7 Penyimpanan Cloud Online Gratis yang Wajib Dicoba


Penyimpanan awan atau cloud storage pada dasarnya merupakan sebuah layanan penyimpanan data yang bisa diakses secara online melalui jaringan internet.

Penyimpanan berbasis cloud memang belakangan ini menjadi salah satu alternatif pilihan yang bisa dicoba, terutama saat kita ingin menyimpan berbagai macam data tapi tidak mau membeli banyak storage fisik lagi.

Jenis penyimpanan seperti ini umumnya berupa situs website, sehingga setiap file yang di-upload atau disimpan nantinya bisa dengan mudah untuk dishare ke orang lain yang dikehendaki.

Selain itu, dengan menggunakan jenis layanan cloud, kitapun bisa lebih mudah untuk menyimpan, mengelola, dan juga mengakses data dari berbagai macam perangkat gadget yang berbeda sekalipun tanpa harus repot untuk melakukan sinkronisasi data sebelumnya.

Saat ini sudah banyak sekali situs storage cloud yang menawarkan berbagai macam produk serta layanan fitur yang bisa dipilih.

Adapun pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk memberikan beberapa rekomendasi list dari storage cloud yang worth it untuk dipakai.


Rekomendasi Daftar Penyimpanan Awan Online yang Gratis dan Mudah Digunakan


1. Terabox

Di list pertama ada terabox yang merupakan salah satu layanan penyimpanan online yang bisa dibilang masih tergolong baru.

Namun meskipun begitu, layanan satu ini menjadi salah satu yang paling populer beberapa waktu belakangan ini. Hal tersebut bisa terjadi karena Terabox sendiri berani memberikan jasa layanan versi gratis dengan benefit yang paling baik.

Beberapa fitur yang diberikan dari Terabox, yaitu seperti penyimpanan cloud gratis hingga 1 TB, layanan pencadangan file otomatis, kecepatan download file yang sangat cepat, hingga proses mengirim file-file yang besar hingga 20GB.


2. Google Drive

Siapa yang tidak kenal dengan layanan storage satu ini. Sebagai salah satu produk dari perusahaan Alphabet, google Drive ini menawarkan banyak sekali fitur serta kemudahan dalam penggunaan layanannya.

Adapun beberapa kelebihan dari google drive sendiri, yaitu seperti sistem keamanan yang kuat dan stabil, karena kita tahu bahwa google sendiri merupakan perusahaan besar yang tentu memiliki sistem keamanan yang jauh lebih terjamin dan jaringan server yang umumnya jarang mengalami down.

Selain itu, jika kita menggunakan google drive, kita dapat dengan mudah untuk menyinkronkan data dengan layanan google yang lain seperti google document, spreadsheet, slide, dll.

Sementara untuk layanan penyimpanan gratis, di situs ini kita akan mendapatkan kurang lebih sekitar 15 GB space penyimpanan. Dan untuk mendapatkan space yang lebih besar kita harus mengambil paket premium bulanan.


3. Mega

Mega merupakan salah satu dari layanan cloud storage yang memiliki prinsip untuk selalu menjaga dan memberikan hak privasi lebih kepada para pengguna agar lebih nyaman saat diakses.

Oleh karena itu, tidak heran jika salah satu keunggulan dari Mega yang ditawarkan yaitu dengan hadirnya fitur enkripsi end-to-end yang membuat privasi user dapat lebih terjaga dan tetap rahasia jika dibandingkan dengan layanan sejenis.

Adapun untuk layanan penyimpanan gratis, di Mega kita bisa mendapatkan ruang yang cukup lumayan besar yaitu sekitar 50GB free. Dan masih bisa diupgrade menjadi lebih besar lagi dengan mengambil paket langganan per bulan.


4. OneDrive

OneDrive merupakan jenis layanan penyimpanan online berbasis cloud yang dimiliki oleh perusahaan Microsoft. Jadi tidak heran saat kita memakai sistem operasi Windows, maka umumnya PC komputer kita akan langsung terinstall dan terintegrasi dengan layanan OneDrive ini.

Bahkan kita pun bisa melakukan settingan agar nantinya saat membuat pekerjaan pada Microsoft Office file tersebut bisa langsung disimpan di OneDrive, sehingga tidak akan menghabiskan ruang penyimpanan fisik di storage komputer kita.

Nah untuk ruang penyimpanan gratis, di OneDrive kita hanya akan mendapatkan space sekitar 5GB saja. Memang cukup kecil, namun sudah lebih dari cukup jika kita memang memanfaatkannya hanya untuk menyimpan file dokumen yang relatif ringan seperti file word, excel, power point, dll.


5. DropBox

DropBox terkenal sebagai media penyimpanan online yang memiliki banyak fitur dan kemudahan bagi para penggunanya.

Beberapa kelebihan dari DropBox yaitu seperti tampilannya yang cukup user friendly dan mudah digunakan, kemudian tersedia juga dalam bentuk apps sehingga lebih praktis saat ingin diintegrasikan dengan perangkat mobile seperti smartphone, adanya fitur backup otomatis, serta memiliki dukungan untuk bisa diakses diberbagai macam sistem operasi baik itu Windows, Mac OS, Linux, dan juga Android.

Pada cloud Dropbox kita bisa mendapatkan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB, dan tentu saja hal itu masih bisa ditambah jika kita memilih paket premium berlangganan.


6. pCloud

pCloud bisa menjadi salah satu alternatif jika kita ingin menyimpan file secara online dengan memanfaatkan cloud storage. Disini kita akan mendapatkan ruang penyimpanan seumur hidup yang cukup besar ditambah dengan adanya sistem keamanan enkripsi end-to-end yang lebih privat.

Secara umum layanan gratis dari pCloud cukup standar yaitu hanya memberikan ruang penyimpanan gratis sekitar 10GB saja. Namun seperti yang telah disebutkan diatas, salah sati keunggulan dari memilih pCloud, yaitu kita bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang besar dan berlaku seumur hidup tanpa perlu repot berlangganan setiap bulan.

Artinya kita hanya perlu membayar sekali saja dan bisa mendapatkan storage space permanen yang cukup besar. Adapun salah satu paket yang ditawarkan, yaitu kita hanya perlu membayar sekali sekitar 175 US dollar (saat artikel ini dibuat) untuk bisa mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 2TB.


7. Mediafire

Terakhir ada mediafire yang merupakan salah satu dari jenis penyimpanan cloud yang paling populer dan sudah beroperasi cukup lama.

Di mediafire ini kita bisa melakukan upload dan download file dengan lebih simpel karena tampilan dari interfacenya yang tergolong sangat ramah dan mudah digunakan meski oleh kita yang baru pertama kali memakai layanan penyimpanan awan sekalipun.

Selain itu, kelebihan dari mediafire yaitu kecepatan atau bandwidth yang diberikan saat ingin mendownload file terbilang cukup cepat. Sehingga kita bisa menyimpan atau mengunduh file berukuran besar dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Adapun di mediafire kita akan mendapatkan ruang penyimpanan gratis sebanyak 10GB dan masih bisa diupgrade dengan memilih layanan berbayar premium dengan maksimal penyimpanan yaitu hingga mencapai 1TB.


Nah itulah tadi beberapa daftar rekomendasi dari penyimpanan awan online gratis yang bisa kita pilih. Sebenarnya masih banyak jenis cloud storage lain yang sama-sama bagus namun belum dibahas pada postingan kali ini.

Setiap situs pastinya memiliki ketentuan dengan menawarkan fitur layanan yang berbeda-beda. Jadi pastikan saja untuk kita memilih cloud storage yang sesuai dengan kebutuhan.

Adapun beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan saat ingin memilih penyimpanan online, yaitu seperti tingkat keamanan yang diberikan, kemudahan penggunaan, maksimal ruang penyimpanan yang diberikan, serta speed dan juga bandwidth saat file ingin di download.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close