Cara Menghilangkan Double Spasi di Microsoft Word

Saat kita sedang membuat tulisan di perangkat digital seperti komputer, pastinya kita akan sering menggunakan tombol space atau spasi dalam melakukan proses mengetik. Tujuannya pun sudah jelas, yaitu agar tulisan dapat dibaca dengan mudah dan juga dapat terlihat lebih rapih.

Hal ini karena memang tombol spasi ini memiliki fungsi yaitu untuk memisahkan satu kata dengan kata lainnya dengan cara membuat ruang diantara kata tersebut. Yah, bisa dibilang hampir semua orang pun mungkin sudah paham mengenai masalah tersebut.

Nah kemudian ada juga istilah yang disebut dengan double spasi. Apakah itu?

Jadi double space adalah suatu kondisi dimana saat kita sedang mengetik di komputer, posisi jarak antara satu kata dengan kata lainnya terlalu jauh. Ini bisa diakibatkan karena penggunaan tombol spasi yang terlalu banyak.

Kejadian seperti ini biasanya sering terjadi saat kita mengetik di program Office Microsoft Word.

Adapun penyebabnya bisa karena tombol spasi di keyboard kita memang sudah rusak, atau bisa juga karena kita mencopy file dari ekstensi yang berbeda. Misalnya saja file dari format pdf lalu di copy menjadi file doc, maka hal ini biasanya akan membuat ruang menjadi renggang alias spasi ganda.

Lalu bagaimana cara mengatasi spasi ganda saat kita mengetik di aplikasi Microsoft word? Nah untuk mengetahui hal tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Mengubah Double Spasi atau Lebih Menjadi Hanya Satu Spasi di Dokumen Microsoft Word

1. Langkah pertama kita buka terlebih dahulu file atau dokumen word yang ingin kita edit.

2. Kemudian untuk memastikan bahwa tulisan tersebut benar-benar mempunyai spasi yang double, maka kita bisa cek terlebih dahulu dengan cara memilih menu "Home" > lalu pilih icon ¶ (seperti huruf p tapi terbalik).

Hasilnya maka akan muncul tanda titik, dimana setiap satu titik mewakili 1 spasi. Jadi jika ada tiga titik berarti diantara kata tersebut terdapat 3 kali space.

3. Jika memang benar terindikasi memiliki beberapa spasi sekaligus, maka langkah selanjutnya kita cukup pilih lagi menu "Home" > lalu pilih menu "Replace", yang biasanya ada dibagian sebelah kanan.


4. Jika sudah maka akan muncul kotak menu baru. Pada kotak menu tersebut kita cukup memasukkan beberapa isian, yaitu pada bagian menu "Find What" kita isi dengan kode berikut :

Kode 1
( ){2;}

Kode 2 
( ){2,}

Disini kita cukup pilih kode 1 saja. Kode 2 hanya untuk jaga-jaga saja jika kode 1 tidak berhasil.

Sementara itu pada bagian menu "Replace with" kita isi dengan kode berikut :

Kode 3 
\1

Agar lebih mudah, sebaiknya langsung di copy saja simbolnya. Jika sudah lalu pilih "More".


5. Setelah itu lalu berikan tanda ceklis atau centang pada menu "Use Wildcards". Jika sudah lalu pilih menu "Replace All".


Jika berhasil maka hasilnya akan muncul tulisan "All done. We made...... replacement".

Sebaliknya jika gagal maka akan muncul tulisan "The find What text contains a pattern match expression which is not valid".

Seandainya gagal, maka kita bisa menggunakan Kode 2 tadi untuk diisi dibagian menu "Find What".

Adapun kegagalan ini biasanya bisa terjadi karena kita menggunakan program Microsoft word versi yang berbeda dengan yang digunkan pada tutorial ini.

Jika sudah berhasil, maka otomatis penggunaan spasi pun akan berubah menjadi hanya satu saja diantara kata yang ada.

Baca Juga : Cara Hilangkan Garis Bawah Merah di Microsoft Word

Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara menghilangkan spasi double atau ganda di program office Microsoft Word.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang belum dimengerti atau jika ada suatu hal yang ingin ditanyakan. Maka bisa langsung disampaikan saja di kolom komentar yang telah tersedia di bagian paling bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah berkenan mengunjungi blog ini, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close