Cara Mengembalikan Data Flashdisk Hilang karena Terhidden


Pernahkah kita kehilangan data pada perangkat flashdisk kita? Terkadang jika kita kehilangan data biasanya hal pertama yang akan kita salahkan yaitu karena adanya virus komputer yang menyerang flashdisk kita.

Ya, mungkin hal itu tidak sepenuhnya salah. Namun kita perlu ketahui terlebih dahulu bahwa data yang hilang belum tentu disebabkan oleh virus komputer, bisa saja karena faktor yang lain misalnya saja file yang corrupt atau bahkan file yang ter-hidden baik itu disengaja maupun tidak disengaja yang biasanya dapat terjadi karena memang adanya virus.

Oleh karena itu, alangkah baiknya sebelum kita memutuskan untuk memformat ulang flashdisk, tidak ada salahnya jika kita melakukan tips berikut ini yakni cara untuk mengembalikan data yang hilang karena terhidden.

Siapa tau saja data tersebut memang tidak benar-benar hilang dan kita masih dapat mengembalikan data tersebut seutuhnya. Langsung saja untuk mengetahui caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.


Cara Mengembalikan Data Flashdisk Yang Hilang Karena Terhidden

1. Pertama kita pilih menu start > lalu masuk ke menu pencarian kemudian ketikan command prompt atau jika ingin lebih mudah cukup cmd saja > kemudian pilih menu tersebut maka akan muncul kotak administrator seperti berikut.



2. Selanjutnya ketik pada jendela administrator tersebut nama flashdisk kita, dalam hal ini cukup mengetikan huruf storage saja sebagai contoh karena flashdisk saya berkode (G:) maka di kotak administrator cukup ketik G: lalu tekan enter.



3. Langkah selanjutnya yaitu ketik kalimat berikut :
     attrib -s -h -r *.* /s /d
Cara penulisan : attrib (spasi) -s (spasi) -h (spasi) -r (spasi) *.* (spasi) /s (spasi) /d lalu tekan enter

Jika sudah silahkan kembali buka flashdisk yang tadi maka file yang hilang tersebut akan terlihat kembali

Cukup mudah bukan?

Dan jika kita lebih teliti sebenarnya tips ini juga dapat digunakan untuk melakukan hal sebaliknya yaitu untuk menyembunyikan file. Hal ini tentu saja sangat berguna sekali jika suatu saat kita ingin menyimpan sebuah file pada flashdisk kita namun tidak ingin diketahui oleh teman kita maupun orang lain.

Mungkin karena data tersebut sangat rahasia oleh karena itu kita perlu atau ingin menyembunyikannya, untuk itulah trik ini dapat digunakan.

Adapun Cara melakukannya sangatlah mudah, kita hanya perlu memasang perintah yang berlawanan dari perintah tadi.

Jika sebelumnya kita menggunakan simbol minus (-), maka untuk menyembunyikannya kita cukup mengubah simbol minus (-) tersebut menjadi simbol plus (+)

Contoh : attrib –s –h –r *.* /s /d kita ubah menjadi attrib +s +h +r *.* /s /d

Dan untuk menampilkannya kembali tentu saja kita cukup menggunakan langkah yang pertama tadi.




Tips yang menarik bukan? Demikianlah tips kita kali ini tentang Cara Mengembalikan Data Flashdisk Hilang karena Terhidden. Semoga tips ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close