Cara yang Dilakukan Jika Gagal Verifikasi Identitas Adsense


Menjadi partner dari google adsense memanglah susah-susah gampang. Gampang bagi mereka yang memang sudah tahu tentang seluk beluk adsense dan sering kali diterima menjadi partner di perusahaan yang satu ini.

Sementara itu bisa dibilang susah bagi mereka yang selalu ditolak meski telah mendaftar berulang kali dan hingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk menyerah lalu kemudian beralih haluan dengan memilih untuk menggunakan publisher iklan yang lain. Menjadi sebuah dilema tentunya.

Namun begitu meskipun sudah diterima pun bukan berarti permasalahan telah selesai begitu saja. Banyak hal-hal yang tidak diduga dan menjadi momok menakutkan berikutnya ketika kita sudah menjadi publisher di google adsense.

Seperti misalnya saja masalah penghasilan yang sangat kecil, iklan yang tidak muncul, pembatasan tayangan iklan, pin yang tidak kunjung datang, hingga gagal dalam melakukan verifikasi identitas adsense.

Nah khusus poin terakhir yaitu berkenaan dengan masalah verifikasi, memang hal itu menjadi permasalahan yang paling besar saat ini. Banyak teman-teman publisher yang sering gagal dalam tahapan tersebut.

Apalagi bagi publisher yang melakukan identifikasi identitas dengan KTP, kebanyakan dari mereka hasilnya adalah zonk. Padahal kita tahu bahwa jika kita tidak berhasil dalam tahapan ini, maka kemungkinan besar tayangan iklan akan dihentikan.

Kita perlu ketahui juga bahwa verifikasi identitas adsense ini sebenarnya baru ada beberapa tahun belakangan ini. Dahulu tahapan ini memang tidak ada, kalaupun ada biasanya hanya dilakukan sebagai cara pengganti jika verifikasi alamat dengan menggunakan pin telah gagal dilakukan.

Nah saat ini kedua cara tersebut yaitu pin dan identitas harus dilakukan keduanya. Entah apa memang yang merasuki google ini, mungkin hal itu bertujuan untuk membatasi orang yang ingin menjadi publisher di adsense atau mungkin karena alasan lain, tentu tidak ada yang tau kecuali google sendiri.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi hal itu? Jika kita sudah terlanjur gagal dalam melakukan verifikasi identitas yang mana hanya bisa dilakukan sebanyak 3 kali kesempatan saja.

Tenang tidak usah khawatir karena seperti pepatah mengatakan banyak jalan  menuju Roma. Hal itupun mungkin berlaku dalam masalah ini. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa di tempuh jika kita sudah 3 kali tidak berhasil dalam melakukan verifikasi. Nah untuk mengetahuinya maka langsung saja kita simak langkah-langkah berikut ini.


Cara untuk Mengatasi Jika Verifikasi Identitas Adsense Gagal

Ada dua cara yang umumnya dapat dilakukan jika kita sudah 3 kali melakukan verifikasi identitas namun hasilnya ditolak semua.


Melakukan Banding ke Halaman Google

Cara pertama yaitu dengan melakukan pengajuan peninjauan ulang kepada halaman resmi google. Pengajuan ini dilakukan dengan cara mengisi formulir yang berisi identitas seperti saat kita membuat sebuah form pengaduan.

Adapun cara untuk melakukan banding tersebut, maka kita dapat mengunjungi langsung halaman berikut ini https://support.google.com/pay/contact/account_verification.

Isilah formulir peninjauan tersebut sesuai dengan identitas yang kita miliki, dan pastikan semuanya terisi lengkap dari mulai nama, alamat email, hingga email sekunder.

Pada menu "Pilih layanan Google yang terkena dampak" kita pilih adsense, sedangkan untuk ID profil pembayaran bisa dilihat dengan cara masuk ke akun adsense > pilih "pembayaran" > pilih "kelola setelan" > maka dibagian menu profil pembayaran akan terlihat nomor yang dimaksud.

Setelah itu upload gambar tanda pengenal yang dimiliki baik itu KTP, SIM, Paspor, dsb. Namun disarankan untuk menggunakan SIM saja karena struktur urutan data yang ada lebih mudah diperiksa oleh pihak google sendiri. Jikalau memang terpaksa harus menggunakan KTP, usahakan KTP tersebut belum berakhir masa berlakunya.

Jika sudah kadaluwarsa lebih baik edit terlebih dahulu kepada orang yang mampu. Lalu bagaimana jika masa berlaku KTP seumur hidup? Hal itu tidak masalah, karena sekarang ini pihak google telah memperbolehkan hal itu, jadi penggunaan KTP seumur hidup tetap bisa digunakan.

Baca Juga : 5 Tips Agar Rajin Menulis di Blog Cocok bagi Pemula

Namun hal terpenting lainnya adalah kondisi dari tanda pengenal tersebut, karena jika kondisinya sudah dalam kondisi sedikit kotor, lalu tanda pengenal tersebut kita foto maupun di scan dan kemudian diupload maka hasilnya pun dijamin tidak akan lolos.

Oleh karena itu, agar selalu usahakan untuk menggunakan tanda pengenal yang masih dalam keadaan baik.

Jika semuanya sudah selesai diisi maka dibagian pertannyaan kita pilih "Ya" dan terakhir pilih kirim. Hingga proses tersebut maka proses pengajuan peninjauan ulang pun telah selesai.


Kita hanya perlu menunggu waktu beberapa hari saja. Jika berhasil maka bisanya kita akan mendapatkan balasan email dan selanjutnya akun kita akan kembali normal seperti biasa. Sedangkan jika ditolak maka kita tidak akan mendapat email balasan apapun.


Melakukan Reset Akun Adsense

Kedua yaitu dengan melakukan pengaktifan ulang akun. Cara ini bisa dilakukan secara langsung di akun adsense milik kita dengan mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini.

1. Masuk ke akun adsense > pilih "Setelan" > pilih "Informasi Akun" > lalu pilih menu "Batalkan akun". Selanjutnya klik di tulisan "saya memahami bahwa..." hingga muncul tanda centang atau checklist.

Di menu "alasan pembatalan" kita "pilih lainnya" dan kemudian centang juga tulisan "saya telah membaca...". Jika sudah pilih lanjut.

2. Setelah itu kita akan mendapatkan balasan email dari google adsense yang isinya berisi link tautan. Klik link tersebut maka akun google pun telah berhasil dibatalkan.

3. Masuk kembali ke akun adsense kita. Dan karena akun telah dibatalkan maka hanya akan muncul tampilan pemberitahuan bahwa akun adsense telah dibatalkan. Nah pada tampilan tersebut kita pilih menu "permintaan pengaktifan ulang akun".


Hingga langkah tersebut maka proses reset pun telah selesai dilakukan. Tunggu beberapa jam atau terkadang bisa sampai beberapa hari untuk mengaktifkan kembali akun kita. Bila perlu periksalah secara berkala untuk mengetahui apakah akun kita sudah kembali atau belum.

Jika telah berhasil maka biasanya kita dapat melakukan verifikasi identitas lagi, hanya saja sebagai akibat dari itu saldo pembayaran yang sudah kita miliki akan berubah menjadi 0 kembali.

Demikianlah tips tutorial tentang Cara yang harus Dilakukan Jika Gagal Verifikasi Identitas Adsense. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

6 Comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

  1. Apakah Dampak Mereset Akun Itu Menghapus Semua Isi Konten Di Dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo akun dibatalkan biasanya masih bisa kembali datanya...

      Delete
  2. Maaf Sebenarnya Kalau Cara Ini Diterapkan Sama Saja Bunuh Diri Kita Akan Benar2 Kehilangan Chanel Youtube Kita

    ReplyDelete
  3. Min ,saya dh banding nanti infonya berapa hari y? Dan keberhasilannya berapa persen y?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Contact Form

close