Cara Rename Banyak Ekstensi File dalam Sekali Waktu


Melakukan rename atau mengubah sebuah ekstensi file dari satu jenis ekstensi file yang satu ke jenis ekstensi file yang lain merupakan sesuatu hal yang biasa yang mungkin hampir semua orang pasti pernah melakukannya.

Misalnya saja jika kita ingin mengubah suatu ekstensi sebuah foto dari yang tadinya berformat .png menjadi format .jpg, otomatis kita harus mengubahnya dengan melakukan rename file tersebut terlepas dari alasan kita untuk melakukannya.

Namun bagaimana jika file yang akan kita rename memiliki jumlah yang banyak. Tentu hal itu bukanlah yang kita inginkan karena sangatlah melelahkan jika kita harus melakukannya satu persatu.

Sebenarnya terdapat cara yang lebih mudah dan efektif jika kita ingin melakukan rename file yang banyak sekaligus dalam sekali waktu, tentu tanpa harus melakukannya satu persatu. Disini kita hanya perlu memanfaatkan fitur bernama command promt dalam menjalankan tips ini.

Langsung saja jika ingin tahu bagaimana caranya, silahkan ikuti langkah mudah berikut ini.


Cara Melakukan Rename Banyak Ekstensi File dalam Sekali Waktu

1. Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu dengan menekan tombol shift+klik kanan secara bersamaan di luar Folder file yang akan kita ubah ekstensinya (Ingat dibagian folder bukan filenya).

Sebagai contoh disini kita akan mengubah file foto berekstensi .png menjadi .jpg



2. Selanjutnya kita pilih menu open command window here.


3. Setelah muncul pop-up dari kotak command prompt, lalu langkah berikutnya langsung saja kita ketikan kode berikut ini :

ren *.png *.jpg 
(dibaca : ren(spasi)*.png(spasi)*.jpg)

4. Jika sudah lalu kemdian kita tekan enter pada keyboard dan lihat hasilnya. Jika berhasil, maka jenis ekstensi akan langsung berubah semuanya menjadi yang sudah kita tentukan.



Catatan: Kode ren merupakan perintah masukkan untuk me-rename file, *.png merupakan file ekstensi awal yang akan kita ubah sedangkan *.jpg merupakan tujuan file ekstensi yang ingin diubah.

Kita juga dapat mengubah jenis file ekstensi yang lainnya, cukup dengan mengubah kode *.png dan *.jpg sesuai dengan file ekstensi yang kita inginkan.

Namun perlu diingat bahwa dalam melakukan rename ini, file ekstensi harus memiliki jenis file yang sama, misalnya saja file foto ke foto seperti jpg, png, bmp; file video ke video seperti avi, mp4, mkv; file musik ke musik seperti mp3, acc, dsb.




Demikianlah tips kita pada kali ini tentang Cara Rename Banyak Ekstensi File dalam Sekali Waktu. Semoga tips ini dapat bermanfaat dan sampai bertemu kembali di artikel selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close