Cara Nyalakan Fitur Always on USB Laptop Lenovo


Kita tahu bahwa perangkat laptop saat ini dibuat bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan komputasi atau mengolah data pada umumnya seperti kegiatan mengetik, bermain game, atau menjalankan aplikasi-aplikasi berat lainnya saja.

Melainkan lebih dari itu, laptop zaman sekarang sudah banyak dibekali dengan berbagai macam fitur-fitur yang bahkan tidak ada hubungannya dengan kegiatan komputasi semata, malah beberapa fitur tersebut ada yang dibuat lebih kepada untuk mendukung dari segi kepraktisan suatu gadget.

Salah satunya yaitu fitur pada perangkat laptop yang dapat digunakan sebagaimana layaknya sebuah powerbank.

Ya, beberapa laptop kekinian memang sudah ada yang bisa melakukan hal itu, sehingga memungkinkan kita dapat mengisi daya smartphone langsung dari perangkat laptop, tanpa perlu repot untuk menghubungkannya lagi ke stop kontak daya listrik.

Ini tentu dapat membuat kita menjadi semakin praktis lagi, terutama saat kita ingin beraktivitas di luar ruangan.

Lalu bagaimana cara melakukan hal tersebut? Tentu saja setiap brand dari masing-masing laptop memiliki cara yang berbeda untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut.

Adapun pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas tentang cara menjalankan fitur untuk charge to smartphone ini di satu brand saja, yaitu tepatnya pada perangkat laptop Lenovo.

Pada brand Lenovo, fitur ini biasa disebut dengan Always on USB. Singkatnya dengan fitur ini kita dapat mengisi daya perangkat ponsel atau tablet kita melalui konektor USB di laptop, saat komputer dalam mode tidur, hibernasi, atau mati.

Tapi tentu saja tidak semua tipe laptop bisa melakukannya. Hanya laptop yang memiliki simbol konektor usb tertentu saja yang dapat menjalankan fitur always on USB ini. Itupun tentu kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

icon always on usb

Maka dari itu artikel ini sengaja dibuat, karena saya yakin belum semua orang mengetahui cara ini. Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Aktifkan Fitur Always on USB untuk Bisa Cas Smartphone dengan Laptop Lenovo

Disclaimer : Sekali lagi saya sampaikan, bahwa sebelum menjalankan fitur ini sebaiknya kita cek terlebih dahulu apakah laptop kita mendukung atau tidak. Caranya yaitu dengan melihat pada bagian port USB, apakah terdapat simbol always on usb seperti gambar diatas atau tidak.

Karena meskipun fitur ini ada di laptop kita, namun jika pada bagian perangkat hardware (dalam hal ini Port USB) kita tidak mendukung, maka fitur inipun tidak akan bisa dijalankan sama sekali.

1. Langkah pertama kita masuk ke program software bernama Lenovo Vantage.

Jika kita menggunakan perangkat laptop paling baru biasanya kita bisa mengaksesnya langsung dengan cara menekan tombol insert pada keyboard (cirinya pada tombol insert tersebut harus terdapat icon "smart key" .

2. Jika sudah maka akan muncul program tersebut, lalu kita cukup pilih menu "Device" > lalu pilih "Power".



3. Selanjutnya kita cari menu bernama "Power Settings" > lalu kita pilih "Expand" pada bagian sebelah kanan di menu tersebut.



4. Jika sudah lalu disini kita cukup aktifkan menu "Always on USB", jangan lupa juga centang pada bagian menu "Enable USB charging from...".



Hingga langkah diatas maka fitur untuk mengecas smartphone dengan menggunakan laptop lenovo pun telah selesai dilakukan.


Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara mengaktifkan fitur always on usb untuk mengisi daya perangkat ponsel.

Semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat, dan bila ada yang belum dimengerti atau bila ada yang ingin ditanyakan, maka bisa langsung bertanya di kolom komentar yang telah disediakan dibagian paling bawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close