Mengenal Airdrop pada Crypto dan Cara Mendapatkannya

pengertian airdrop pada koin kripto

Bagi yang sudah berkecimpung di dunia bitcoin dan juga cryptocurrency, mungkin istilah Airdrop ini sudah sering kita dengar. Apalagi jika ada kabar mengenai akan dirilisnya suatu coin baru, maka kata airdrop ini pasti akan menjadi salah satu topik utama dalam pembahasan tersebut.

Jadi apa itu pengertian airdrop sebenarnya? Secara sederhana airdrop adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan pembagian coin atau token crypto secara cuma-cuma alias gratis. Pemberian ini umunya akan dilakukan oleh pihak developer kepada orang-orang yang memang ingin mendapatkan koin tersebut.

Adapun tujuan dari pemberian airdrop secara gratis ini, sebenarnya dimaksudkan sebagai bagian dari strategi marketing yang dilakukan oleh pihak developer project terhadap koin yang akan dirilis. Cara ini sering dilakukan terutama pada jenis crypto initial coin offering (ICO), yaitu bertujuan agar lebih mudah dalam mendapatkan pendanaan (investasi).

Sehingga dengan developer melakukan airdrop, maka diharapkan akan membuat volume trading atau perdagangan dari koin tersebut akan menjadi naik setelah diluncurkan. Dan dengan hal itu pula diharapkan investor akan menjadi lebih banyak dan mau untuk menanamkan modalnya di jenis kripto tersebut.

Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan coin yang akan di airdrop ini? Nah untuk mengetahui hal tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mendapatkan Airdrop Coin Kripto

Perlu diketahui juga bahwa sebelum melakukan proses airdrop, maka pihak developer biasanya akan memberitahukan secara resmi mengenai periode waktu untuk bisa mendapatkan coin sebelum dirilis ke pasar.

Nah untuk bisa mendapatkannya, tak jarang pihak developer akan memberikan beberapa penawaran atau syarat tertentu. Adapun beberapa syarat untuk mendapatkan airdrop yang umum diterapkan yaitu sbb :


1. Registrasi Akun

Syarat yang paling umum dilakukan yaitu dengan cara mewajibkan penerima untuk membuat akun terlebih dahulu.

Jadi biasanya pihak developer akan membuat halaman website resmi dari jenis koin/token yang ingin dibagikan. Lalu kita diharuskan untuk melakukan registrasi seperti pada saat kita ingin membuat akun media sosial pada umumnya.

Baru setelah selesai registrasi, maka kita akan mendapatkan informasi seputar koin tersebut termasuk juga mengenai pengumuman tentang koin/token yang dibagikan dan kapan tanggal pasti koin tersebut bisa kita dapatkan.


2. Holder Coin Airdrop

Nah cara selanjutnya yaitu dengan melakukan proses holder koin. Jadi untuk bisa mendapatkan airdrop, maka kita diwajibkan untuk menyimpan (hold) jenis koin tertentu, dengan cara menyimpannya pada digital wallet crypto atau market trading seperti binance, indodax, dll.

Proses holder ini biasanya dilakukan hingga koin yang akan dibagikan itu dirilis atau bisa juga hingga batas waktu tertentu sesuai keinginan dari pihak developer.

Adapun besaran koin airdrop yang didapat, akan disesuaikan dengan nilai koin yang kita holder. Semakin banyak koin yang disimpan di wallet, maka akan semakin besar pula prosentase airdrop yang diberikan.

Sebagai contoh, misalnya saja akan ada koin baru yang dirilis bernama Shiba Inu. Nah koin tersebut bisa didapatkan saat pertama kali dirilis, namun dengan syarat sebelumnya kita harus menyimpan Doge coin hingga tanggal tertentu.

Baru setelah melewati tanggal yang telah ditentukan itu, maka kita akan otomatis mendapatkan koin shiba inu secara gratis. Semakin banyak doge coin yang disimpan, maka akan semakin besar pula koin shiba inu yang bisa kita dapatkan.


3. Bounty atau Reward Airdrop

Cara ketiga yaitu bisa berupa imbalan atau reward atas apa yang telah dilakukan. Jadi untuk bisa mendapatkan koin airdrop gratis, maka kita akan diwajibkan untuk ikut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan atau aktivitas tertentu.

Misalnya saja yang sering dilakukan, yaitu kita diharuskan untuk melakukan like atau share postingan di official medsos dari koin yang akan di airdrop. Atau bisa juga dengan cara harus menjadi follower dan mengajak orang untuk memfollow akun medsos koin crypto tersebut.

Setiap developer biasanya akan memberikan syarat yang berbeda-beda. Bahkan tidak jarang juga ada pihak developer yang akan mewajibkan untuk kita mengikuti lomba tertentu yang telah disiapkan sebelumnya.


4. Exclusive Airdrop

Terakhir yaitu berupa exclusive airdrop, yaitu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan koin atau token crypto gratis melalui mekanisme khusus dan ekslusif untuk orang-orang tertentu saja.

Cara ini bisa diaplikasikan dengan beberapa metode, seperti misalnya dengan membeli ICO (initial coin offering), yaitu penggalangan dana dari kita atau orang-orang yang memang bersedia untuk menyumbangkan uangnya sebagai bagian dari dana pengembagan dan investasi koin baru yang akan diluncurkan.

Jadi sebagai timbal balik, kita yang bisa dibilang merupakan investor nantinya akan diberikan beberapa koin tersebut, tentu sesuai dengan perjanjian atau sesuai dengan besaran jumlah uang yang telah diinvestasikan.

Sehingga saat coin itu dirilis ke pasar trading atau marketplace, maka kita sudah memiliki coin tersebut terlebih dahulu dibandingkan dengan orang lain yang tidak melakukan investasi di koin tersebut.




Nah bagaimana jadi sekarang kita sudah mengertikan istilah dari airdrop ini? Dengan mendapatkan koin atau token airdrop, tentu saja ini bagus bagi kita yang memang senang berburu koin gratis.

Selain gratis juga siapa tahu nilai dari koin tersebut akan melonjak ketika saat pertama kali peluncurannya. Sehingga kitapun bisa menjual koin tersebut di harga yang cukup tinggi dan tentu saja bisa mendapatkan cuan yang cukup besar.

Demikianlah postingan kali ini tentang penjelasan mengenai apa itu arti airdrop pada cryptocurrency dan bagaimana cara untuk memperolehnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close