Cara Berpindah ke Mode Gelap WhatsApp Android


WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan messenger yang banyak digunakan orang saat ini. Aplikasinya yang tergolong sangat ringan yang membuatnya tidak banyak menghabiskan space memori.

Mungkin itulah sebabnya banyak orang yang lebih memilih aplikasi satu ini. Apalagi tampilannya pun sangat sederhana sehingga mudah dioperasikan oleh berbagai macam kalangan usia.

Dalam rangka membuat penggunanya menjadi semakin betah, saat ini aplikasi WhatsApp telah dilengkapi sebuah fitur baru yang dinamakan dengan sebutan dark mode atau mode gelap. Fitur dark mode memang menjadi fitur yang sedang tren saat ini.

Banyak aplikasi-aplikasi baik itu aplikasi di perangkat mobile seperti smartphone maupun aplikasi untuk PC Dekstop hampir semuanya sudah membenamkan fitur yang satu ini. Bahkan website-website kekinian pun biasanya sudah memasangkan fitur mode gelap di situsnya tersebut.

Adapun manfaat yang bisa didapatkan dari adanya fitur mode gelap yaitu pengguna akan lebih dimudahkan untuk mengoperasikan aplikasi ketika dalam kondisi yang minim cahaya atau bahkan gelap sekalipun.

Mata tidak mudah cepat lelah karena tampilan layar pada mode gelap akan memancarkan cahaya yang tidak berlebihan yang tidak menyilaukan mata.

Selain itu dengan mengaktifkan mode dark mode ini, maka penggunapun dapat lebih menghemat pemakaian baterai. Terutama bagi mereka pengguna smartphone yang sudah menggunakan layar berjenis amoled, karena dengan layar jenis tersebut maka pixel-pixel yang menampilkan warna hitam tidak akan dinyalakan yang membuat konsumsi baterai pun akan menjadi lebih irit.

Sebenarnya cara mengaktifkan dark mode pada WhatsApp ini sudah bisa dilakukan sejak dulu. Namun pada saat itu untuk bisa mengubahnya kita harus masuk terlebih dahulu ke mode developer di perangkat kita, sehingga prosesnya pun agak sedikit merepotkan.

Sedangkan sekarang pihak WhatsApp sendiri sudah langsung membenamkan fitur ini di pengaturan aplikasinya. Nah bagi yang ingin mengetahui bagaimana cara megubahnya, maka kita bisa langsung menyimak ulasan berikut ini.


Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp di Smartphone Android

1. Langkah pertama buka aplikasi WhatsApp di smartphone android kita.

2. Selanjutnya pilih menu tiga titik yang berada disebelah kanan atas > lalu pilih "setelan" atau "settings".



3. Langkah berikutnya lalu kita buka menu "Chat".



4. Selanjutnya pilih menu "tema" > lalu pilih "gelap" > dan terakhir pilih "oke". Jika sudah maka tampilan pun akan berubah secara otomatis menjadi hitam alias gelap.



Catatan: Aplikasi WhatsApp dengan mode gelap ini bisa digunakan dihampir semua model smartphone zaman sekarang atau jika melihat dari jenis OS android yaitu mulai dari OS Ice Cream Sandwich versi 4.0.3 dan diatasnya.


Tips Jika Mode Gelap Tidak Bisa di Aktifkan

Bila pada smartphone kita tidak ada pilihan menu dark mode di aplikasi WhatsApp, maka kita perlu melakukan update terlebih dahulu dengan masuk ke aplikasi playstore. 

Namun jika hal tersebut sudah dilakukan dan tetap tidak bisa, maka kita bisa mencoba langkah-langkah berikut ini :

1. Tutup aplikasi WhatsApp terlebih dahulu

2. Buka pengaturan telepon atau setelan telepon > lalu pilih menu kelola aplikasi/aplikasi & pemberitahuan (setiap smartphone mungkin berbeda nama menunya).

3. Cari dan pilih aplikasi WhatsApp > lalu pilih "paksa berhenti" atau "force stop".




Demikianlah tutorial mudah tentang Cara berpindah ke mode gelap WhatsApp di smartphone android. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai berjumpa di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close