Cara Hilangkan Today Yesterday Last Week File Explorer


File Explorer merupakan salah satu fitur yang bisa dibilang akan sering dipakai oleh kita sebagai pengguna PC dengan Sistem operasi (OS) berbasis Windows.

Bagaimana tidak, hampir semua jenis file, dokumen, maupun data lain ada di dalam program tersebut dan dapat diakses dengan cara membuka folder-folder yang telah dibuat. Jadi tidak heran, jika fitur pencari file ini memang seringkali disebut sebagai jantungnya dari sumber informasi data pada perangkat komputer kita.

Namun perlu diketahui juga, bahwa tampilan dari windows explorer ini biasanya akan mengalami sedikit perubahan saat perangkat kita telah melakukan update software OS. Baik itu perubahan pada fitur, maupun pengaturan default bawaan.

Nah inilah yang juga terjadi pada saya baru-baru ini. Dimana setelah melakukan proses update OS secara berkala dari versi 21H2 menjadi 22H2, kemudian tiba-tiba saja muncul beberapa perubahan minor pada tampilan yang sebelumnya tidak ada.

Adapun masalah yang dimaksud itu, yaitu mengenai pembagian kategori file explorer yang berdasarkan waktu (Sort by date modified). Memang secara umum kebanyakan orang pasti akan menggunakan pengelompokan file data atau dokumen berdasarkan dari tanggal terakhir diubah atau dimodifikasi.

Namun yang menjadi masalah yaitu adanya cluster file yang bertuliskan Hari ini, kemarin, minggu lalu, earlier this month, dsb, seperti dapat terlihat pada gambar dibawah ini.


Adanya tulisan tersebut bagi sebagian orang mungkin agak sedikit mengganggu karena belum terbiasa. Termasuk juga dengan saya pribadi yang merasa tidak nyaman dengan tampilan seperti itu.

Nah jika kalian pun memang merasa demikian, sebenarnya ada cara simpel yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan label tulisan tersebut.

Oleh karena itulah juga artikel ini sengaja dibuat, karena saya yakin belum semua orang mengetahui tips sederhana ini. Sehingga jika kalian memang merasa terganggu dengan format tampilan seperti itu, maka disarankan untuk membaca artikel ini samapi selesai.

Dan bagi yang ingin mengetahui caranya, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Hilangkan Tulisan Today, Yesterday, Last Week, Earlier this Year pada Windows Explorer

1. Langkah pertama tentu saja kita masuk terlebih dahulu ke program windows explorer.

2. Jika sudah lalu langsung saja buka folder yang ingin kita hilangkan label tulisan pada kategori sort berdasarkan waktu.

Misalnya saja di sini saya ingin mengubah pada folder download > film one piece.



3. Setelah itu pada bagian menu bar yang ada di bagian atas kita pilih saja "Sort" > lalu pilih "Group by" > lalu pilih "(None)".



Hingga langkah daiatas maka proses untuk remove kategori file berdasarkan waktu pun telah selesai dilakukan. Bagaimana ternyata mudah bukan?

Catatan : Disclaimer juga bahwa disini saya menggunakan versi Windows 11 dalam menjalankan tutorial kali ini.

Bagi pengguna versi selain ini, mungkin saja bisa terjadi sedikit perbedaan dalam setiap langkahnya, meskipun tentu tidak akan terlalu jauh berbeda. Dan saya sendiri coba di windows 10 kurang lebih caranya hampir sama.




Demikianlah artikel kali ini tentang cara mudah me-remove label tanggal waktu pada folder atau file di windows explorer.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimnegerti mengenai langkah-langkahnya, maka bisa langsung saja disampaikan di kolomm komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke blog ini, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

1 Comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

  1. saya suka blognya karena oplover salam one piece kelahiran 90an

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Contact Form

close