Cara Melakukan Tethering Internet dengan Laptop


Internet merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita saat ini. Hampir semua orang pasti mengenal internet dan mungkin juga salah satu dari kita adalah pengguna aktif internet setiap hari.

Banyak orang yang mamanfaatkan internet sebagai alat untuk mencari informasi, membaca berita atau mungkin hanya untuk sekedar membuka media sosial dan menonton video di youtube saja. Yang jelas banyak hal yang dapat kita lakukan dengan hadirnya teknologi internet.

Namun dari sekian banyaknya manfaat yang diberikan, ada beberapa kendala yang biasa muncul dalam penggunaan internet, salah satu yang sering terjadi dan mungkin banyak sekali dialami khusunya oleh orang Indonesia yaitu adanya keterbatasan dari koneksi internet.

Contoh kecilnya yaitu ketika kita sedang asyik browsing di internet menggunakan modem portable atau USB flashdisk modem pada laptop, namun tiba-tiba saja muncul teman kita dan kemudian mereka meminta untuk berbagi koneksi internet dengan kita.

Tentu hal itu tidak dapat kita lakukan meskipun mungkin saja sebenarnya kita ingin berbagi, karena biasanya jaringan internet yang menggunakan modem flashdisk seperti itu hanya dapat dinikmati oleh satu device saja.

Akan tetapi jika memang hal itu benar-benar terjadi kita tidak perlu khawatir karena kita masih dapat membagikan koneksi kepada teman meskipun kita menggunakan koneksi dengan flashdisk modem.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal itu yaitu cukup mudah, kita hanya perlu memasang sebuah aplikasi bernama Connectify.

Connectify merupakan sebuah aplikasi yang dapat dikatakan sebagai wifi router virtual dan berfungsi untuk share atau membagikan koneksi internet dari sebuah device kepada device atau gadget lain baik berupa smartphone maupun laptop.

Baca Juga : Cara Mengubah Smartphone untuk Speaker Laptop

Sehingga secara sederhana aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama layaknya fitur thetering (hotspot) pada smartphone, karena kita tahu sendiri bahwa biasanya laptop tidak memiliki fitur tersebut.

Dan untuk mengetahui bagaimana cara memasang aplikasi ini kita ikuti saja langkah-langkah berikut.


Cara Memasang dan Menggunakan Connectify

1. Pertama kita download aplikasinya terlebih dahulu dengan masuk ke halaman website Connectify.

2. Setelah itu pilih Download untuk memasang aplikasi versi gratis, tentu dengan fitur yang didapat pun akan sangat terbatas.



3. Selanjutnya lalu pilih Continue to Download.



4. Jika kita menggunakan Internet Download Manager (IDM) maka akan muncul link download secara otomatis. Namun jika link download tidak muncul kita pilih menu "click here to restart the download".



5. Setelah proses download selesai lalu install aplikasi. Dan jika sudah selesai proses pemasangan, langsung saja kita restart laptop terlebih dahulu.


6. Selanjutnya buka Aplikasi > Sesuaikan pengaturan pada mode setting > lalu untuk memulai pilih Start Hotspot.



7. Jika sudah kemudian langkah terakhir kita sambungkan saja jaringan connectify dengan gadget milik kita maupun milik teman kita.


NB : Untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan penggunaan yang lebih maksimal disarankan untuk membeli full version dari aplikasi ini.

Sebab salah satu kekurangan dari versi gratis yaitu program software ini akan otomatis mati setelah 30 menit, dan kita harus mengaktifkan kembali secara manual jika ingin memakainy akembali.




Demikianlah artikel tentang Cara Melakukan Tethering Internet dengan Laptop. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close