Cara Daftar Akun untuk Menjadi Publiser Google News


Google News atau bisa juga disebut dengan google berita adalah sebuah layanan yang dibuat oleh google, dengan tujuan untuk menggabungkan berbagai macam informasi berita dari berbagai media atau website, untuk kemudian akan ditayangkan dalam satu portal berita terpadu.

Jadi singkatnya layanan ini yaitu berupa kompilasi berita dari banyak sumber yang ditampilkan dalam satu platform.

Adapun jenis berita yang ditampilkan ini bisa sangat beraneka ragam dari berbagai macam bidang yaitu bisa seputar dunia politik, ekonomi, sosial, budaya, teknologi, ilmu pengetahuan, kuliner, olahraga, dll.

Yang jelas informasi yang akan muncul di google news adalah berupa kumpulan berita yang paling sering dibaca dan paling terbaru dari suatu peristiwa.

Sebagai pengguna tentu kita dapat sangat diuntungkan dengan adanya platform satu ini, karena kita akan semakin lebih mudah dalam mengetahui suatu informasi terutama seputar berita yang sedang trending di suatu wilayah negara.

Di sisi lain, hal ini juga dapat menguntungkan bagi mereka para content writer yang biasa bekerja menulis pada halaman sebuah website. Ini karena dengan adanya layanan ini, maka website yang mereka kelola bisa tiba-tiba saja memiliki traffic tinggi dalam waktu yang singkat.

Nah hal inilah yang kemudian sering dimanfaatkan bagi kita sebagai seorang writer atau penulis blog. Karena selain bisa membuat website atau blog kita menjadi terkenal, cara inipun dianggap dapat menghasilkan cuan yang lumayan besar, jika memang halaman web kita telah dimonetisasi sebelumnya.

Lalu bagaimana cara agar blog kita bisa ditampilkan di halaman google news?

Nah untuk bisa melakukan hal tersebut, maka langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu dengan cara mendaftarkan blog maupun website kita ke layanan tersebut sebagai publiser dari portal google news.

Adapun untuk mengetahui langkah-langkah tersebut, maka langsung saja kita simak tutorial lengkapnya di penjelasan berikut ini.


Cara Registrasi agar Akun Blog Terdaftar di Google News

1. Langkah pertama kita kunjungi terlebih dahulu halaman google news publiser center tersebut.

2. Lalu pilih iconn + pada menu "Others Publications" yang ada disebelah kanan atas > setelah itu baru kita isi dengan identitas dari nama website atau blog kita.


Jika sudah jangan lupa untuk mencentang kotak kecil sebagai pernyataan setuju > baru kemudian pilih "Tambah publikasi".


3. Selanjutnya kita pilih menu "Open" > lalu pilih "Edit" > kemudian isi beberapa informasi dasar seperti kategori publikasi dan negara. Jangan lupa verifikasi dulu kepemilikan situs dengan melakukan klik pada opsi "Buka setelan publikasi".


Lalu atur bahasa utama, lokasi, dsb. Sementara untuk bagian "URL properti situs lainnya" bisa diisi dengan alamat blog kita atau bisa dikosongkan. Sementara untuk bagian "kontak" bisa diisi dengan alamat email.

Agar blog bisa terverifikasi, maka kita bisa menghubungkannya dengan Google search console (GSC).

Jika sudah lalu pilih "Simpan" yang ada dibagian kanan atas > lalu pilih menu "Berikutnya" yang ada dibagian paling bawah.


4. Selanjutnya di menu "Gaya Visual" kita cukup upload 3 gambar logo dari website kita yang berbentuk persegi, persegi panjang, serta versi tema gelap.

Sedangkan pada bagian opsi "Font yang diupload" boleh di skip saja tidak usah diubah. Jika sudah lalu pilih "Simpan".


5. Kemudian kita pilih "kembali" lalu pilih menu "Setelan Organisasi" > selanjutnya isi nama organisasi dengan nama blog kita > lalu pilih simpan.

Selanjutnya klik izin pengguna > pada opsi pilih akun organisasi cukup pilih blog kita > lalu simpan



6. Jika sudah lalu kita kembali kebagian menu dashboard utama dulu dengan pilih "Google Berita" yang ada disebleh kiri atas > pilih "Edit" > lalu klik "Setelan Konten".

Pada menu tersebut ada beberapa yang harus diisi yaitu Rubrik dan Grup Akses. Pada Rubrik kita bisa pilih "Rubrik baru" > lalu pilih "Feed". Dibagian URL feed RSS atau Atom bisa diisi dengan alamat berikut

  • Untuk Blogspot :
https://www.namabloganda.com/feeds/posts/default
atau

https://www.namabloganda.com/feeds/posts/default?alt=rss

  • Untuk Wordpress :

https://namabloganda.com/feed

 

Tulisan namabloganda berwarna biru bisa diubah dengan nama domain web kita. Jika sudah lalu pilih "Tambahkan".


7. Sementara itu, untuk menu Grup Akses, bagian nama grup bisa diisi bebas > lalu untuk bagian pegguna bisa diisi dengan alamat email kita.


Jika sudah lalu pilih "Simpan" > lalu pilih "Berikutnya".

8. Setelah itu kita tinggal meminta peninjauan pada pihak google agar disetujui dengan cara pilih "Tinjau" > terakhir lalu pilih "Publikasikan".

Jika sudah maka status pada dashboard utama akan ada tulisan sedang ditinjau.

Catatan : Jika saat menekan tombol tinjau kita diarahkan ke menu sebelumnya, berarti kemungkinan ada yang salah dalam proses isi datanya.

Namun jika kita merasa yakin sudah benar mengenai data yang sudah diisi, maka kita bisa coba reload atau refresh halaman tersebut, baru kemudian pilih tinjau atau publikasikan.

Lalu apa tanda atau ciri jika website atau blog kita sudah diterima oleh google news?

Berbeda dengan adsense yang biasanya ada notifikasi pemberitahuan melalui alamat email saat sudah diterima. Maka jika pada google news ini, tidak ada pemberitahuan demikian.

Melainkan kita bisa mengeceknya secara langsung di dashboard google news. Cirinya yaitu dengan melihat perubahan status dari yang sebelumnya sedang ditinjau, maka jika sudah diterima akan berubah menjadi sedang tayang.


Demikanlah artikel kali ini tentang tutorial mudah membuat akun google news dari awal step by step.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkahnya, maka bisa langsung saja disampaikan di kolom komentar yang telah disediakan dibagian paling bawah.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close