Cara Tahu Nomor Ijazah Kuliah secara Online pakai PDDIKTI


Nomor Ijazah Kuliah atau perguruan tinggi bisa dikatakan menjadi sesuatu yang terkadang dianggap tidak terlalu penting oleh kita. Dan karena hal itu pula nomor ijazah ini selalu banyak orang hiraukan.

Padahal sedianya saat kita akan melamar pekerjaan seperti misalnya di instansi pemerintahan, penggunaan nomor ijazah terkadang menjadi salah satu faktor kelengkapan yang harus ada dalam memenuhi persyaratan khususnya dalam persyaratan seleksi administrasi.

Tentu kita tidak mau bukan, hanya karena lupa dengan nomor ijazah membuat kita gagal dalam seleksi administrasi tersebut.

Nomor ijazah biasanya terdapat bersamaan dengan salinan dokumen ijazah yang asli. Namun begitu, jika kita membutuhkannya secara mendadak dan kebetulan kita tidak sedang membawa salinan ijazah.

Sebenarnya kita masih tetap bisa mengetahui nomor ijazah tersebut. Cara yang paling mudah yaitu dengan mengunjungi dan melihatnya di halaman website PDDIKTI.

Mengulas sedikit bahwa website Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) merupakan sebuah halaman website yang berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) yang bertugas untuk mengelola data dan informasi berkenaan dengan pendidikan tinggi.

Sebagai suatu pusat database, PDDIKTI memiliki hampir semua informasi tentang perguruan tinggi di Indonesia yang sudah terdaftar.

Informasi-informasi tersebut misalnya saja dapat berupa profil universitas, program studi, profil dosen dan bahkan informasi tentang profil mahasiswa termasuk salah satunya tentu saja tentang nomor ijazah tadi.

Nah untuk mengetahui bagaimana cara mengecek nomor ijazah dengan menggunakan PDDIKTI, maka langsung saja kita simak langkah-langkah di bawah ini.


Cara Mengetahui Nomor Ijazah Kuliah secara Online dengan PDDIKTI

1. Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu ke halaman website resmi pemerintah yaitu pddikti.kemdikbud.go.id



2. Selanjutnya kita klik pada kolom pencarian yang ada dibagian atas > kemudian pilih Pencarian Spesifik.



3. Setelah itu, pada data pencarian kita pilih kategori Data Mahasiswa.

Jika sudah, lalu masukkan beberapa data identitas yang harus diisi seperti NIM/NPM, nama perguruan tinggi, program studi atau jurusan kuliah, dan juga nama kita.

Setelah itu isi verifikasi captcha > baru kemudian pilih Cari.


Catatan: Sebenarnya kita bisa saja untuk langsung mencari menggunakan pencarian berdasarkan nama. Namun jika menggunakan cara ini biasanya akan menunggu sedikit lebih lama, karena jika hanya menggunakan nama saja biasanya ada beberapa orang yang mungkin memiliki nama yang sama persis dengan nama kita.


4. Pada tahap selanjutnya, maka akan muncul hasil pencarian berupa nama mahasiswa yang bersangkutan > kita hanya perlu klik profil dari nama kita tersebut.



5. Jika sudah, maka akan langsung terlihat biodata dan profil dari mahasiswa. Salah satunya yaitu nomor ijazah yang sedang kita cari.

Bahkan dalam menu ini dapat dilihat pula daftar mata kuliah apa saja yang sudah atau sedang dipelajari di menu Riwayat Studi. Sementara jika kita ingin melihat profil dari Dosen yang mengajar, kita dapat mengklik link yang ada pada menu Program Studi.



Selain untuk melihat nomor ijazah dan profil mahasiswa, dengan mengunjungi website PDDIKTI ini kita juga dapat melihat beberapa fitur lain seperti melihat berita tentang perguruan tinggi, profil universitas, dan infografis lainnya seputar pendidikan tinggi di Indonesia.

Baca Juga : Cara Pembayaran Uang Kuliah dengan Internet Banking BSI

Demikianlah artikel tentang 
Cara Mengetahui Nomor Ijazah Kuliah secara Online dengan PDDIKTI dari halaman web Kemdikbud. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close