Cara Mudah Cek Indentitas Mahasiswa dengan PDDikti


PDDikti merupakan singkatan dari Pangkalan data pendidikan tinggi yang sebelumnya bernama Forlap Dikti (Forum Laporan Pendidikan Tinggi) adalah sebuah database dari halaman website resmi kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) yang bertugas untuk merangkum dan mengumpulkan data-data mengenai perguruan tinggi di Indonesia secara nasional.

Data tersebut memuat berbagai macam informasi seperti misalnya informasi tentang profil perguruan tinggi (universitas), profil tentang program studi (jurusan), profil civitas akademika seperti mahasiswa dan dosen, hingga info-info statistik dari perguruan tinggi di Indonesia.

Seperti yang telah disebutkan, salah satu hal yang bisa dimanfaatkan dari keberadaan halaman website tersebut yaitu untuk mengetahui atau mengecek identitas dari mahasiswa di perguruan tinggi tertentu.

Nah bagi teman-teman yang memang ingin kepo terhadap mahasiswa tertentu, maka kita bisa memanfaatkan sebuah portal situs untuk mengetahui secara mendalam mengenai profil dari seorang mahasiswa.

Dan untuk mengetahui caranya tersebut, langsung saja kita simak langkah-langkah berikut ini.


Cara Cek Indentitas Mahasiswa dengan PDDikti

1. Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu ke halaman website resmi PDDikti yaitu pddikti.kemdikbud.go.id.

2. Setelah itu dibagian menu pencarian yang berada di paling atas cukup kita klik > lalu pilih opsi Pencarian Spesifik.



3. Jika sudah maka akan muncul menu tambahan berupa kolom data yang harus diisi.

Pada menu tersebut kita hanya perlu masukkan beberapa isian identitas yang diperlukan seperti nama perguruan tinggi, nama program studi (jurusan kuliah), dan nama mahasiswa atau nomor induk mahasiswa (NIM) tentu jika kita sudah mengetahuinya.

Setelah itu klik atau masukkan kode Captcha i'm not a robot > baru setelahnya kita pilih Cari.



Catatan: Jika kita menggunakan pencarian berdasarkan nama mahasiswa saja, ada kemungkinan akan terdapat beberapa hasil di pencarian dengan nama yang hampir sama, jika itu terjadi kita hanya perlu memilih nama mahasiswa yang sepertinya sedang kita cari.

Namun ada baiknya jika kita sudah mengetahui NIM/NPM mahasiswa yang sedang dicari, bisa langsung menggunakan nomor tersebut agar proses pencarian dapat dilakukan dengan lebih cepat.


4. Terakhir, untuk bisa melihat identitas mahasiswa tersebut kita cukup pilih dibagian nama mahasiswanya saja.

Lalu hasilnya akan terdapat beberapa keterangan informasi seperti foto, nama mahasiswa, nama perguruan tinggi, nama jurusan, nomor ijazah, tahun masuk dan tahun lulus bahkan daftar mata kuliah apa saja yang diambil oleh mahasiswa tersebut selama menempuh pendidikan di universitas.

Termasuk juga didalamnya terdapat data dari riwayat status kuliah dan juga riwayat studi mata kuliah.



Sebagai tambahan informasi-informasi yang terdapat di dalam halaman tersebut bisa saja berbeda antar perguruan tinggi (ada yang lengkap dan ada yang tidak).

Hal tersebut tentu bergantung dari seberapa lengkap pihak universitas di dalam memasukkan atau menginput data para mahasiswanya.




Demikianlah tutorial singkat dan mudah tentang Cara Cek Indentitas Mahasiswa dengan Forlap Dikti. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu kembali di artikel selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close