Tips dan Cara Mudah Menghemat Paket Kuota Internet


Aktivitas berselancar di dunia maya saat ini memang banyak sekali jenisnya. Dari mulai membuka browser, mengakses media sosial, menonton video streaming, dan masih banyak lagi. Jadi tidak heran juga, jika kapasitas kuota yang diperlukan untuk bisa mengakses jaringan internet tersebut, tentu akan semakin besar pula.

Sebagai contoh dalam kurun waktu satu bulan saja, mayoritas orang mungkin akan menghabiskan hingga ber-gigabyte data dalam setiap perangkat gadget mereka. Dan disisi lain, mungkin sebagian dari mereka banyak yang tidak menyadarinya, dan baru sadar ketika kuota internet yang dimiliki telah habis.

Oleh karena itu, bagi kita yang memang tidak ingin kecolongan. Maka tidak ada salahnya jika kita mulai mengatur penggunaan kuota data dari koneksi internet yang selalu terhubung.

Nah adapun pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba membahas mengenai tips yang efektif dalam mengantisipasi penggunaan paket data internet agar selalu bisa terkontrol dan tidak berlebihan.

Dan untuk mengetahui bagaimana caranya, yuk langsung saja kita simak pada ulasan berikut ini.


Tips Mengatur Pemakaian Paket Kuota Internet agar Tidak Boros


1. Mengatur Penggunaan Paket Internet

Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan memanfaatkan fitur pembatasan dari pemakaian paket data. Hampir disetiap model smartphone saat ini, baik itu yang berbasis sistem operasi Android maupun IOS biasanya sudah dilengkapi fitur pembatasan tersebut.

Cara kerjanya pun cukup simpel, jadi kita hanya perlu masuk ke menu settings atau setelan telepon, lalu masuk ke menu koneksi & jaringan. Setelah itu baru atur pemakaian data yang dikehendaki.


Selain melalui menu settings, biasanya fitur ini bisa diakses langsung dengan melakukan swipe menu atas. Tentu setiap tipe dari masing-masing brand smartphone akan memiliki cara yang berbeda-beda.

Jika sudah maka kita bisa sesuaikan berapa kapasitas kuota maksimal yang boleh digunakan setiap bulannya. Jika pemakaian sudah melewati batas yang ditentukan, maka biasanya akan muncul notifikasi peringatan dan bahkan paket data bisa dinonaktifkan secara otomatis.


2. Membeli Paket Unlimited

Cara selanjutnya untuk bisa menghemat kuota internet, yaitu dengan kita membeli jenis paket data yang bersifat unlimited. Atau jika tidak terdapat pilihan unlimited, maka opsi lainnya mungkin bisa dengan memilih paket data yang paling besar sekalian.

Memang harga yang dibandrol biasanya akan sedikit lebih mahal. Namun daripada kita harus bolak-balik membeli paket data dan selalu kehabisan karena sering mengakses file yang besar seperti streaming video, maka pemilihan paket unlimited mungkin bisa menjadi salah satu solusinya.

Bahkan jika kita memilih paket unlimited atau paket dengan bandwidth yang paling besar, terkadang harga yang ditawarkan akan jauh lebih murah sehingga sangat worth it untuk dibeli. Hal ini tentu saja selain dapat menghemat pemakaian kuota, juga dapat menghemat pengeluaran bulanan kita.


3. Manfaatkan Koneksi Wifi

Wifi atau wireless fidelity saat ini memang sangat mudah sekali untuk ditemukan diberbagai sudut keramaian. Dari mulai taman terbuka, tempat perkantoran, sekolah, hingga fasilitas umum seperti cafe dan mall sudah banyak dilengkapi dengan jaringan Wi-Fi tersebut.

Oleh karenanya, fasilitas satu ini mungkin bisa dimanfaatkan agar kita bisa terhubung ke jaringan internet tenpa perlu pusing lagi akan kehabisan kuota.

Beberapa aktivitas seperti membuka medsos, melakukan download file, dan juga update aplikasi terkadang akan menghabiskan banyak kuota data internet. Jadi dengan kita menggunakan sinyal wifi, hal ini tentu saja dapat membuat pemakaian data menjadi jauh lebih hemat.

Selain gratis, koneksi wifi pun biasanya memiliki kecepatan yang jauh lebih kencang dari internet broadband standar pada perangkat handphone. Sehingga membuat proses download dan upload file pun dapat lebih singkat.


4. Matikan Mode Situs Desktop

Secara default, saat kita sedang berselancar menggunakan aplikasi browser via perangkat smartphone, maka tampilannya akan disesuaikan yaitu menjadi tampilan mobile.

Namun beberapa orang mungkin lebih suka untuk mengganti tampilan tersebut menjadi mode situs desktop di browser mereka. Dengan mengaktifkan mode desktop memang akan memberikan pengalaman yang jauh lebih nyaman, karena tampilan serta navigasi akan menjadi mudah untuk diakses, sama halnya seperti pada perangkat PC desktop.

Hanya saja penggunaan fitur mode desktop ini, sebenarnya akan lebih boros dalam memakan kuota internet kita. Oleh karena itu, jika kita ingin lebih berhemat dalam pemakaian data internet, maka sangat disarankan untuk mematikan fitur mode desktop pada gadget smartphone.


Setiap aplikasi browser biasanya memiliki pengaturan yang berbeda. Contohnya saja seperti pada aplikasi browser Google Chrome, maka kita bisa menonaktifkan fitur mode desktop dengan cara masuk ke menu setting/setelan, lalu matikan fitur bernama situs desktop.


5. Batasi Penggunaan Sosial Media

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, bahwa aplikasi media sosial seperti youtube, instagram, tiktok, facebook, dll, memang merupakan salah satu penyebab mengapa kuota internet kita dapat cepat terkuras habis.

Hal ini karena pada jenis aplikasi tersebut banyak sekali format file besar yang harus diakses, seperti format foto maupun video.

Sehingga jika ingin lebih berhemat soal kuota data, sudah pasti kita harus membatasi dalam hal penggunaan sosial media tersebut. Bila perlu kitapun bisa mengakali dengan menggunakan aplikasi medsos versi lite agar paket data internet dapat lebih dihemat dan tidak cepat habis.


6. Matikan Data saat Tidak Dipakai

Kebanyakan orang mungkin berfikir, jika kita tidak menggunakan smartphone maka hal itu tomatis tidak akan membuat kuota internet kita berkurang.

Padahal hal tersebut sebenarnya keliru, sebab meskipun kita tidak sedang memakai gadget sekalipun, namun untuk beberapa aplikasi terkadang ada yang masih bisa berjalan di mode latarbelakang (background). Dan ketika itu terjadi, maka otomatis akan membutuhkan koneksi internet dan mau tidak mau tentu akan menguras paket yang ada. Contohnya saja seperti proses update aplikasi, dimana terkadang akan berjalan secara otomatis meski tidak dioperasikan oleh user.

Oleh karena itu, jika kita sedang tidak memakai smartphone, misalnya saja pada malam hari ketika tidur, maka sangat dianjurkan agar kita mematikan saja koneksi internet broadband seluler. Selain bisa menghemat data, hal inipun tentu dapat membantu dalam menghemat daya baterai agar tetap awet dan tidak mudan ngedrop.




Nah itulah tadi 6 tips mengenai cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat kuota paket data internet kita tidak cepat habis. Dengan mengaplikasikan cara diatas, dijamin kita tidak perlu khawatir lagi mengenai penggunaan data yang selalu membengkak setiap bulannya.

Demikianlah postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close