, bahwa harga iuran yang mahal belum tentu baik dan juga bisa cocok dengan kondisi yang dibutuhkan oleh kita.


3. Fasilitas yang Didapat Harus Sesuai

Saat kita memilih satu jenis jasa perlindungan kesehatan tertentu, maka kita akan diwajibkan untuk membayar sejumlah premi sesuai dengan jenis dan plan yang kita pilih itu.

Nah saat kita sakit dan akan menggunakan claim askes, maka pastikanlah bahwa biaya perawatan yang dibayarkan kepada pihak rumah sakit nantinya harus sudah sesuai dengan besaran tagihan dan limit dari program asuransi yang kita miliki.

Selain itu fasilitas dan pelayanan perawatan yang kita dapat usahakan harus sesuai dengan kategori yang dipilih. Sehingga jangan sampai iuran premi yang dibayarkan rutin setiap bulan lebih besar dari fasilitas perawatan yang didapat.


4. Jumlah Penyakit yang Ter-cover

Salah satu pertimbangan yang paling penting saat kita akan memilih suatu jenis askes yaitu dari banyaknya jumlah penyakit yang bisa di cover. Sebab tidak semua jenis penyakit termasuk yang kronis tidak semuanya bisa ter-cover.

Biasanya karena ada dua alasan, pertama karena pihak dari perusahaan sendiri yang memang tidak meng-cover suatu jenis penyakit tertentu. Dan yang kedua karena adanya perbedaan kelas kategori atau plans asuransi yang diambil.

Sebab berbeda kategori yang diambil, biasanya akan ada beberapa jenis penyakit yang tidak bisa dicover.

Jadi pastikan kategori yang dipilih itu sesuai dengan penyakit yang pernah kita derita, sedang diderita, atau bisa juga dengan memilih paket kelas yang maksimal, sehingga semuanya bisa ter-cover sekaligus.

Baca Juga : Cara Buat dan Aktivasi Akun BSI Mobile Di Rumah

Nah itulah sedikit tips mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum kita mendaftar atau membuat perlindungan diri kita dengan menggunakan askes.

Semoga tips ini dapat menambah wawasan kita, dan bila yang ada yang ingin ditanyakan, maka bisa langsung saja disampaikan di kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close