Asal Usul Nama Kabupaten Ciamis

Bupati Galuh Ciamis Raden Tumenggung Wiradikusuma (1815-1819 M), diangkat menjadi Bupati pada tahun 1815 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Beliau kemudian memindahkan pusat pemerintahan dari Imbanagara ke kota yang baru dibangun yaitu kota Ciamis sekarang.

Logo Kabupaten Ciamis, sumber: wikipedia

Pembangunan Kota Ciamis sebetulnya dimulai ketika pemerintahan Pangeran Sutajaya dari Cirebon. Namun karena terjadi sebuah perselisihan, maka Pangeran Sutajaya memutuskan untuk kembali ke Cirebon.

Raden Tumenggung Wiradikusuma sebagai patih kerajaan pada waktu itu kemudian diangkat untuk menggantikan Pangeran Sutajaya.

Pembangunan Kota Ciamis yang dilakukan oleh Pangeran Sutajaya tersebut kemudian diselesaikan oleh Raden Tumenggung Wiradikusuma, dan tempat itu namanya bukan Ciamis melainkan Cibatu.

Berdasarkan Catatan Sejarah Nama Ciamis sendiri baru muncul ketika memulai membangun Kota itu. Ketika akan membendung sebuah Susukan (sungai kecil) Cimemen ternyata terdapat banyak ikan, dan ikan itu berbau amis (Anyir).

Kata amis tersebut oleh Sutajaya kemudian digunakan untuk menghina orang Galuh dan Lahirlah kata Amis yang digunakan nama kota yang sedang dibangun dan sekarang menjadi nama Kabupaten Ciamis.

Akan tetapi warga Galuh mengartikan Amis itu Sebagai Manis (Baik) dan selanjutnya pembangunan jalan dikota Ciamis diteruskan oleh Beliau sehingga pada tahun 1916 pusat Pemerintahan dari Imbanagara dipindahkan ke tempat yang baru yaitu Kota Ciamis Sekarang.




Demikianlah sedikit cerita tentang asal usul dan sejarah dari nama Kabupaten Ciamis. Sebenarnya masih terdapat beberapa versi tentang asal usul dari nama kota yang terletak disebelah timur Jawa Barat ini.

Bagi teman-teman yang ingin membagikan versi lainnya silahkan saja teman-teman berkomentar pada kolom komentar yang ada dibawah. Terima Kasih :)

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close