Tips Menyelamatkan dan Memperbaiki HP Tenggelam di Air


Peralatan elektronik memang sangat rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh air. Sebab zat cai atau air memang memiliki sifat korosif yang memungkinkan bisa membuat komponen elektronika menjadi mudah rusak dan berkarat.

Hal ini tentu akan berlaku juga dengan penggunaan perangkat gadget smartphone. Dimana tidak jarang saat sedang dipakai, gadget tersebut bisa saja secara tidak sengaja terkena cipratan air atau bahkan bisa lebih parah lagi yaitu sampai tercemplung masuk kedalam air.

Meskipun desain handphone saat ini memang kebanyakan sudah memakai proteksi IP rating, namun tetap saja hal itu bukan berarti bisa melindungi secara penuh dan menghindarkan dari adanya kerusakan yang terjadi.

Sertifikasi IP rating ini biasanya memiliki batasan tertentu, seperti mengenai toleransi kedalaman air yang diperbolehkan dan juga seberapa lama waktu dari smartphone tersebut tenggelam. Belum lagi, adanya sertifikasi tersebut seringkali tidak akan bertahan jika gadget tersebut masuk kedalam air laut.

Apalagi perlindungan IP rating pun kebanyakan memang hanya diberikan pada tipe handphone seri menengah keatas saja. Jadi bagi user yang memakai model HP kentang alias tipe entry level, sudah pasti harus berhati-hati agar gadget tersebut tidak terkena jenis cairan apapun.

Lalu bagaimana langkah yang harus dilakukan jika smartphone kita sudah masuk kedalam air?

Sebenarnya ada beberapa langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat perangkat gadget kita tenggelam di air. Adapun untuk mengetahuinya, maka bisa langsung disimak pada penjelasan berikut ini.


Cara Melakukan Pertolongan pada Handphone yang Masuk kedalam Air


1. Jangan Langsung Dihidupkan

Kebanyakan perangkat smartphone yang nyemplung kedalam air, biasanya gadget tersebut akan langsung berada dalam kondisi mati terutama bagi HP yang tidak memiliki fitur proteksi berupa IP rating.

Nah jika hal ini terjadi, maka jangan pernah untuk langsung menyalakannya kembali. Sebab hal ini bisa saja akan menimbulkan korsleting arus listrik, dan justru malah bisa membuat HP menjadi rusak atau bahkan mati total.

Sebaliknya jika smartphone dalam keadaan masih aktif menyala pun, maka sangat disarankan juga untuk segera menonaktifkannya. Hal ini tentu bertujuan agar tidak terjadi arus pendek pada bagian komponen di dalam HP akibat dari air yang masuk.


2. Segera Dibersihkan dan Dikeringkan

Jika handphone sudah tercebur masuk kedalam air, maka segeralah untuk mengeringkan dan membersihkan, baik itu dengan menggunakan lap kain atau bisa juga dengan menggunakan tisu kering.

Hal ini dilakukan tentu saja agar air tidak masuk terlalu banyak kebagian dalam komponen elektronik yang rawan akan mengalami kerusakan. Apalagi jika air tersebut merupakan air laut, maka bisa saja komponen akan mengalami korosi.

Adapun beberapa celah yang memungkinkan untuk air bisa masuk, yaitu seperti pada bagian lubang charger, lubang earphone, tempat memasukkan simcard dan kartu memory, serta celah antar sambungan dari body HP. Jadi pastikan saja, bagian-bagian tersebut sudah dilap dan berada dalam kondisi yang benar-benar kering.


3. Membongkar Part HP

Meski secara kasat mata handphone yang tercebur terlihat sudah kering dan sudah dilap menggunakan kain, terkadang kelembapan pada gadget mungkin masih sangat tinggi.

Dimana sifat lembab ini sebenarnya tidak baik bagi material HP karena memiliki kandungan air yang bisa mengembun dan tentu saja memungkinkan untuk masuk kebagian dalam gadget tersebut.

Nah oleh karena itu, agar bagian dalam tidak mengalami pengembunan terutama pada bagian layar, maka sangat disarankan agar kita segera membongkar atau membuka bagian cover belakang HP.

Jika kita tidak tahu cara membongkarnya, mungkin kita bisa melihat tutorial di youtube tentang bagaimana cara membuka bagian cover belakang sesuai dengan model gadget yang sedang dipakai.

Jika sudah, maka kita bisa langsung mengeringkan bagian dalam komponen HP dengan cara diangin-anginkan, baik itu menggunakan kipas secara manual atau bisa juga dengan ditempatkan di ruangan yang terbuka.


4. Wadah Kedap Udara dengan Silica Gel

Nah agar tingkat kelembaban air dapat semakin berkurang dengan lebih cepat, maka kita bisa mencoba untuk memasukkan gadget kedalam wadah maupun plastik kedap udara yang sudah diisi menggunakan kertas silica gel sebelumnya.

Silica gel sendiri dapat membantu untuk menyerap kandungan air serta tingkat kelembaban uap air yang tinggi pada komponen smartphone yang tenggelam di air. Sehingga dengan kelembaban yang lebih terjaga, dapat membuat bagian HP terutama yang terbuat dari bahan logam tidak mudah berkarat dan korosi.


5. Memakai Beras

Nah alternatif lainnya jika kita tidak mempunyai silica gel yaitu bisa juga diganti dengan menggunakan beras. Caranya pun cukup mudah, yaitu tinggal kita siapkan saja beras pada sebuah wadah, baru kemudian kita kubur smartphone yang sebelumnya masuk kedalam air, lalu kita tutup wadah tersebut hingga rapat.

Handphone yang dikubur dalam beras, lama kelamaan akan menimbulkan efek hangat. Hal ini bisa terjadi karena beras memiliki karakter yang kering dan tidak banyak mengandung air. Sehingga jika gadget dimasukkan dalam beras efek hangat tersebut akan muncul dan dapat segera menyerap tingkat kelembapan uap air.

Lakukan tips ini baik itu menggunakan silica gel maupun beras kurang lebih sekitar satu malam, agar komponen dapat benar-benar mengering dengan lebih sempurna.

Baru setelahnya kita bisa memasang kembali semua komponen handphone yang telah dilepas, dan kemudian kita bisa menghidupkan lagi smartphone tersebut.


6. Mendatangi Service Center

Jika kita sudah melakukan semua tips diatas, namun hasilnya ternyata gadget masih belum menyala juga. Maka kemungkinan besar memang ada komponen HP yang sudah rusak dan harus diganti atau bisa juga karena adanya korsleting arus listrik karena sudah terkena air.

Oleh karena itu, cara terakhir dan satu-satunya yang bisa kita lakukan yaitu pergi mendatangi service center terdekat untuk diperbaiki, termasuk meminta penggantian komponen bila memang sudah benar-benar rusak.

Namun yang perlu diperhatikan yaitu jika kita pergi ke service center resmi, biasanya kita tidak bisa mengklaim garansi untuk kerusakan smartphone yang diakibatkan karena tenggelam di air. Jadi jika memang ingin mengunjungi service center jangan lupa untuk menyiapkan sejumlah uang untuk biaya perbaikan gadget kita tersebut.


Nah demikianlah artikel kali ini tentang tips dalam menangani dan menyelamatkan perangkat smartphone yang jatuh tenggelam kedalam air agar tidak rusak.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close