Cara Menyembunyikan Credit Footer Blogspot (Praktis)


Template dalam sebuah blog kita tahu memang merupakan salah satu faktor yang cukup berpengaruh terhadap jumlah pengunjung blog. Hal ini bisa terjadi karena dengan digunakannya sebuah template blog yang baik maka akan memudahkan para pengunjung dalam melakukan surfing di blog kita dan membuat para pengunjung blog menjadi semakin nyaman.

Sehingga mereka pun akan betah untuk berlama-lama membaca dan mungkin juga justru mereka akan kembali lagi untuk mengunjungi blog kita tersebut.

Selain dapat memudahkan dalam hal navigasi, fungsi lain dari sebuah template blog yaitu dapat membantu dalam membuat blog kita agar terlihat semakin profesional (personal branding).

Umumnya cara yang paling mudah dan praktis untuk menghasilkan tampilan blog yang baik adalah dengan membeli langsung template blog premium. Hal ini karena template premium biasanya sudah di desain sedemikian rupa agar dapat SEO friendly.

Selain itu dengan menggunakan template premium ini maka kita sebagai pemakai biasanya akan mendapatkan dukungan dari pihak developer, sehingga kita tidak perlu cemas jika suatu saat terdapat sebuah bug dari desain template tersebut.

Namun sayangnya tidak semua orang mampu atau ingin menggunakan template jenis premium tersebut, tentunya dengan berbagai alasan masing-masing. Alhasil mereka para blogger yang tidak menggunakannya maka otomatis akan memilih atau menggunakan jenis template gratisan yang banyak tersebar di internet.

Memang template dengan versi gratis ini biasanya memiliki beberapa perbedaan dari versi premium. Salah satunya yaitu terkadang masih ditemukan adanya credit footer dibagian bawah template. Hal itu agaknya memang sengaja dibuat oleh developer sebagai cara untuk mempromosikan karyanya.

Meskipun memang terlihat sepele, namun bagi sebagian blogger hal ini terkadang sedikit agak mengganggu karena dapat mengurangi kesan profesional.

Sebenarnya jenis credit footer seperti itu masih bisa dengan mudah untuk dihapus atau dihilangkan, namun terkadang dari pihak developer tidak menginginkan hal itu, sehingga bila credit footer dihapus dengan cara ilegal maka hal itu akan membuat template blog tidak bekerja seperti biasanya.

Oleh karena itu untuk bisa mengakalinya salah satu cara yang mungkin dapat kita lakukan sebagai pengguna template gratisan yaitu dengan menyembunyikan credit footer tersebut.

Nah maka dari itu dalam pembahasan kali ini kita akan memberikan tips tentang cara menyembuntika credit footer di blogspot dengan mudah. Dan untuk mengetahui bagaimana caranya maka langsung saja kita simak langkah-langkah berikut ini.


Cara Mudah Menghilangkan Credit Footer di Blogspot

Catatan: Sebelum melakukan cara ini, sebaiknya kita download terlebih dahulu tema dari blog untuk berjaga-jaga. Sehingga jika ada masalah atau gagal dalam menjalankan tutorial tersebut, kita masih bisa mengembalikan tema sebelumnya dengan file back-up ini.

Adapun cara untuk men-download tema blog, yaitu kita cukup pilih menu "tema" > pilih icon panah bawah sebelah tulisan sesuaikan > lalu pilih "cadangkan" > kemudian pilih "download".



1. Langkah pertama kita masuk ke halaman dashboard blogger. Lalu untuk menyembunyikan credit footer tersebut, kita pilih menu "Tema" > lalu pilih icon panah bawah disebelah tulisan sesuaikan > baru kemudian pilih menu "Edit HTML".



2. Selanjutnya kita klik terlebih dahulu di dalam teks kode HTML dari tema blog (hingga muncul kursor vertikal kedap-kedip) > lalu tekan tombol CTRL+F, maka akan muncul kotak pencarian atau search (pada tampilan versi baru ada di bagian sebelah kiri atas dari kode HTML). Lalu kita ketik saja kata "credit" di kotak pencarian tersebut.

Jika sudah lalu tekan enter dan cari kode yang kurang lebih sama seperti terlihat pada gambar dibawah ini (di dalam kotak merah).



3. Langkah selanjutnya kita masukkan kode dengan warna merah berikut.

Kode 1:
<div style='left: -1988px; position: absolute; top: -1999px;'>
Kode yang pertama tersebut kita letakkan dibagian atas tulisan <div id='credits'> 

Kode 2:
</div>
Sedangkan kode merah yang kedua diletakkan di bagian bawah tulisan <div style='clear:both;'/>



4. Jika sudah maka tahap selanjutnya kita langsung pilih Simpan saja. Langkah terakhir kita buka blog kita untuk memastikan apakah teks tulisan credit tersebut sudah berhasil disembunyikan atau belum.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Blog Responsif dan Cara Mengeceknya

Demikianlah artikel kita kali ini tentang Cara Menyembunyikan Credit Footer Blogspot dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close