6 Aplikasi Smartphone untuk Belajar Bahasa Korea


Beberapa tahun belakangan ini berbagai macam hal yang berhubungan dengan Korea memang mulai banyak disukai oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia dan tak terkecuali juga bagi masyarakat Indonesia.

Dari mulai K-pop, K-drama, bahkan hingga budaya dan juga kuliner khas korea, seringkali menjadi sebuah tren yang banyak ditiru serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Sehingga tak heran jika banyak kalangan terutama anak muda yang kemudian ingin mendalami seputar negara Korea dan salah satunya yaitu dengan mempelajari bahasa negara tersebut.

Nah bagi teman-teman yang memang ingin belajar bahasa Korea namun tidak mau repot untuk ikut kursus, tenang saja karena ternyata ada banyak sekali cara mudah untuk kita bisa belajar bahasa Korea. Dan salah satunya, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi yang bisa diinstall langsung pada perangkat smartphone.

Selain lebih praktis tentu dengan cara ini kita bisa lebih hemat budget, karena dari beberapa aplikasi yang nanti akan dibahas memang memiliki fitur basic yang tentunya bisa diakses secara gratis oleh siapapun.

Lalu apa saja aplikasi yang disarankan untuk kita bisa belajar Bahasa Korea ini? Nah untuk mengetahuinya, maka langsung saja kita simak pada penjelasan berikut ini.


Inilah Rekomendasi Aplikasi pada Smartphone untuk Belajar Bahasa Korea Dasar secara Gratis


1. Duolingo

Duolingo merupakan salah satu platform untuk belajar bahasa yang paling favorit dan banyak digunakan orang saat ini, dimana lebih dari 100 juta orang yang telah mendownload aplikasi tersebut.

Pada aplikasi Duolingo banyak sekali bahasa yang dapat dipilih termasuk salah satunya yaitu bahasa Korea yang bisa kita pelajari di platform tersebut.


Disini kita bisa belajar dengan lebih mudah kosakata dan juga huruf hangul karena dibantu dengan adanya fitur penyebutan kata agar kita tidak salah dalam pengucapan yang benar.

Ada beberapa pilihan pembelajaran yang bisa diambil, yaitu dari mulai kelas basic khusus bagi kita yang benar-benar baru belajar bahasa Korea, dan ada juga kelas lanjutan yaitu untuk yang sudah pernah belajar bahasa Korea sebelumnya.


2. Cake - Belajar Bahasa Asing

Pada platform cake hanya ada dua pilihan bahasa yang bisa dipelajari setidaknya saat artikel ini dibuat, yaitu bahasa Inggris dan juga bahasa Korea.

Disini kita bisa mulai belajar alphabet korea (huruf hangul), kosakata, serta pengucapan dalam bahasa Korea yang benar.

Nah enaknya lagi, di platform Cake ini kita bisa juga belajar bahasa secara langsung dari penutur aslinya (orang korea) yang disajikan dalam bentuk video, baik itu berupa video pendek maupun video panjang.


Bahkan ada juga video berupa potongan percakapan dari film, vlog, maupun reality show yang diisi oleh public figure maupun artis Korea yang sedang berbicara. Jadi kita seolah diajarkan langsung oleh tokoh-tokoh terkenal tersebut.

Sehingga disini selain kita bisa belajar memahami pengucapan bahasa Korea yang benar dengan lebih seksama, sekaligus bisa juga dijadikan sebagai ajang untuk melihat artis korea idola kita.


3. Memrise

Pada aplikasi ini kita memiliki konsep belajar dengan porsi yaitu 20% menyimak dan 80% sisanya kita akan melakukan latihan dari apa yang sudah dipelajari.

Di platform memrise kita bisa memilih dan menjadwalkan waktu belajar sesuai dengan waktu luang yang kita miliki. Sehingga proses pembelajaran pun nantinya tidak akan terganggu dengan rutinitas yang sedang kita lakukan baik itu belajar di sekolah maupun bekerja.


Salah satu hal yang menarik di memrise ini, yaitu sudah dibekalinya sistem AI canggih yang bisa membantu kita untuk mempelajari bahasa dengan lebih mudah.

AI bernama Membot ini bisa mengambil peran sesuai dengan profesi tertentu, seperti panelis saat wawancara kerja, barista atau menjadi seolah seperti teman yang bisa membuat kita lebih serasa belajar di sekolah.


4. Lingodeer

Pada platform lingodeer kita belajar bahasa Korea dari mulai pengucapan sederhana sampai dengan penggunaan tatabahasa yang rumit.

Adapun metode pembelajaran yang dipakai di aplikasi ini yaitu disusun berdasarkan tema atau topik tertentu, seperti ucapan salam, kewarganegaraan, olahraga, bagian tubuh, angka, warna, transportasi, dan masih banyak tema lain yang menarik untuk bisa dipelajari.

Dalam setiap tema terdapat setidaknya materi bahasa Korea yang disertai dengan pengucapan serta gambar ilustrasi agar lebih memudahkan untuk dipahami. Dan setelah mendapatkan beberapa materi tersebut, nantinya beberapa sesi kita akan dites lewat beberapa pertanyaan soal.


Selain itu ada juga kategori berdasarkan bentuk kalimat, seperti kalimat bentuk negatif, kalimat pertanyaan, kalimat lampau, bentuk kata sopan, kata kerja, kalimat perintah, dan juga bentuk kalimat lainnya.

Enaknya lagi di aplikasi lingodeer, kita bisa belajar Korea dengan langsung menggunakan bahasa native Indonesia. Dimana beberapa aplikasi lain kebanyakan masih harus menggunakan bahasa Inggris untuk bisa mempelajari bahasa Korea.

Hal ini tentu bisa menjadi salah satu keunggulan tersendiri dari lingodeer untuk membantu kita agar dapat belajar bahasa Korea dengan lebih nyaman dibanding dengan menggunakan aplikasi yang lain.


5. Drops : Belajar Bahasa Korea dan Hangul

Pada aplikasi Drops kita belajar bahasa Korea dengan konsep menggunakan ilustrasi gambar disertai dengan pemberian materi susun kata dari bahasa hangul dan hanja melalui games kata sederhana.

Ada lebih dari 25 bahasa yang dapat dipelajari termasuk bahasa Korea. Dimana agar bisa semakin memudahkan, dalam setiap penyampaian materi kita bisa belajar sesuai dengan kategori yang diinginkan seperti halnya yang ada pada aplikasi lingodeer.


Adapun beberapa kategori topik yang bisa dipilih yaitu seperti kategori kata benda, transportasi, binatang, makanan, warna, negara, sifat, mimik wajah, dll. Dimana dari masing-masing topik tersebut akan dibagi lagi kedalam beberapa sub-kategori untuk lebih memudahkan kita dalam belajar setiap bahasa.

Hanya saja di drops ini, setiap bahasa akan dipisah dan dibuat menjadi aplikasi yang berbeda-beda. Namun disisi lain hal tersebut bisa menjadi satu kelebihan karena kita bisa dengan lebih nyaman untuk mempelajari satu bahasa saja.


6. Hellotalk

Pada pilihan belajar bahasa dengan kategori basic, kita bisa mempelajari materi bahasa Korea seperti aplikasi lain pada umumnya seperti belajar huruf hangul, belajar pengucapan, dan juga adanya fitur kamus untuk melakukan translate dari dan ke bahasa Korea.

Adapun salah satu hal yang menjadi pembeda dan kelebihan dari aplikasi Hellotalk, yaitu disini kita bisa langsung berinteraksi dengan orang lain layaknya pada media sosial untuk belajar berbagai jenis bahasa termasuk bahasa Korea.


Boleh dibilang aplikasi Hellotalk berfungsi seperti halnya media pertukaran bahasa. Dimana agar kita lebih mudah ber-interaksi, kita bisa memanfaatkan alat pembelajaran seperti kamus terjemahan dan keterangan instan untuk dapat belajar dengan mengobrol bersama penutur bahasa asli.

Layaknya seperti di media sosial, pada aplikasi hellotalk kita juga bisa menambah teman dan ikut siaran live untuk belajar bahasa dari penduduk lokal setempat di seluruh dunia melalui fitur siaran langsung dan juga voiceroom.


Nah itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kita gunakan untuk belajar bahasa Korea dengan hanya memanfaatkan perangkat gadget smartphone saja.

Selain aplikasi yang sudah dijelaskan diatas tersebut, sebenarnya masih ada beberapa aplikasi lain lagi yang sama bagusnya dan bisa kita gunakan untuk belajar bahasa dengan lebih mudah.

Hanya saja karena keterbatasan, untuk aplikasi lainnya mungkin akan coba kita bahas selanjutnya pada kesempatan yang lain saja.

Akhir kata semoga postingan ini bisa bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close