Cara Tampilkan Prediksi Teks dan Baris Angka HP Xiaomi

Model Smartphone Xiaomi saat ini dan mungkin termasuk juga untuk merk lain, kita ketahui memang kebanyakan sudah mengadopsi bentuk body candybar yang memanjang kebawah dengan bagian sisi depan hampir seluruhnya dipenuhi dengan layar.

Tidak seperti model handphone zaman dulu yang bagian depannya dipenuhi dengan tombol-tombol fisik, maka di smartphone saat ini hampir seluruh tombol-tombol tersebut telah diubah menjadi tombol virtual yang ada di dalam layar smartphone.

Bahkan untuk speaker dan tombol gesture seperti home button serta tombol back pun saat ini perlahan mulai dihilangkan, bertujuan demi menambah kesan layar smartphone yang dapat terlihat semakin luas.

Namun meskipun begitu, dengan hilangnya tombol-tombol fisik yang sudah diganti dengan tombol virtual, tidak menjadikan hal itu sebagai sebuah kekurangan melainkan memiliki banyak manfaat dan keunggulan dibanding model handphone zaman dulu.

Beberapa diantaranya yaitu seperti tidak menghabiskan banyak tempat serta juga model tombol virtual jenis ini tentu akan bisa lebih mudah untuk diatur atau dicustom sesuai dengan kebutuhan para pengguna.

Seperti misalnya saja tombol keyboard virtual yang bisa diatur sedemikian rupa baik itu diubah tema, fontsize dan lain sebagainya. Sehingga para pengguna pun tidak mudah bosan terhadap perangkat yang dimilikinya.

Adapun pada kesempatan kali ini kita akan memberikan dua tips tentang pengaturan keyboard virtual tersebut, khususnya di perangkat smartphone Xiaomi.

Tips yang pertama yaitu tentang cara memunculkan prediksi teks yang biasanya akan muncul dibagian atas keyboard. Lalu yang kedua yaitu tips tentang cara menghilangkan atau memunculkan baris angka di dalam keyboard Xiaomi.

Lalu untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


A. Cara Memunculkan Fitur Prediksi Teks di Keyboard Xiaomi

Prediksi teks adalah salah satu fitur yang dapat memudahkan atau membantu kita dalam menuliskan suatu kata. Dengan fitur ini maka sistem akan secara otomatis memberikan sugesti berupa kata-kata yang biasanya sering kita ketik atau tulis pada smartphone.


Sehingga jika kita ingin mengetik sebuah tulisan yang lumayan banyak, dengan fitur ini maka waktu yang dibutuhkan untuk mengetik setiap huruf dari tiap kata pun akan sedikit berkurang.

Cukup hanya dengan mengetikkan beberapa huruf saja maka secara otomatis kata yang diinginkan pun akan muncul dan kita cukup memilihnya.

Nah untuk mengaktifkan fitur prediksi teks pada keyboard ini caranya adalah sebagai berikut.

1. Langkah pertama kita masuk ke menu setelan atau pengaturan telepon.

2. Selanjutnya pilih menu "Setelan tambahan" > "Bahasa & masukan" > "Atur Keyboard""Gboard" > "Koreksi teks".


3. Jika sudah lalu aktifkan beberapa bilah menu dengan menggesernya ke kanan.

Beberapa menu yang harus diaktifkan yaitu "Tampilkan strip saran", "Saran kata berikutnya", dan "tampilkan saran emoji".



B. Cara Menampilkan Tombol Baris Angka di Smartphone Xiaomi

Tombol baris angka adalah salah satu tombol yang bisa muncul di dalam keyboard virtual smartphone kita yang letaknya berada diatas tombol karakter huruf.

Dalam keadaan pengaturan keyboard default, tombol yang terdiri dari nomor-nomor tersebut awalnya akan tergabung dengan tombol huruf "qwertyuiop". 

Sehingga jika kita ingin mengetik karakter angka kita terlebih dahulu perlu mengubah ke mode angka atau bisa juga dengan menekan lama di huruf-huruf yang telah disebutkan sebelumnya.

before

after

Hal ini tentu akan sedikit menghabiskan waktu, apalagi jika kita sedang mengetik tulisan yang cukup banyak. Maka dari itu untuk memudahkan dan lebih menghemat waktu lebih baik jika kita mengaktifkan saja mode angka tersebut. Adapun cara untuk menampilkannya adalah sebagai berikut.

1. Sebenarnya langkah yang dilalui hampir sama dengan cara untuk menampilkan prediksi teks, yaitu kita pilih mode setelan telepon terlebih dahulu.

2. Lalu pilih menu "Setelan tambahan" > "Bahasa dan masukan" > "Atur Keyboard""Gboard" > "Preferensi".

3. Terakhir pada menu baris angka kita cukup aktifkan dengan cara melakukan tap atau menggesernya ke arah kanan.


Demikianlah tips dan tutorial kali ini tentang Cara memunculkan prediksi teks dan baris angka di keyboard Smartphone Xiaomi.


Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close