Cara Mematikan Fitur Mode Terbatas Youtube

Pernahkah kita mengalami kondisi dimana Kolom Komentar di akun Youtube menghilang dan tidak bisa diakses?

Selain itu kitapun tidak bisa melihat lagi kolom komentar dan tidak bisa membalas pesan komentar yang ada. Melainkan hanya terdapat tulisan seperti ini : "Komentar untuk video ini telah disembunyikan oleh mode terbatas".

Jika iya dan kita telah mengalami kondisi diatas, maka sebenarnya kita telah masuk kedalam fitur yang disebut dengan restricted mode. Apa itu?

Jadi restricted mode atau bisa disebut juga dengan mode terbatas adalah suatu fitur yang dapat digunakan dalam akun Youtube untuk membatasi dan menyembunyikan konten-konten yang dianggap mengandung unsur dewasa atau konten video yang tidak layak untuk ditonton.

Misalnya saja video dengan memperlihatkan senjata tajam, adegan kekerasan, ucapan dengan kata-kata kasar, atau adegan mengekspos bagian tubuh yang sensitif.

Fitur ini sebenarnya sangat disarankan bagi kita yang menonton video youtube di satu perangkat gadget yang sama dengan yang digunakan oleh anak dibawah umur seperti misalnya anak kita.

Jadi dengan diaktifkannya fitur ini, diharapkan dapat menghindarkan anak-anak dari berbagai tontonan yang tidak mendidik dan juga pengaruh negatif lainnya yang mungkin saja bisa didapatkan pada saat mereka sedang melihat konten video di salah satu channel youtube.




Namun terkadang fitur ini justru tidak sengaja teraktifkan oleh kita pengguna yang sudah mencukupi umur.

Padahal jika fitur ini aktif, maka biasanya ada hal-hal tertentu yang dihilangkan tidak seperti pada saat mode ini di nonaktifkan. Salah satunya yaitu fitur kolom komentar yang bisa menjadi tersembunyi seperti contoh kasus yang telah disebutkan diatas.

Nah jika hal ini terjadi, dan kita tidak tahu cara mematikan fitur tersebut. Tenang saja, karena pada artikel kali ini kita akan memberitahu tentang cara mengatasi jika adanya tulisan mode terbatas ini di kolom komentar.

Dan untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Menonaktifkan Mode Terbatas (Restricted Mode) di Channel Youtube

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan dalam mengaktifkan atau menonaktifkan fitur satu ini, yaitu pertama bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat PC komputer/laptop dan cara kedua yaitu dapat dilakukan langsung di aplikasi youtube yang ada pada perangkat smartphone kita.

Adapun kedua cara tersebut adalah sbb :


Cara Menonaktifkan Melalui PC Komputer atau Laptop

1. Kunjungi website youtube yang telah login dengan akun kita melalui PC desktop atau laptop. Setelah itu pilih menu akun profil yang berada di sebelah pojok kanan atas.


2. Selanjutnya pilih menu "mode terbatas" yang berada di bagian paling bawah menu.


3. Langkah terakhir kita klik bilah menu yang ada kesebelah kiri, hingga menjadi berwarna abu-abu.


Hingga tahapan diatas, maka cara mematikan fitur inpun telah berhasil dilakukan.


Cara Menonaktifkan Melalui Smartphone

1. Langkah pertama kita buka aplikasi youtube pada smartphone, lalu pilih menu akun profil yang berada di bagian sudut kanan atas.


2. Selanjutnya kita pilih menu "Setelan" > lalu pilih menu "Umum".


3. Scroll kebawah dan pada bagian menu "mode terbatas" kita geser atau tap bilah tombol ke arah kiri sehingga menjadi warna abu-abu dari sebelumnya yang berwarna biru.


Hingga langkah tersebut maka proses menonaktifkan telah selesai dilakukan.

Namun terkadang ada kondisi dimana bilah menu tersebut tidak bisa diubah sama sekali, dan hanya terdapat tulisan seperti berikut : "Diaktifkan oleh administrator jaringan .... dst".


Nah jika terjadi demikian, ternyata masalah itu bisa disebabkan karena jaringan internet yang kita gunakan telah memproteksi dan tidak mengizinkan pengguna internet di jaringan tersebut untuk mengubah atau menonaktifkan fitur ini.

Sehingga jika hal tersebut memang terjadi, maka satu-satunya cara yang dapat kita lakukan yaitu dengan memasang jaringan VPN di perangkat komputer maupun gadget smartphone kita.

Bagi pengguna perangkat mobile mungkin kita bisa membaca artikel tentang cara menggunakan VPN di perangkat smartphone untuk mengatasi masalah tersebut.




Bagaimana mudah bukan? Dengan memanfaatkan tips-tips diatas dijamin kolom komentar pada video youtube yang tadinya hilang dapat muncul kembali seperti semula.

Selain itu dengan cara ini pula, beberapa filter lain yang mungkin tidak dikehendaki dapat segera diatasi, sehingga kitapun dapat menonton video youtube dengan normal kembali tanpa perlu khawatir adanya gangguan lagi.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Menonaktifkan Mode Terbatas di aplikasi dan website youtube. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close