Cara Mudah Mengetahui Tulisan Copy-Paste di Internet


Apakah ada alat atau tools yang dapat mendeteksi jika sebuah tulisan itu terindikasi plagiat yang merupakan hasil copy-paste dari internet? Jika dalam benak kita pernah muncul pertanyaan seperti itu, maka jawabannya adalah tentu saja ada.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan menggunakan sebuah fitur yang telah disediakan oleh Small SEO Tools.

Dengan menggunakan sebuah trik yang sangat sederhana, kita dapat langsung mengetahui apakah sebuah tulisan itu merupakan hasil dari copy-paste atau tidak.

Cara ini tentu akan sangat membantu sekali khususnya bagi para guru maupun dosen yang ingin memeriksa hasil tulisan dari para murid atau mahasiswanya jika mereka melakukan copy-paste.

Nah tanpa panjang lebar dan untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita ikuti langkah-langkah berikut ini.


Cara Mudah Mengetahui tulisan Copy-paste di Internet

1. Langkah pertama masuklah ke halaman website berikut yaitu https://smallseotools.com

Setelah itu langsung saja kita pilih menu Plagiarism Checker.



2. Selanjutnya lalu Copy atau salin tulisan dari dokumen yang ingin kita cek tersebut dan kemudian paste-kan di kotak yang telah disediakan seperti terlihat pada gambar dibawah ini.



3. Jika sudah memasukkan teks, langkah selanjutnya kita pilih Check Plagiarism dan tunggu beberapa saat.



4. Jika hasilnya 100 % unique, maka tulisan tersebut dapat dikatakan sebagai tulisan asli yang tidak copy-paste (copas) dari internet.

Akan tetapi sebaliknya, jika terdapat tulisan plagiarized maka dapat dipastikan bahwa tulisan tersebut merupakan hasil copas dari tulisan yang ada di dunia maya internet.



Nah untuk memastikan asal tulisan yang (copas) tersebut darimana, kita juga dapat mengetahuinya dengan cara memilih (klik) tulisan yang terindikasi plagiarized, kemudian nantinya kita akan langsung diarahkan kepada website atau blog yang menulis artikel asli dari tulisan tersebut.

Selain menggunakan situs ini, kitapun masih bisa mengecek keaslian dari suatu teks atau tulisan dengan memanfaatkan beberapa web lain yang kurang lebih memiliki fitur yang sama. Adapun beberapa web itu seperti 1text.com, copyscape.com, dan lain sebagainya.

Diantara halaman yang ada tersebut, yang paling detail dalam mengecek yaitu situs 1text, meskipun untuk melakukannya memerlukan waktu yang sedikit lama jika dibandingkan dengan web lainnya yang sejenis.


Kelemahan Plagiarism Checker

Terlepas dari fungsinya yang dapat membantu kita dan juga sangat praktis didalam penggunaannya, ternyata fitur ini juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya

1. Karena ini merupakan sebuah website bukan aplikasi, maka kita tidak dapat mendownloadnya dan kita diharuskan untuk tetap online agar kita dapat menggunakannya.

2. Tulisan yang dapat dicek hanya terbatas 1000 kata untuk satu kali pengecekan, artinya jika kita mempunyai teks tulisan yang sangat banyak maka diperlukan waktu yang tidak sebentar.

3. Tulisan yang menjadi pembanding adalah tulisan yang hanya berasal dari website atau blog saja. Jadi misalkan saja jika kita ingin mengetahui apakah tulisan tersebut dicopas dari sebuah buku, majalah, koran dsb, maka kita tidak dapat memastikannya, kecuali buku tersebut sudah ada dalam bentuk digital dan sudah di-upload ke internet mungkin saja hal itu masih bisa.


Sebenarnya fungsi dari website ini bukan hanya untuk memerikasa tulisan-tulisan yang terindikasi plagiat saja. Melainkan terdapat fitur-fitur lain yang juga dapat mambantu memudahkan kita, yaitu seperti misalnya tool grammar checker, crop image, convert image, pemendek link url dan tentunya masih banyak lagi yang dapat kita lakukan dengan menggunakan website ini.

Bagaimana tertarik untuk mencoba?

Demikianlah tips tentang cara mengetahui tulisan copy-paste dari internet dengan plagiarism checker. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih :)

2 Comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

  1. Terimakasih gan, Informasinya sangat membantu.. Jangan lupa kunjungan balik gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Terima kasih telah berkunjung ke blog ini

      Delete
Previous Post Next Post

Contact Form

close