Cara Membasmi Tikus di Rumah Tanpa Memakai Racun


Fenomena hewan liar yang masuk kedalam rumah, memang menjadi salah satu hal yang mungkin sering kita jumpai. Apalagi jika sudah memasuki musim hujan tiba, maka kemungkinan dari masuknya berbagai jenis hewan liar tersebut akan menjadi sangat besar.

Nah adapun dari sekian jenis hewan pengganggu yang sering masuk kedalam rumah, salah satu diantaranya yaitu berupa tikus. Yap, binatang satu ini memang kerap kali datang tanpa diundang, lalu mengobrak-abrik seisi ruangan untuk mencari makanan.

Selain sangat mengganggu karena bisa membuat rumah menjadi kotor dan berantakan. Keberadaan dari tikus pun bisa dibilang memang sangat berbahaya, karena binatang pengerat satu ini bisa menyebarkan berbagai macam jenis wabah penyakit dari anggota tubuhnya.

Oleh karena itu, sebelum hal-hal yang tidak diinginkan itu terjadi, maka kita sebagai pemilik rumah tentu saja harus segera mengambil tindakan pencegahan dan pengusiran.

Nah untuk melakukan hal tersebut, terdapat beberapa tips mudah untuk bisa mengusir tikus yang masuk kedalam rumah dengan lebih efektif. Tentu saja cara ini aman dilakukan karena tidak perlu menggunakan racun sama sekali.

Dan untuk mengetahui apa saja caranya, maka langsung saja kita simak pada penjelasan berikut ini.


Tips Mungusir dan Membasmi Tikus agar Tidak Masuk Kedalam Rumah


1. Keadaan Bersih

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan selalu menata rumah agar bisa berada dalam kondisi yang bersih, termasuk juga pada bagian sudut ruangan yang cukup sulit dijangkau.

Hal ini mengingat tikus memang menyukai tempat yang gelap dan juga kotor sebagai tempat bersembunyi dan bahkan bisa juga malah dijadikan sebagai sarang atau tempat tinggal mereka.

Oleh karena itu, sebelum mereka menetap dan berkembang biak di dalam ruangan tertentu, maka selalu pastikan saja agar tidak ada area di dalam rumah yang lembab dan juga kotor.

Serta khusus untuk bagian plafon, bisa juga dilakukan pengecekan secara berkala untuk meminimalisir potensi tikus bersarang dan sekaligus untuk membasminya jika mungkin ada.


2. Menyimpan Makanan di Tempat Aman

Perlu diingat juga bahwa alasan dari hewan pengerat ini muncul, salah satu penyebabnya yaitu karena terdapat makanan di ruangan tersebut. Bahan makanan yang di letakan secara sembarangan biasanya akan menjadi pengundang para tikus ini untuk datang dan mengambilnya

Oleh karena itu, selalu simpan makanan di tempat aman yang sulit untuk dijangkau, misalnya di dalam kulkas maupun lemari khusus makanan dengan terbuat dari bahan yang cukup kuat dan kokoh sehingga tidak ada celah untuk tikus bisa masuk.

Selai itu, jangan lupa juga untuk menggunakan jenis tong sampah yang ada penutupnya, karena seringkali makanan sisa yang ada di tempat sampah akan menjadi sasaran berikutnya jika tidak ada makanan lain yang bisa mereka dapatkan.


3. Menutup Lubang Pembuangan

Kebanyakan tikus umumnya akan masuk melalui celah-celah atau lubang kecil dari pembuangan rumah, misalnya seperti saluran air, ventilasi angin, atau bahkan bagian dinding yang bolong.

Agar tidak bisa masuk dan sebagai pencegahan, maka selalu periksa bagian-bagian tersebut jika memang terlihat ada lubang yang menganga cukup besar.

Jika ada lubang dengan ukuran diameter lebih dari 5cm, maka sebaiknya lubang tersebut segera ditutup, baik itu dengan menggunakan adukan semen atau bisa juga dengan memasangkan ram kawat atau filter saringan pembuangan air.


4. Memanfaatkan Lada Hitam

Nah jika pada poin sebelumnya merupakan bagian dari cara untuk pencegahan, maka pada poin berikutnya ini, kita akan memberikan tips bagaimana untuk membasmi hewan pengerat tersebut.

Cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan bumbu dapur berupa lada hitam. Kandungan paperin dan efek panas yang ditimbulkan pada lada tidak disukai oleh tikus, karena dapat membuat binatang tersebut mengalami keracunan.

Adapun cara mengolahnya pun tergolong sangat praktis, yaitu cukup lada hitam yang digiling secara kasar, lalu barulah ditaburkan di tempat yang disinyalir sering disinggahi oleh banyak hama pengerat ini.

Jika tidak ada lada hitam, maka sebagai alternatif lain bisa juga dengan memakai lada putih biasa sebagai pengganti.


5. Menggunakan Bawang

Cara kedua untuk membasmi tikus yang masuk kedalam rumah, yaitu bisa dengan memanfaatkan bahan bumbu masak berupa bawang.

Semua jenis bawang memang terkenal akan aromanya yang sangat kuat dan menyengat. Dimana hal tersebut bisa dibilang tidak disukai oleh banyak hewan termasuk dalam hal ini yaitu tikus.

Caranya pun cukup mudah, yaitu tinggal bawang dikupas terlebih dahulu, kemudian dipotong menjadi beberapa bagian. Baru setelahnya bisa langsung diletakkan disekitar area yang terdapat banyak tikus bersarang seperti di langit-langit plafon misalnya.

Adapun semua jenis bawang sebenarnya bisa dipakai dalam metode pengusiran ini seperti bawang merah, bawang putih, maupun bawang bombay.

Hanya saja, jika kita memang terlalu sensitif akan bau, maka tips ini memang tidak terlalu disarankan. Sebab aroma dari bawang akan menempel cukup lama pada ruangan dan tidak mudah untuk dibersihkan baunya.


6. Jebakan Tikus

Tips yang terakhir yaitu bisa dengan menggunakan perangkap tikus yang banyak dijual dipasaran.

Selain lebih praktis, cara inipun bisa dibilang tergolong efektif karena perangkap jenis ini memang biasanya sudah didesain khusus untuk menjebak hewan liar. Sehingga kita cukup menggunakannya sesuai petunjuk untuk dapat menangkap tikus.

Namun begitu, tetap disarankan untuk menggunakan jebakan yang aman dipakai, misalnya seperti alat perangkap tikus berupa kurungan yang cukup aman digunakan hingga berkali-kali.

Hindari menggunakan perangkap berupa penjepit tikus karena cukup berbahaya bagi kita, dan hindari juga memakai racun karena jika terhirup oleh manusia bisa saja menimbulkan efek keracunan.


Nah itulah tadi tips tentang cara mudah untuk mengusir tikus liar agar tidak muncul di dalam rumah, secara alami tanpa perlu menggunakan racun sama sekali. Semoga dengan mengikuti tips tersebut, tempat tinggal kita dapat lebih nyaman untuk ditinggali, sehingga kesehatan kitapun dapat lebih terjaga.

Terima kasih telah berkenan mengunjungi blog ini, dan akhir kata sampai berjumpa kembali pada postingan lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close