Cara Membuat Desain Logo Menggunakan Canva


Desain logo merupakan salah satu jenis karya seni yang umumnya dibuat dengan maksud untuk merepresentasikan makna dari suatu merek brand maupun dengan maksud untuk tujuan lainnya.

Banyak orang berpendapat bahwa bentuk logo yang baik yaitu jika sebuah logo tersebut memiliki desain yang simpel namun berkarakter kuat agar tetap dapat mencerminkan dari suatu merek. Ini tentu bertujuan tidak lain supaya orang dapat lebih mudah mengingat meskipun baru pertama kali melihat logo tersebut.

Seperti terlihat mudah, namun percayalah bahwa untuk bisa membuat desain logo yang simpel dan memiliki karakter seperti itu tidaklah sembarangan, melainkan perlu membutuhkan effort lebih serta kreativitas yang tinggi untuk bisa menghasilkan suatu hasil logo yang baik dan bisa dianggap ikonik.

Meskipun sulit, namun bagi kita yang ingin tetap mencoba membuat logo tapi merasa belum ahli dalam hal desain atau mungkin hanya ingin sekedar iseng saja dalam berkarya.

Maka kita tidak perlu khawatir karena dengan semakin majunya perkembangan teknologi saat ini sudah banyak sekali fasilitas yang dapat membantu kita dalam mewujudkan hal itu.

Salah satu jenisnya yaitu seperti program aplikasi-aplikasi design creator mainstream yang banyak bertebaran dan dapat kita gunakan baik secara offline maupun online di internet.

Nah adapun pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang salah satunya, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi bernama Canva.

Apa itu Canva? Canva adalah salah satu jenis program aplikasi yang dibuat untuk membantu kita dalam membuat berbagai macam hasil desain kreatif, seperti desain logo, poster, brosur, dan lain sebagainya.

Selain itu, tidak seperti kebanyakan aplikasi yang harus di install terlebih dahulu di perangkat pc komputer, di Canva ini kita tidak perlu melakukannya melainkan cukup dengan kita terhubung online di internet maka kita sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Dan untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Membuat Desain Logo Simpel di Canva Step by Step

1. Langkah awal kita masuk ke halaman website Canva terlebih dahulu. Setelah itu kita masuk dengan melakukan login akun. Namun jika sebelumnya kita tidak memiliki akun canva, maka kita bisa melakukan registrasi secara gratis.


2. Selanjutnya untuk membuat logo desain baru kita cukup pilih menu "Buat Desain" yang berada di bagian sebelah kanan atas, setelah itu kita sesuaikan ukuran dimensi yang dinginkan.

Dan karena kita akan membuat sebuah logo maka kita bisa memilih dimensi standar logo yang telah disediakan. Namun jika dirasa tidak sesuai maka kita bisa mengaturnya sendiri dengan memilih menu "dimensi khusus".



3. Sebagai contoh, disini kita hanya akan membuat sebuah desain logo yang mudah dan simpel saja.

Pertama kita tentukan terlebih dahulu bentuk dasar logo kita apakah ingin bulat, kotak, segitiga, dan lain sebagainya, caranya yaitu dengan memilih menu "Elemen" > "bentuk" > "lihat semua".



4. Selanjutnya untuk mengubah ukuran bisa dengan menarik bingkai luar dari bentuk dasar logo (lihat panah merah), dan untuk mengubah warna dasar bisa dengan memilih kotak warna yang ada di sebelah kiri atas (lihat panah biru).



5. Langkah berikutnya kita buat gambar di dalam bangun datar yang telah kita buat tadi. Sebagai contoh, disini kita hanya menambahkan gambar berupa teks huruf saja agar lebih mudah.

Caranya pilih menu "Teks" > pilih "tambahkan judul" > Ketik huruf atau kata yang kita inginkan.



6. Jika sudah kita sesuaikan ukuran, warna, font huruf, dll di menu taskbar yang ada dibagian sebelah kiri atas. Jangan lupa atur juga teks huruf dengan cara menggeser huruf tersebut supaya posisinya bisa pas berada ditengah.



7. Terakhir jika pengeditan dirasa sudah cukup dan hasilnya sudah bagus, maka langkah selanjutnya yaitu kita download gambar yang telah kita buat dengan cara memilih menu "Unduh" yang berada di menu sebelah kanan atas.



Sementara jika kita tidak ingin mendownloadnya, maka desain logo yang kita buat tersebut akan di save secara otomatis, sehingga kita perlu khawatir dan dapat kapan saja melihat hasil desain yang dibuat cukup dengan melakukan login di akun canva milik kita.




Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Mudah Membuat Desain Logo Menggunakan Aplikasi Canva. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close