Mengenal 28 Istilah yang ada dalam Idol Group JKT48


Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa JKT48 sendiri pada dasarnya merupakan bagian dari sister group yang mengadopsi konsep yang sama dengan AKB48 yaitu idola yang bisa dijumpai setiap hari.

Sebagai sebuah idol grup yang diadaptasi dari Jepang, memang membuat kita sebagai fans pun terkadang menjadi bingung dengan beberapa istilah asing yang mungkin belum banyak diketahui.

Nah oleh karena itu, khusus bagi kita yang memang baru terjun ke dunia per-idol-an ini, maka tidak ada salahnya untuk kita mempelajari terlebih dahulu tentang istilah-istilah umum yang sering muncul agar kita tidak bingung lagi.

Lalu apa saja istilah tersebut? Dan untuk mengetahuinya, maka langsung saja kita cek pada ulasan berikut ini.


Inilah Istilah Penting yang Wajib Diketahui Bagi Fans Idol Grup JKT48

Catatan : untuk memudahkan pencarian Anda bisa menekan tombol CTRL + F lalu ketik kata yang dicari kemudian tekan tombol enter.

1. Center, atau bisa juga disebut sebagai Ace merupakan istilah yang digunakan dalam menyebut posisi member paling utama pada setiap penampilan JKT48. Posisi Ace biasanya berada dibarisan tengah depan, sehingga memungkinkan member akan lebih banyak disorot saat melakukan show. Umumnya untuk bisa menjadi center, member harus berhasil menjadi nomor satu di pemilihan senbatsu sousenkyo atau bisa juga karena dipilih langsung oleh pihak manajemen.

2. Event 2 Shot, merupakan event yang memungkinkan fans bisa mengabadikan momen dengan foto bareng bersama dengan member idol tertentu. Ada beberapa jenis 2 shot yang ada, yaitu seperti 2 shot with JKT48, 2 shot graduation, 2 shot roulette, dan juga 2 shot birthday.

3. Event Handshake, seperti namanya handshake berarti jabat tangan, yaitu momen dimana fans bisa bertemu langsung dan menyapa member sekaligus berjabat tangan dengan member yang dikehendaki. Tiket handshake bisa didapatkan dengan cara membeli CD maupun souvenir lainnya yang terdapat bonus berupa tiket handshake.

4. Golden Rules, adalah peraturan paling utama yang wajib dipatuhi dan tidak boleh dilanggar oleh para member JKT48. Jika dilanggar maka biasanya member tersebut akan mendapatkan sanksi berdasarkan jenis pelanggaran yang telah dilakukan. Ada 8 aturan yang termasuk kedalam golden rules, dimana beberapa diantaranya yaitu seperti tidak boleh berpacaran selama menjadi member, tidak boleh mengabaikan pendidikan, dll.

5. Graduate / Graduation, adalah istilah yang diberikan untuk menyebut member yang telah lulus atau keluar dari grup JKT48 secara resmi. Sementara member yang keluar "tidak resmi" biasanya disebut dengan resign. Member yang menyatakan graduate biasanya tidak akan langsung keluar, melainkan baru benar-benar resmi keluar setelah melakukan pertunjukan terakhir (last show). Selain itu, beberapa member populer mungkin akan berkesempatan untuk mendapatkan graduation single, yaitu lagu yang dirilis khusus dalam menyambut kelulusan seorang member.

Beberapa graduation single yang pernah dirilis:
  • Lagu So Long untuk kelulusan member Jessica Veranda (Ve), dirilis 8 Maret 2017.
  • Lagu Kimi wa Melody (Dirimu Melody) untuk kelulusan Melody Nurramdhani Laksani, dirilis 14 Desember 2017.
  • Lagu Sayonara Crawl untuk kelulusan Shani Indira Natio, dirilis 11 Oktober 2023.

6. Jikoshoukai, atau sering dikenal juga sebagai jiko merupakan ucapan atau salam perkenalan dari masing-masing member yang akan dibawakan saat pertama kali menyapa para fans. Setiap member akan memiliki jikoshoukai yang unik dan berbeda-beda satu sama lain.

Beberapa contoh Jiko member :
  • Jiko dari Shani : "Semanis coklat, selembut sutra. Halo, aku Shani!"
  • Jiko Melody : "Ceria dan Bersinar selalu. Halo aku Melody!"

7. JOT, adalah singkatan dari JKT48 Operation Team, yaitu panggilan untuk manajer utama yang bertugas serta bertanggung jawab dalam mengatur segala macam kegiatan operasional yang ada di JKT48 seperti saat perform di teater, mengadakan event, pembuatan single MV, dll.

8. Kabesha, merupakan singkatan dari Kabekake shashin, yaitu foto figura dari masing-masing member dan biasanya dipajang pada dinding yang berlokasi di Teater JKT48 di FX Sudirman.

9. Kaigai, adalah member pertukaran pelajar, yaitu member JKT48 yang dimutasi atau ditransfer ke sister grup lain atau bisa juga member dari sister grup luar seperti AKB48 yang dipindahkan ke JKT48. Contohnya yaitu seperti Haruka Nakagawa, Aki Takajo (Akicha), dan Rina Chikano (Chikarina).

10. Kennin, adalah istilah untuk menyebut member yang memiliki posisi di dua tim atau dua idol grup yang berbeda. Artinya member merangkap di tim atau grup yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Misalnya saja seperti Melody yang sejak periode 1 Desember 2016 - 2018 pernah merangkap di dua tim sekaligus yaitu Tim J dan juga Tim T.

11. Member, adalah istilah yang digunakan untuk menyebut semua personil anggota di JKT48. Member biasanya dibagi kedalam beberapa tim / kelompok seperti tim J, tim KIII, tim T, dan member pelatihan (trainee). Namun semenjak 11 Januari 2021 terjadi restrukturisasi dimana semua tim dibubarkan dan dilebur menjadi satu, sehingga saat ini belum dibuat pengelompokan tim lagi.

12. Oshi / Oshimen, merupakan istilah yang digunakan oleh para fans dalam menyebutkan member idola yang disukai atau difavoritkan. Setiap fans mungkin bisa memiliki lebih dari satu oshi yang diidolakan dan itu merupakan hal yang sangat wajar. Nah oshi yang paling kita sukai diantara oshi yang lain bisa dipanggil dengan sebutan oshimen.

13. Seifuku, secara sederhana merupakan seragam atau outfit pakaian yang digunakan saat para member sedang melakukan perform.

14. Seitansai (STS), dalam bahasa jepang sering diartikan sebagai perayaan ulang tahun, dalam konteks idol grup seitansai adalah penampilan show yang dilakukan oleh member di waktu yang bersamaan atau berdekatan dengan perayaan ulang tahun dari member tersebut.

15. Senbatsu, secara kata bisa diartikan sebagai seleksi atau pilihan, yaitu member terpilih yang berhak untuk membawakan single lagu atau song utama yang nantinya dibawakan dalam Music Video (MV) baru yang akan dirilis. Jumlah senbatsu biasanya terdiri dari beberapa member pilihan paling teratas, yaitu dari urutan nomor 1 sampai 16 saja. Di JKT48 sendiri, ada 3 jenis senbatsu yang umum dilakukan, yaitu senbatsu management (senbatsu yang dipilih langsung oleh pihak management), senbatsu sousenkyo, dan senbatsu janken.

16. Senbatsu Sousenkyo (SSK), adalah member senbatsu yang dipilih secara langsung oleh para fans melalui voting seperti layaknya sebuah pemilu. Member yang mendapatkan suara voting terbanyak akan berada di urutan paling atas dan berhak tampil menjadi seorang center.

17. Senbatsu Janken, merupakan member senbatsu yang pemilihannya dilakukan dengan cara mengikuti permainan janken (suit gunting-kertas-batu). Setiap member akan saling bertanding suit janken untuk memperebutkan jatah senbatsu yang kosong, sehingga semua member berpeluang untuk menjadi senbatsu dan membawakan single lagu terbaru. JKT48 pernah melakukan senbatsu janken pada periode 19 Agustus 2016 untuk membawakan lagu singel berjudul Love trip.

18. Undergirls (UG), adalah member terpilih yang berhak untuk membawakan lagu coupling utama (lagu tier kedua setelah single lagu yang akan dibawakan oleh senbatsu). Member Undergirls adalah mereka yang hanya berada diurutan posisi 17 sampai 32 dalam pemilihan senbatsu sousenkyo.

Selain sebutan Undergirls ada juga istilah Next girls, future girls, dan juga upcoming girls. Namun untuk pemilihan kategori ini akan tergantung dari banyaknya jumlah member yang aktif pada saat itu.

19. Next girls, member yang hanya menempati urutan nomor 33 sampai 48 pada pemilihan senbatsu sousenkyo. Member ini berhak membawakan lagu coupling kedua.

20. Future girls, member yang hanya menempati urutan nomor 49 sampai 64 pada pemilihan senbatsu sousenkyo. Member ini berhak membawakan lagu coupling ketiga.

21. Upcoming girls, member yang hanya menempati urutan nomor 65 sampai 80 pada pemilihan senbatsu sousenkyo. Member ini berhak membawakan lagu coupling keempat.

22. Setlist, adalah konsep pertunjukan serta list daftar lagu apa saja yang akan dibawakan pada saat pertunjukan, baik itu dalam show di teater maupun pada saat show konser. Beberapa setlist yang ada, yaitu seperti Pajama Drive awal debut 2012, Dareka no Tame Ni (Demi seseorang) awal debut 2014, Theater no Megami (Dewi Teater) awal debut 2015, Seifuku no Me / SNM (Tunas dibalik Seragam) awal debut 2019 dengan memiliki teknik tarian yang terkenal cukup sulit, dll.

23. Shonichi, bisa diartikan sebagai hari pertama, yaitu penampilan pertama yang dilakukan oleh seorang member pada sebuah show ketika menyanyikan lagu atau setlist tertentu. Namun di JKT48 segala hal yang dilakukan pertama kali oleh member sering disebut sebagai shonichi juga.

24. Showroom (SR), adalah kegiatan berinteraksi seperti ngobrol dan tanya jawab antara member dengan fans melalui live streaming video. Showroom sendiri sebenarnya merupakan sebuah aplikasi live stream yang berasal dari jepang.

25. Single, adalah istilah yang digunakan dalam menyebutkan lagu utama yang akan dirilis. Dimana lagu single tersebut biasanya akan dibuatkan Music Video (MV) dan dinyanyikan oleh para member senbatsu yang terpilih.

26. Trainee / Kenkyuusei, adalah member baru yang masih dalam tahap pengembangan atau siswa pelatihan dan belum dipromosikan kedalam tim manapun.

27. Unit Song, yaitu lagu yang hanya dibawakan oleh beberapa member saat show, biasanya terdiri dari 1 hingga maksimal 6 member saja.

28. Wota, merupakan istilah yang digunakan di Jepang untuk menyebut fans fanatik dari idol grup termasuk berlaku juga untuk JKT48. Meski begitu sebenarnya nama resmi dari penggemar JKT48 sendiri bukan Wota melainkan fans JKT48.


Nah itulah tadi beberapa istilah yang mungkin sering kita dengar saat membicarakan mengenai idol grup JKT48.

Postingan artikel ini mungkin akan diperbaharui secara berkala jika memang ada penambahan istilah baru yang lain. Jadi jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini untuk melihat informasi dan berita ter-update lainnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close