Cara Memperbaiki Waktu Subtitle Film Tidak Sesuai


Subtitle dalam sebuah film merupakan salah satu hal yang tidak terpisahkan saat kita sedang menonton film.

Apalagi jika film yang kita tonton tersebut memang merupakan film yang berasal dari luar negeri yang terkadang bahasanya tidak kita mengerti.

Oleh sebab itulah diperlukannya subtitle film yang berfungsi agar memudahkan kita dalam memahami isi dari cerita film tersebut.  

Namun bagi kita yang sudah terbiasa menonton film dengan menggunakan komputer atau laptop terkadang tidak semua subtitle film yang kita dapatkan itu sesuai dengan dialog para tokoh di dalam film.

Biasanya terdapat sedikit perbedaan waktu antara subtitle dengan film, baik itu lebih cepat atau lebih lambat. Tentu dengan adanya perbedaan waktu tersebut meskipun itu hanya sedikit saja akan membuat kenyamanan menonton kita menjadi terganggu.

Nah untuk itulah dalam artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara memperbaiki subtitle film yang tidak sesuai tersebut.

Dan untuk mengetahui cara mengatasinya, langsung saja kita simak langkah-langkah berikut ini.


Cara Memperbaiki Waktu Subtitle Film yang Tidak Sesuai

1. Agar bisa mengedit atau memperbaiki subtitle suatu film, kita bisa menggunakan aplikasi bernama subtitle edit. Jika belum memiliki aplikasinya bisa download di link subtitle edit.

2. Setelah proses download selesai lalu kita extract dan Install aplikasi subtitle edit tersebut.



3. Selanjutnya, buka aplikasi Pilih file > pilih Open > Lalu cari file subtitle yang ingin diedit.

Jika ingin lebih mudah, kita bisa langsung drag sutitle yang akan diedit lalu drop atau letakkan di program subtitle edit tersebut.


Sebelum kita mengedit, sebaiknya kita melihat film dari subtitle yang akan diedit untuk menganalisisnya. Perhatikan antara film dan subtitle kira-kira berapa lama jarak perbedaan waktu yang ada antara film dengan subtitle, apakah waktu subtitlenya lebih cepat atau lebih lambat.

4. Jika sudah dianalisis saatnya kita mengedit subtitle. Caranya blok semua teks subtitle yang telah kita masukkan tadi di program subtitle edit.

Lalu jika ingin lebih praktis bisa juga dengan menggunakan shortkey Ctrl+A.



5. Setelah itu pilih Synchronization > pilih adjust all time (show earlier/later).



6. Lalu pada kolom Hour:min:sec:ms kita atur berapa detik perbedaan waktu antara film dan subtitle agar sesuai, misalnya 2,5 detik (lihat gambar).

Setelah itu kita pilih apakah akan mempercepat waktu atau memperlambat waktu.

Jika ingin mempercepat waktu maka kita pilih show earlier, sedangkan untuk memperlambat waktu kita pilih show later.

Jangan lupa juga untuk memilih select lines only. Setelah selesai pilih close tampilan menu tersebut.


7. Langkah terakhir yaitu kita save file subtitle yang sudah diedit tadi, dan selanjutnya kita coba tes apakah sudah sesuai atau belum.




Demikianlah artikel tentang Cara Memperbaiki Waktu Subtitle Film Tidak Sesuai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close