Cara Membuat Tampilan Recent App HP Xiaomi Menjadi Blur

Sebagai pengguna smartphone, pastinya kita sering melakukan kegiatan multitasking yaitu membuka banyak sekali aplikasi pada perangkat smartphone secara bersamaan dalam waktu yang sama.

Ketika kita ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain, biasanya cara umum yang dilakukan yaitu dengan masuk ke tampilan menu recent apps smartphone guna memilih aplikasi yang diinginkan untuk dibuka.

Apa itu recent app? Recent app sebenarnya merupakan sebuah pratinjau tampilan berupa gambar kecil dari aplikasi-aplikasi yang sedang kita buka atau aplikasi yang sedang aktif dilatarbelakang.

Fungsi dari fitur recent app ini tentu bertujuan agar memudahkan para user smartphone untuk berpindah maupun membuka aplikasi yang telah dibuka sebelumnya secara lebih cepat.

tampilan recent app

Di ponsel Xiaomi untuk bisa mengakses pratinjau aplikasi yang baru saja digunakan atau recent app ini yaitu dengan cara menekan tombol recent yang biasanya berada di sebelah kiri dari tombol navigasi.

Sementara itu jika kita menggunakan mode full gesture di model smartphone varian yang lebih baru, maka cara untuk bisa mengaksesnya yaitu dengan melakukan swipe alias menggeser layar dari bagian bawah ke atas lalu kemudian tahan untuk beberapa saat.

Meskipun terbilang sangat membantu, namun fitur ini bagi orang yang sangat menjaga sekali privasi terkadang dianggap masih kurang keberadaannya. Hal ini bisa terjadi karena tampilan recent app secara default biasanya masih memungkinkan untuk dapat terlihat oleh orang lain pada saat diakses, dan hal itu tentu akan sedikit membuat risih bagi para penggunanya.

Nah jika demikian, maka tenang saja karena untuk mengatasinya kita masih dapat membuat tampilan dari pratinjau aplikasi yang baru saja dibuka (recent app) tersebut menjadi blur.

Sehingga membuat tampilan gambar kecil menjadi tidak terlihat jelas dan kita pun dapat tetap nyaman untuk membuka tampilan recent app meski kita berada di tengah keramaian sekalipun.

Dan untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatur Pratinjau Aplikasi Hp Xiaomi Menjadi Blur

1. Langkah pertama kita masuk ke menu setting atau menu setelan telepon di smartphone Xiaomi.

2. Setelah itu kita cari dan pilih menu "Aplikasi" "Kelola aplikasi", lalu selanjutnya kita masuk ke dalam aplikasi yang ingin kita buat blur pratinjau aplikasinya.


3. Langkah berikutnya untuk membuat tampilan pratinjau dari satu aplikasi menjadi blur yaitu kita cukup aktifkan menu "pratinjau aplikasi blur" dengan melakukan tap atau menggeser bilah menu ke arah sebelah kanan (menjadi berwarna biru).


4. Hasilnya adalah seperti terlihat pada gambar berikut, tampilan atau pratinjau dari aplikasi menjadi terlihat blur dan tidak bisa terlihat.

recent app menjadi blur

Ulangi langkah-langkah diatas untuk membuat pratinjau blur di aplikasi yang lainnya.


Cara Pintasan Cepat

Sebenarnya terdapat juga cara yang lebih mudah dan praktis dalam membuat tampilan recent app ini menjadi blur. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Pertama kita masuk ke tampilan menu recent app (dengan cara menekan tombol recent yaitu tombol paling kiri di menu navigasi).

2. Selanjutnya tekan lalu tahan beberapa saat di aplikasi yang ingin kita ubah menjadi blur pratinjau aplikasinya.

3. Pilih icon berbentuk mur (roda segi enam) > lalu kita aktifkan menu "pratinjau aplikasi blur" dengan menggeser bilah menu ke arah kanan.

Demikianlah artikel tips dan tutorial kita kali ini tentang Cara mengubah tampilan pratinjau recent app di smartphone Xiaomi menjadi blur.

Semoga artikel ini bermanfaat dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close