Cara Split Screen Tampilan Layar di Komputer Windows


Perangkat PC komputer zaman sekarang memang sudah tidak diragukan lagi soal performa yang dimilikinya. Dari mulai perangkat kelas entry level hingga kelas high end, hampir semuanya boleh dikatakan sudah cukup baik untuk dapat menjalankan berbagai macam tugas-tugas maupun program ringan.

Bahkan di kelas entry level pun, saat ini beberapa diantaranya sudah ada yang bisa dipakai untuk memainkan beberapa program berat seperti saat bermain game maupun untuk kebutuhan content creator ringan.

Nah satu hal yang juga tidak boleh ketinggalan saat sedang mengoperasikan komputer yaitu mengenai penggunaan multitasking. Multitasking sendiri merupakan kegiatan dalam membuka dan menjalankan beberapa program maupun aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Dengan cara ini membuat kita dapat dengan mudah berpindah ke berbagai aplikasi, tanpa perlu repot untuk menutup kemudian membuka lagi aplikasi yang masih ingin digunakan.

Berdasarkan performa PC seperti yang ada sekarang ini, kita setidaknya dapat dengan mudah membuka banyak aplikasi sekaligus, bahkan bisa lebih dari 4 program yang berjalan. Tidak hanya itu saja, saat inipun kita bisa juga untuk menampilkan dua aplikasi sekaligus pada satu monitor yang sama.

Istilah tersebut sering disebut sebagai fitur split screen yaitu proses membagi tampilan layar monitor agar bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan. Jika dengan melakukan restore down, maka biasanya aplikasi yang dibuka akan menjadi lebih kecil.

Sementara dengan menggunakan fitur split screen ini maka tampilan aplikasi justru akan dibagi sama besar antara sisi kanan dengan sisi kiri. Sehingga dengan memanfaatkan fitur ini membuat kitapun dapat tetap nyaman serta lebih maksimal dalam menjalankan kegiatan multitasking.

Lalu bagaimana cara menampilkan layar split tersebut? Nah sebenarnya terdapat dua cara yang bisa digunakan untuk membuat layar menjadi terbagi dua. Dan untuk mengetahuinya maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Membagi Dua Tampilan Layar Komputer (Split Screen)

Menggunakan Tombol Shortcut

1. Langkah pertama kita terlebih dahulu buka satu aplikasi maupun program di perangkat PC. Sebagai contoh kita disini membuka aplikasi browser google chrome.

2. Setelah dibuka lalu kita pindahkan aplikasi tersebut ke sebelah kiri layar. Cara melakukannya yaitu cukup dengan menekan tombol "Windows + tombol kursor panah kiri" secara bersamaan di aplikasi yang sedang dibuka tersebut.

Jika sudah maka tampilan browser pun akan berada di setengah bagian sebelah kiri monitor.



3. Selanjutnya kita buka aplikasi kedua. Sebagai contoh disini kita menjalankan aplikasi Microsoft Office Word.

4. Jika sudah lalu kita pindahkan aplikasi MS. Word ke setengah bagian sisanya yang berada di sebelah kanan. Caranya pun hampir sama yaitu cukup tekan tombol Windows + tombol kursor panah kanan secara bersamaan.



Hingga langkah diatas maka proses split screen pun telah selesai dilakukan dan 2 aplikasi dapat ditampilkan dalam satu layar monitor secara bersamaan seperti gambar diatas.


Cara Lebih Praktis

Dengan menggunakan cara ini hasil yang didapat sebenarnya sama dengan cara pertama, namun memiliki langkah yang jauh lebih praktis lagi.

1. Pertama kita cukup buka satu aplikasi. Setelah itu langsung saja kita tarik aplikasi tersebut kebagian sebelah kiri hingga mentok kebagian ujung layar sebelah kiri. Maka otomatis aplikasi akan berpindah disetengah bagian kiri.



2. Selanjutnya kita buka aplikasi kedua, lalu lakukan langkah yang sama, perbedaannya kita hanya menarik / menggeser aplikasi ke arah berlawanan yaitu ke bagian sebelah kanan.


Hingga langkah diatas tadi, maka proses pembagian tampilan layarpun sudah berhasil dilakukan.




Bagaimana mudah bukan? Jadi sekarang proses multitasking di perangkat PC pun dapat dilakukan dengan lebih nyaman tanpa perlu bolak-balik melakukan minimize maupun bolak-balik membuka menu pada taskbar lagi.

Selain itu dengan cara inipun kita dapat melakukan dua aktivitas berbeda sekaligus, seperti mengetik di satu sisi dan menonton film di sisi lainnya.

Demikianlah artikel kali ini mengenai cara melakukan Split Screen pada layar monitor komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di postingan lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close