Cara Mencari Judul Lagu dengan Aplikasi Shazam


Mendengarkan musik mungkin sudah menjadi suatu kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang-orang saat ini.

Selain bisa dijadikan sebagai media untuk menghibur diri, musik pun banyak digunakan juga sebagai backsound pengiring dari berbagai macam konten yang ada di sosial media.

Misalnya saja saat kita membuka aplikasi seperti instagram, facebook, maupun tiktok, mungkin seringkali kita menemukan banyak video yang didalamnya terdapat latar cover lagu sebagai pengiringnya.

Di sisi lain dari suara backsound yang terdengar itu, beberapa diantaranya mungkin kita sukai dan mungkin juga membuat kita ingin mendengarkan versi lengkapnya.

Nah masalahnya tidak semua backsound yang ada di konten sosial media seperti itu mencantumkan nama penyanyi dan juga judul lagunya secara lengkap.

Sehingga saat kita ingin mencarinya di google kadangkala kita menjadi bingung karena mau menuliskan apa pada kotak pencarian browser.

Jika demikian, maka sebenarnya ada alternatif lain yang dapat dilakukan jika kita ingin mencari informasi mengenai sebuah lagu, terutama nama penyanyi dan judulnya.

Nah cara ini tidak usah ditulis lagi, melainkan cukup dengan mendengarkan sampel musik dari audionya saja maka kitapun sudah bisa tahu informasi mengenai penyanyi tersebut.

Lalu bagaimana caranya? Nah untuk mengetahui lebih detail mengenai hal tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Mencari Penyanyi dan Judul Lagu dengan Aplikasi Shazam

1.Langkah pertama kita pasang terlebih dahulu aplikasi bernama shazam yang bisa ditemukan di android PlayStore maupun iphone AppStore.


2. Setelah itu langsung saja buka aplikasinya, lalu tekan satu kali pada bagian logo yang berada posisi tengah.

Note : Saat pertama kali memakai tools ini, biasanya akan ada notifikasi tentang izin penggunaan. Kita cukup pilih saja opsi "saat aplikasi digunakan".

3. Lalu jika ada tanda simbol microphone berwarna hijau yang ada disebelah kiri atas dari layar Hape kita artinya aplikasi ini sudah aktif dan siap untuk digunakan.


4. Selanjutnya kita hanya perlu memutar lagu yang ingin dicari dengan masuk ke aplikasi tertentu di smartphone. Nanti shazam akan langsung otomatis mendeteksi suara yang sedang di play tersebut.

Sebagai contoh disini saya masuk ke aplikasi instagram, dan masuk ke menu reels yang terdapat suara musik audio. Dimana saya sendiri tidak tau judul lagunya apa.

5. Saat sudah teridentifikasi, maka dibagian atas layar smartphone nantinya akan ada notifikasi berupa nama penyanyi dan juga judul lagunya. Ternyata nama penyanyi dari suara yang didengar di reels itu adalah Joji dengan judul Glimpse of use. 


Lalu jika ingin mendengarkan lebih jelas musiknya, maka kita pun bisa langsung masuk ke shazam untuk memutar versi panjangnya. Namun kadangkala ada beberapa yang memang harus dibeli filenya.

Catatan : Saat proses pencarian berlangsung, usahakan jangan menggunakan earphone atau headset yang terpasang pada handphone. Hal itu karena sering membuat pencarian menjadi terkendala dan bahkan kadang bisa menjadi gagal ataupun error. Jadi lebih baik gunakan microphone bawaan dari smartphone saja.

Baca Juga : Cara Download Video Youtube Shorts ke Galeri HP

Demikianlah artikel kali ini tentang cara mengetahui judul lagu yang yang kita tidak tau penyanyi nya siapa dengan mudah.

Semoga tips kali ini dapat bermanfaat. Dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkahnya, maka bisa langsung saja disampaikan di kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terimakasih karena telah bersedia berkunjung ke blog ini. Sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close