Tips Membersihkan Keyboard Laptop yang Baik dan Aman


Tombol keyboard pada perangkat laptop merupakan salah satu komponen paling penting yang harus selalu dijaga kondisinya. Sebab hampir sebagian besar input dari perangkat portabel ini mayoritasnya tentu saja akan berasal dari keyboard.

Oleh karena itu, faktor kebersihan pada bagian tersebut haruslah mutlak selalu dijaga agar kinerjanya dapat tetap optimal dan bisa berjalan dengan normal saat sedang digunakan.

Disisi lain, keyboard yang kotor pun seringkali bisa membuat beberapa masalah, seperti menyebabkan pengalaman mengetik yang menjadi tidak nyaman, sering terjadi typo, atau bisa juga membuat tampilan dari keyboard yang terlihat kusam sehingga tidak enak dipandang.

Belum lagi bagian keyboard yang kotor dan jarang dibersihkan pun jika dibiarkan terus menerus, dikhawatirkan dapat memperpendek masa pemakaian dari keyboard itu sendiri dan bahkan bisa berpengaruh pada komponen hardware yang lain.

Nah agar hal-hal yang tidak diinginkan itu terjadi, maka sangat disarankan untuk kita bisa membersihkan bagian keyboard ini secara rutin.

Adapun untuk mengetahui bagaimana cara yang efektif dan aman saat ingin membersihkannya, maka bisa langsung disimak saja pada penjelasan berikut ini.


Cara Aman dan Benar dalam Membersihkan Keyboard Laptop


1. Siapkan Equipment

Hal pertama yang harus dilakukan, yaitu tentu saja kita persiapkan terlebih dahulu alat dan juga bahan-bahan untuk bisa membersihkan bagian keyboard laptop kita yang kotor.

Ada beberapa alat yang memang direkomendasikan untuk digunakan, yaitu seperti vacuum cleaner mini khusus untuk perangkat elektronik, kuas dengan memiliki bulu yang lembut, swab kapas/cotton bud, lap microfiber, dan juga alkohol jenis isopropil.

Semua alat tersebut semata-mata dibutuhkan agar proses pembersihan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan hasilnya pun dapat lebih maksimal.


2. Mematikan Laptop

Setelah kita menyiapkan peralatan atau equipment yang diperlukan, lalu sebelum mulai membersihkan kita pastikan terlebih dahulu jika laptop tersebut sudah benar-benar dalam kondisi mati (shutdown).

Adapun fungsi dimatikan sendiri yaitu berguna untuk mengurangi resiko dari adanya korsleting arus listrik yang mungkin bisa terjadi saat melakukan pembersihan. Ditambah lagi debu sendiri memang termasuk partikel yang rawan bisa menjadi sumber dari korsleting terutama jika teraliri listrik.

Selain itu, jika kita menggunakan jenis laptop model lama yang masih terdapat baterai di bagian luar (removable), maka sebaiknya cabut atau lepaskan saja baterai tersebut agar tidak memicu korsleting arus listrik juga, sekalian kita pun bisa melakukan pembersihan pada komponen baterai tersebut.


3. Cara Bersihkan Debu dan Noda

Pada saat proses pembersihan berlangsung, umumnya ada dua jenis kotoran yang sering ditemui.

Pertama yaitu ada jenis debu halus, dan yang kedua yaitu ada jenis noda yang menempel, seperti bekas tangan, noda minyak, maupun cairan/noda lain yang membandel. Jika laptop kita memiliki warna cerah seperti putih, biasanya noda seperti ini akan mudah menyeplak.

Nah pada tahap awal kita bisa membersihkan debu halus dengan memanfaatkan vacuum cleaner mini maupun alat semprotan udara, hingga debu benar-benar sudah hilang dan tidak terlihat ada yang menempel lagi.

Lalu jika masih ada yang tersisa, kita bisa mengusap menggunakan kuas halus atau bisa juga dengan menggunakan cotton bud untuk bisa menjangkau bagian yang memang sulit dijangkau terutama pada bagian sela-sela antar tombol.

Setelah itu, jika terdapat noda yang sangat menempel dan susah hilang, maka kita bisa mengbersihkannya dengan menggunakan lap microfiber yang sudah dibasahi dengan cairan isopropil sebelumnya. Cukup basahi sedikit saja, lalu bisa langsung diusapkan pada bagian yang kotor dan terdapat noda membandel.

Lalu jika terdapat pada bagian sela-sela yang lebih sempit diantara tombol, kita pun bisa menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi juga menggunakan cairan isopropil.


4. Posisi Terbalik

Beberapa bagian pada keyboard mungkin akan ada noda yang sulit dibersihkan dan letaknya terkadang berada dibagian antar sela-sela tombol. Jika terlalu keras dalam membersihkannya, terkadang kotoran malah bisa masuk kebagian dalam mesin/PCB dari laptop.

Nah untuk mengatasi hal ini, maka ada baiknya kita membalik laptop dengan sedikit membuka bagian layar hingga membentuk segitiga. Cara ini selain lebih mudah, juga dapat membantu dalam mengamankan komponen bagian dalam agar tidak mudah rusak, akibat banyak debu yang masuk kedalam sistem hardware laptop.


5. Pencet Tombol Keyboard

Saat posisi laptop terbalik ke arah bawah, kita pun sesekali bisa memencet atau menekan-nekan tombol pada keyboard berulang kali seperti saat sedang mengetik.

Adapun hal ini dimaksudkan agar debu dan kotoran dapat lebih mudah turun kebawah karena adanya hentakan pada saat kita menekan tombol-tombol tersebut.

Namun melakukannya disarankan jangan terlalu keras juga, karena hal tersebut jika dilakukan mungkin malah bisa berdampak buruk pada durability keyboard yang mungkin akan cepat kendor dan tidak elastis lagi terutama pada bagian karet membran.


6. Lepaskan Tombol

Jika kotoran yang dibersihkan memang tergolong cukup banyak dan kita pun merasa perlu membersihkan keyboard secara menyeluruh, maka tidak ada salahnya untuk kita membongkar bagian cover casing dan melepaskan tombol keyboard.

Cara ini bisa dibilang lebih ampuh untuk membersihkan debu dan kotoran lainnya yang menempel.

Hanya saja untuk membuka penutup casing dan melepaskan tombol tentu memerlukan keterampilan khusus. Sebab jika salah pada saat membongkar, bukan tidak mungkin malah keyboard akan menjadi error atau tidak bisa berfungsi lagi saat dipasang kembali.

Jadi pastikan saja saat melakukan opsi ini, kita harus sudah mengerti tentang tatacara membongkarnya dan bila perlu kita bisa melihat tutorial di youtube terlebih dulu sebelum benar-benar melakukannya.


Nah itulah tadi sedikit tips tentang bagaimana cara yang aman dalam membersihkan dan menghilangkan noda kotor yang ada pada keyboard laptop.

Sebelum debu dan kotoran itu menumpuk, maka ada baiknya untuk kita selalu membersihkan secara rutin paling tidak sekitar satu bulan sekali. Sebab jika sudah menempel terlalu lama, terkadang kotoran akan menjadi sulit dibersihkan dan hal tersebut bisa juga membuat proses pembersihan menjadi lebih sulit karena noda yang sudah terlalu membandel.

Selain itu, dengan kita membersihkannya secara teratur hal inipun dapat membantu dalam mencegah kerusakan maupun masalah teknis lain yang mungkin bisa terjadi pada keyboard laptop, seperti misalnya tombol yang terasa lebih keras saat ditekan maupun masalah error lainnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post
close