Cara Atasi Tulisan "Not Secure" pada Domain Blog


Tips ini sebenarnya saya bagikan karena memang sebelumnya saya pernah mengalami masalah yang serupa dengan kejadian yang akan saya posting pada artikel kali ini.

Peristiwa itu terjadi tepatnya beberapa waktu yang lalu ketika saya tidak sengaja ingin melihat tampilan blog saya, namun pada saat itu tiba-tiba saja saya menyadari bahwa pada blog saya terdapat simbol initerkadang berupa icon tanda seru dengan kata Not secure disebelah kiri alamat domain blog kita.

Lalu jiika di klik pada bagian simbol tersebut akan muncul sebuah tulisan yaitu "sambungan ke situs ini tidak sepenuhnya aman" atau jika dalam bahasa inggris sering tertulis "your connection to this site is not secure". 


Ketika saya coba untuk menelusuri penyebabnya, ternyata hal itu biasa terjadi terhadap blog-blog yang belum menggunakan protokol https.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa memang pada ketentuan blog, khususnya pengguna blogspot mengharuskan kepada setiap blogger untuk sudah menggunakan https.

Kebiijakan ini sebenarnya sudah mulai dilakukan beberapa tahun terakhir. Ini dilakukan semata-mata untuk memproteksi blog agar tetap aman dan terhindar dari para peretas yang ingin merusak blog kita.

Adapun jenis dari blog jika blog tersebut dikategorikan blog yang aman dan sudah menggunakan protokol https, maka pada setiap domain blog biasanya akan terdapat sebuah simbol berupa gembok berwarna hijau.

Sebagaimna dilansir dari pihak google selaku pengembang blogspot, terdapat setidaknya 3 kriteria dari jenis blog atau website jika dilihat dari tingkat keamanannya yaitu kategori aman, kategori info atau tidak aman, dan kategori tidak aman atau berbahaya.

Nah untuk mengetahui penjelasan lebih detail mengenai icon-icon tersebut, maka kita dapat melihatnya di halaman berikut support google.

Jadi dapat dikatakan cukup penting untuk membuat blog kita aman dengan menggunakan protokol https tersebut.


Namun meskipun blog kita sudah menggunakan https, terkadang simbol huruf i dalam lingkaran tersebut masih ada, contohnya saja seperti yang telah dialami oleh blog saya sendiri.

Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan simbol tidak aman tersebut? Nah untuk bisa mengetahui cara mengatasinya, maka langsung saja kita ikuti langkah-langkah berikut ini.


Cara Atasi "Sambungan Ke Situs Ini Tidak Sepenuhnya Aman" Pada Blogspot

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu mengubah terlebih dahulu jenis blog kita menjadi https. Caranya adalah sbb:

1. Masuk ke dashboard blogger > Pilih Menu Setelan (Setting) > lalu scroll kebawah dan cari menu HTTPS.

2. Setelah itu, pada pilihan menu ketersediaan HTTPS dan pengalihan HTTPS kita aktifkan dengan menggeser kedua bilah menu tersebut menjadi kekanan.


Lihat blog anda apakah sudah berganti menjadi simbol gembok atau belum. Jika belum maka kita akan melakukan langkah selanjutnya yaitu dengan cara mengubah atau memperbaiki template kita secara manual.

Hal ini bisa terjadi karena salah satu penyebabnya, template yang kita gunakan memang tidak atau belum mendukung jenis sistem keamanan HTTPS.

Namun dalam melakukan langkah ini, sangat disarankan untuk mem-backup template kita terlebih dahulu dengan cara mendownloadnya. Hal ini dilakukan agar saat terjadi error kita dapat mengembalikan template kita seperti semula dengan mudah.

3. Jika sudah selanjutnya kita dapat masuk ke pengeditan template, caranya pilih menu Tema > lalu pada tulisan sesuaikan kita pilih icon panah kebawah > kemudian pilih Edit HTML > lalu Copy Semua code HTML yang ada pada template (Ctrl+A, lalu Ctrl+C).


4. Pastekan code html tersebut ke dalam program Notepad++ atau jika kita tidak punya dapat menggunakan program lain seperti wordpad (namun disini kita menggunakan notepad++ sebagai contoh).


Pada langkah ini kita akan mengubah tulisan http menjadi https dengan melakukan replace. Namun sebelumnya kita akan mengubah seluruh tulisan https tersebut menjadi http terlebih dahulu, ini bertujuan agar nantinya huruf s pada https tidak terduplikat dua menjadi https.

5. Tekan Ctrl+F di Notepad++ > Pilih menu Replace > pada menu "Find what" kita tulis https dan pada menu "Replace with" kita tulis http > Lalu pilih Replace all.



6. Jika sudah baru kita akan lakukan langkah untuk mengubah http menjadi https dan caranya pun hampir sama yang membedakan kita hanya perlu membalik pada tulisannya saja.

Pada menu "Find what" kita tulis http dan pada menu "Replace with" kita tulis https > pilih Replace all.



7. Copy code html yang sudah kita edit tadi, lalu pastekan ke dalam halaman edit html pada blog kita, namun jangan lupa untuk menghapus semua code html yang sebelumnya > Jika sudah pilih simpan tema.

Langkah terakhir lihat blog kita jika sudah terdapat simbol gembok berwarna hijau berarti kita sudah melakukannya dengan benar.



Demikianlah tips kita kali ini tentang Cara Mudah Mengatasi tulisan Not secure dan "Sambungan Ke Situs Ini Tidak Sepenuhnya Aman" pada halaman blog atau website. Semoga tips ini dapat bermanfaat dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih :)

Baca Juga : Cara Mengetahui Artikel Blog sudah Terindeks atau Belum

18 Comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

  1. pengetahuan yang bagus,
    good jobs

    ReplyDelete
  2. berhasil gan ,, so nice,, makasih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terima kasih juga telah berkunjung

      Delete
  3. Mantap min infona
    Thanks...

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya

      Delete
  5. Terima kasih gan, sudah bisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga telah berkunjung

      Delete
  6. Milik saya juga seperti ini ada tanda seru di dalam segitiga , apa bisa pakai cara ini juga

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Sama-sama, terima kasih telah berkunjung

      Delete
  8. udah ngikutin caranya, masih ada logo segitiga tanda seru min (sambungan kesitus ini tidak aman)?? bahaya ga sih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipasang atau tdk itu pilihan masing-masing. Namun setidaknya cara ini dapat sedikit membantu dalam melindungi blog kita (tentu tidak sepenuhnya)

      Delete
  9. Telat saya nemu ini tutorial, thank you, keren ni pengetahuan... berhasil 10000 % diblog saya, hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terima kasih juga telah mengunjungi blog ini

      Delete
Previous Post Next Post

Contact Form

close