Cara Praktis Membuat Tabel di Program Microsoft Word


Tabel merupakan salah satu dari jenis format penulisan data analisis yang biasanya disusun dalam bentuk baris serta kolom dan dibatasi oleh banyak garis sehingga membentuk kotak-kotak persegi.

Nah untuk menyajikan data dalam bentuk bagan tabel ini, kita bisa membuatnya dengan berbagai macam program aplikasi pada perangkat komputer.

Adapun aplikasi yang paling umum digunakan oleh banyak orang dan juga akan dibahas pada kesempatan kali ini yaitu dengan memanfaatkan program bernama Microsoft Word.

Di program office satu ini kita dapat membuat bagan tabel dan memasukkan berbagai macam informasi data sesuai dengan keinginan kita dengan lebih mudah dan juga praktis.

Nah adapun untuk mengetahui bagaimana cara membuat menu tabel di Microsoft Word, maka bisa langsung disimak saja pada ulasan dibawah ini.


Cara Membuat Bagan Tabel di Program Office Microsoft Word

Disclaimer : Sedikit disclaimer sebelumnya bahwa dalam menjalankan tutorial ini kita hanya menggunakan Microsoft word versi tahun 2019 saja. Jadi bagi pengguna versi dibawah maupun di atasnya, mungkin saja bisa terjadi adanya perbedaan langkah-langkahnya meskipun tentu tidak akan terlalu jauh berbeda.

1. Langkah pertama kita buka terlebih dahulu program Ms. Word di perangkat komputer > lalu buka lembar kerja baru atau lembar kerja yang memang sudah kita buka sebelumnya.

2. Setelah itu pada bagian tab menu yang ada dibagian atas kita pilih Insert > lalu pilih menu Table > kemudian arahkan cursor mouse pada bagian kotak-kotak kecil dan buat tabel sesuai dengan jumlah baris serta kolom yang diinginkan.


Sebagai contoh disini kita akan membuat tabel dengan rincian jumlah kolom 3 dan jumlah baris 5. Nah untuk membuatnya tinggal disesuaikan dan di klik saja jumlah kolom dan baris yang diinginkan tersebut.

Lalu jika jumlah ketersediaan kolom dan baris dirasa kurang, maka kita masih bisa membuatnya secara manual dengan memilih menu Insert > lalu pilih menu Table > pilih Insert table > kemudian masukkan jumlah kolom yang diinginkan di menu number of columns dan jumlah baris di menu number of rows. Jika sudah lalu pilih OK.


Hingga langkah diatas maka cara dasar untuk membuat bagan tabel pun telah selesai dilakukan.

3. Setelah itu baru kita bisa memasukkan informasi data pekerjaan kita ke dalam kotak tabel yang telah dibuat tersebut satu persatu.


Tips Membuat Tabel di Microsoft Word agar Terlihat Rapih dan Lebih Estetik

Setelah kita selesai memasukkan semua data informasi, jangan lupa juga untuk melakukan beberapa edit serta penyesuaian agar tampilan dari tabel dapat terlihat lebih dinamis dan tidak terkesan kaku.

Adapun beberapa tips dasar yang bisa kita lakukan untuk mengedit tabel tersebut adalah sbb.

1. Untuk menggabungkan beberapa kotak cells (kolom maupun baris) menjadi satu, caranya yaitu blok terlebih dahulu bagian cells kolom atau baris yang ingin digabung > lalu pilih menu Layout > kemudian pilih Merge Cells.


Atau untuk cara cepat bisa juga dengan melakukan klik kanan pada cells yang telah diblok > lalu pilih Merge cells.

2. Tips selanjutnya untuk memposisikan teks tulisan agar tepat berada di tengah, maka caranya kita blok tulisan tersebut > lalu pilih menu Layout > kemudian pilih menu Align center.


Jika kita ingin membuat tulisan ada di sebelah kiri tengah, maka bisa memilih Align center left, dan untuk posisi lainnya bisa disesuaikan dengan memilih di menu Alignment tersebut.

3. Tips berikutnya untuk mengecilkan atau membesarkan setiap ukuran kolom agar fit atau sesuai dengan teks yang ditulis, caranya cukup dengan melakukan klik dua kali (double click) pada garis yang ingin diubah lebarnya (lihat gambar dibawah).


4. Bagian judul dan judul kecil jangan lupa dibuat tebal agar terlihat berbeda dengan bagian teks isi. Nah untuk menebalkan teks, caranya cukup diblok tulisan tersebut > lalu pilih menu Bold atau bisa juga dengan menekan tombol shortcut CTRL + B pada keyboard.

5. Jika ingin menambahkan kolom atau baris baru, caranya cukup blok beberapa kolom > lalu pilih menu Layout > kemudian pilih Insert below untuk menambah kolom dan baris baru di bagian bawah.


Sedangkan untuk menambah kolom disebelah kanan maupun kiri tabel, bisa dengan memilih menu insert left atau insert right, dan di bagian atas bisa pilih menu insert above.

6. Terakhir agar tabel bisa terlihat keren dan juga terkesan lebih dinamis, maka kita bisa memberikan background atau tema warna pada tabel yang sudah jadi.

Caranya kita cukup pilih menu Table Design yang ada di bagian sebelah atas > lalu pilih icon panah kebawah pada menu Table styles untuk membuka tema warna yang lebih banyak lagi.


Sebagai contoh disini kita memilih tema terang dengan background berwarna biru. Jika sudah memilih warna latar yang disukai, maka hasil akhirnya kurang lebih akan terlihat seperti berikut ini.

Nah bagaimana mudah bukan? Demikianlah postingan artikel kali ini tentang cara simpel membuat bagan tabel di program office Microsoft word.


Jika ada tips yang ingin ditanyakan lagi atau jika ada tahapan yang memang belum dimengerti, maka silahkan saja ajukan pertanyaan di kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close