Cara Ubah Tingkat Refresh Rate Monitor PC/Laptop Windows

Refresh rate atau kecepatan refresh tampilan, merupakan cara yang digunakan dalam menghitung seberapa banyak gambar yang di-refresh (diperbaharui) pada layar monitor dalam satu detik.

Adapun satuan hitungnya yaitu Hz, jadi jika kita menemukan layar monitor dengan tulisan 120Hz, itu artinya layar tersebut dapat memperbaharui gambar sebanyak 120 kali dalam satu detik.

Semakin besar angka Hz yang tertera, maka kecepatan refresh suatu monitor akan semakin cepat, dan hal itu akan membuat semakin mulus pula gerakan yang ditampilkan pada layar.

Apakah layar monitor dengan memiliki refresh-rate tinggi itu sudah pasti bagus? Jawabannya tentu saja tergantung dengan kebutuhan kita, karena refresh-rate yang tinggi belum tentu sesuai dengan kebutuhan kita.

Misalnya saja saat kita sedang bermain game e-sport yang memerlukan banyak aksi pergerakan yang sangat cepat, maka sudah pasti layar dengan refresh rate tinggi mutlak sangat diperlukan.

Karena dengan semakin tinggi tingkat Hz, maka hal itu akan membuat pengalaman bermain game menjadi lebih nyaman untuk dimainkan. Gambar yang ditampilkan pun tidak akan terlihat patah-patah dan akan tetap mulus.

Sebaliknya jika kita lebih banyak menggunakan layar monitor untuk pekerjaan ringan yang tidak perlu membutuhkan kecepatan refresh tinggi seperti hanya menonton film saja, maka kecepatan memperbaharui layar dengan tingkat 60Hz saja sudah dirasa sangat mencukupi.

Terlebih semakin kecil tingkat Hz, hal itu sebenarnya dapat membantu dalam menghemat daya listrik yang terpakai, dan begitu pula sebaliknya.

Oleh karena itu, penggunaan refresh rate yang benar tentu perlu dipertimbangkan saat kita menggunakan perangkat PC komputer maupun laptop. Agar daya listrik/baterai dapat dipakai se-efisien mungkin tergantung dengan kebutuhan.

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara untuk mengubah kecepatan refresh-rate di layar monitor secara manual khusunya bagi pengguna sistem operasi Windows.

Dan untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut.


Cara Mengganti Refresh Layar Monitor Komputer pada OS Windows

1. Langkah pertama kita masuk ke tampilan menu dengan menekan tombol start / tombol windows > lalu setelah itu kita masuk ke menu "Settings" atau menu "Pengaturan".


2. Jika sudah maka akan muncul kotak jendela baru, disini kita pilih menu "System" > lalu pilih menu "Display".


3. Selanjutnya kita pilih menu "Advanced Display" > lalu setelah itu pada menu "Choose a Refresh Rate" kita klik, kemudian ganti sesuai dengan tingkat refresh-rate yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan kita.


Saat penggunaan ringan maka kecepatan 60Hz sepertinya sudah dirasa cukup. Namun jika untuk penggunaan berat seperti saat sedang bermain game, maka bisa dipilih kecepatan maksimal seperti 140Hz atau diatasnya jika monitor kita memang mendukung lebih dari itu.

Lalu bagaimana jika pilihannya hanya ada 60Hz saja? Itu artinya bahwa layar monitor yang sedang dipakai oleh kita hanya mendukung kecepatan itu saja tanpa bisa diubah ke tingkat yang lainnya. Jadi lebih baik biarkan saja seperti itu.

Catatan : Jika kita melihat kata "dinamis" di samping tulisan tingkat kecepatan refresh. Maka artinya layar monitor yang sedang digunakan tersebut dapat meningkatkan kecepatan refresh-rate secara otomatis, tergantung dari program software maupun aplikasi yang sedang dijalankan.

Ini bermanfaat terutama untuk membantu dalam menghemat baterai maupun daya listrik. Serta dapat memberikan pengalaman yang lebih nyaman tanpa perlu bolak-balik untuk mengubah refresh rate secara manual. Namun fitur dinamis ini biasanya hanya ada di jenis monitor maupun tipe laptop tertentu saja.


Demikianlah artikel kita kali ini mengenai cara mengatur tingkat kcepatan refresh rate monitor. Semoga aertikel ini dapat bermanfaat.

Dan jika ada yang belum dimengerti atau jika ada yang ingin ditanyakan, maka bisa lansung menyampaikannya di kolom komentar yang telah tersedia dibagian bawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih, dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam, No Link Aktif !

Previous Post Next Post

Contact Form

close
close