Cara Menggunakan Materai Digital untuk Dokumen-Surat


Saat kita ingin membubuhkan sebuah tanda tangan diatas dokumen surat yang bersifat resmi atau formal, maka umumnya kita akan membutuhkan sebuah stempel khusus berupa kertas kecil bernama materai.

Yap, stempel kecil ini memang cukup penting karena berfungsi agar suatu dokumen bisa dianggap sah oleh hukum negara dan dengan itu pulalah dapat membuat sebuah surat mendapatkan legitimasi yang kuat kedudukannya jika ingin digunakan sebagai bukti di persidangan.

Namun pernahkah kita berfikir, apakah ada jenis materai dengan versi digital sehingga tidak berbentuk fisik seperti sebagaimana yang sering kita gunakan saat ini? Nah jika kita pernah bertanya seperti itu, maka jawabannya ternyata memang ada.

Saat ini, dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, memang kegiatan proses surat-menyurat kerap kali sudah diubah kedalan bentuk digital.

Sehingga hal inipun lambat laun berpengaruh juga terhadap keberadaan materai sebagai penanda dari keabsahan sebuah dokumen, yakni dengan diterbitkannya jenis materai baru yang lebih dikenal sebagai e-Met alias materai elektronik.

Jadi dengan memanfaatkan e-Met, saat kita ingin mengirim dokumen dalam format digital, baik itu jenis surat lamaran kerja atau surat perjanjian kerjasama yang membutuhkan materai, sekarang tidak perlu lagi dicetak atau diprint terlebih dahulu. Melainkan bisa langsung dikirim dalam bentuk softcopy, serta bisa langsung dibubuhi dengan materai plus tanda tangan orang yang bersangkutan.

Dengan cara ini otomatis kegiatan surat-menyurat pun tentu saja akan menjadi jauh lebih praktis namun tetap aman dan rahasia.

Lalu bagaimana caranya untuk kita bisa menggunakan e-meterai ini? Nah untuk mengetahui hal tersebut, maka langsung saja kita simak pada penjelasan berikut ini.


Cara Membeli dan Membubuhkan Materai elektronik pada Surat Dokumen

Pada praktiknya untuk bisa menggunakan cara ini, kita memerlukan sebuah aplikasi yang harus dipasang terlebih dahulu pada perangkat smartphone.

1. Langkah pertama kita hanya perlu mendownload aplikasi bernama eMet yang bisa kita dapatkan di layanan PlayStore android maupun Appstore untuk iOS.



2. Jika sudah terinstal, maka langsung saja kita buka aplikasinya > lalu kita pilih "daftar sekarang" untuk membuat akun di layanan tersebut.


Ditahap ini kita hanya perlu memasukkan identitas data diri beserta kata sandi saja > setelah itu pilih "daftar sekarang". Kemudian verifikasi akun melalui alamat email yang sudah kita daftarkan sebelumnya.

3. Setelah itu kita agar bisa digunkan kita harus mengaktifkan fitur bernama e-KYC terlebih dahulu. Pada tahap ini ada beberapa langkah yang harus  dilakukan yaitu; scan KTP, isi identitas diri yang lengkap, dan juga rekam wajah.



4. Jika proses e-KYC sudah aktif, lalu kita pilih menu "top up" untuk mengisi saldo agar bisa membeli materai nantinya.


Pada tahapan ini kita cukup pilih paket harga eMet yang diinginkan, lalu lakukan pembayaran via rekening ATM Bank.

5. Jika sudah lalu kita kembali ke menu utama > kemudian pilih "bubuhkan e-Materai" > lalu masukkan dokumen surat yang ingin dipasang materai > jika sudah lalu pilih "selanjutnya" > lalu pilih "konfirmasi".


Catatan : untuk memudahkan sebaiknya file tersebut dibuat dalam bentuk file Microsoft Word dengan format doc atau docx.

6. Setelah itu lalu pilih icon pulpen > lalu tap nama kita sebagai pihak pertama > lalu pilih opsi e-materai.


Selanjutnya kita sesuaikan saja posisi dari materai termasuk juga ukuran yang diinginkan. Jika sudah lalu pilih selanjutnya dan pilih save data.

Hingga langkah diatas, maka proses untuk membubuhkan stempel e-materai pun telah berhasil dilakukan.

Dokumen tersebut bisa kita print seperti biasa atau bisa juga digunakan langsung dalam bentuk softcopy, jika memang diperlukan pengiriman file dokumen formal tersebut melalui email.

Selain untuk penggunaan materai elektronik, di aplikasi inipun kita juga bisa melakukan proses membubuhkan tanda tangan secara digital yang biasa dikenal dengan sebutan e-signature.

Lalu bagaimana soal tingkat keamanan dari penggunaan aplikasi e-Met ini?

Tenang saja, karena aplikasi tersebut sudah diawasi dan bekerjasama dengan Kominfo serta Peruri selaku lembaga yang memang berwenang untuk mengeluarkan materai. Jadi aplikasi ini dijamin sangat aman dan tentu bisa dipercaya dalam menjaga kerahasiaan dari dokumen yang kita miliki.


Nah demikianlah artikel kali ini tentang cara mudah membuat dan membubuhkan materai secara digital pada dokumen penting seperti surat perjanjian kerjasama (MOU), surat lamaran pekerjaan, dan jenis surat formal lainnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close