Cara Mudah Menggunakan VPN di Smartphone Android

Virtual Private Network atau yang lebih dikenal dengan sebutan VPN merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam menjalankan jaringan internet yang lebih aman dan nyaman dengan tetap menjaga privasi dari para penggunanya.

Adapun secara pengertian VPN adalah koneksi yang menghubungkan ke jaringan internet, dimana dalam mengakses ke jaringan internet tersebut, jaringan client (pengguna) tidak langsung menuju server yang dituju melainkan terlebih dahulu dialihkan ke server VPN, baru setelahnya diizinkan untuk langsung dapat mengakses ke server tujuan.

Dengan cara ini identitas dari pengguna, seperti IP umumnya tidak akan langsung dapat diketahui karena telah menggunakan identitas dari server VPN. Sehingga client atau pengguna pun dapat mengelabui seolah-olah berasal dari pengguna luar tergantung dari negara server yang sedang digunakan.

Selain mengalihkan, didalam sistem VPN pun terdapat jalur khusus yang bersifat pribadi dan bertugas untuk mengamankan identitas dan data penting lainnya dari client menggunakan sebuah kode enkripsi. Tidak hanya itu saja, sebenarnya masih banyak fungsi dan manfaat dari penggunaan jaringan pribadi tersebut.

Saat ini pemakaian server VPN pun tidak hanya untuk perangkat PC komputer saja, melainkan sudah bisa juga diterapkan pada perangkat mobile seperti misalnya pada perangkat smartphone android maupun ios.

Nah adapun pada kesempatan kali ini akan dibahas secara khusus mengenai cara menggunakan virtual private network pada perangkat smartphone Android saja. Dan untuk mengetahui caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Memasang Fitur VPN di Smartphone Android

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan sistem VPN ini di perangkat ponsel.

Namun salah satu cara yang paling mudah, praktis dan tidak ribet yaitu dengan hanya memanfaatkan fitur dari pihak ketiga berupa aplikasi yang dapat langsung dipasang di ponsel pintar kita. Adapun langkah-langkahnya adalah sbb :

1. Langkah pertama kita cukup download aplikasi bernama Ultimate VPN yang bisa didapatkan secara gratis di aplikasi playstore. Jika sudah lalu kita install aplikasi tersebut.


2. Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan kita bisa langsung menyalakan atau mengaktifkannya dengan cara melakukan tap satu kali di icon tombol power. Tunggu beberapa saat dan VPN pun bisa langsung berjalan secara otomatis.


Catatan :

Jika server yang ada dirasa masih lambat, maka kita dapat menggantinya memakai server lain dengan cukup memilih menu "select location" > pilih "free server" > dan lalu pilih server negara yang kita inginkan.

Direkomendasikan menggunakan server dari negara Canada, France, Germany, atau server United Kingdom untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal.

Namun jika kecepatan yang ada dianggap masih kurang cepat juga, maka pilihan terakhir mungkin kita bisa menggunakan fitur server premium yang sangat direkomendasikan karena memiliki akses kecepatan yang paling maksimal.

Akan tetapi agar bisa mendapatkan fasilitas tersebut, maka kitapun perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menyewa server pribadi tersebut secara berkala.




Demikianlah artikel kali ini tentang Cara menggunakan sistem VPN di perangkat smartphone Android. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close